Catat! 3 Lokasi Pos Jaga PPKM Level IV di Banjarmasin PPKM Level IV, Banjarmasin Dirundung Sederet Masalah Resmi Direvisi! PPKM Level 4 Banjarmasin Hanya Berlaku Hingga 2 Agustus Dear Warga Banjarmasin! Siapkan Kartu Vaksinasi Sebelum Ditanya Petugas PPKM Level 4 Perjuangan Penyintas di Banjarmasin, Jadi Pendonor untuk Selamatkan Pasien Covid-19

Alpin Tidak Lagi Sendiri

- Apahabar.com     Rabu, 18 September 2019 - 19:59 WITA

Alpin Tidak Lagi Sendiri

Kapolres Barito Kuala, AKBP Mugi Sekar Jaya, memeriksa bantuan mobil Alpin yang diserahkan Pimpinan Wilayah BRI Banjarmasin, Sutadi, Rabu (18/9). Foto-Bastian Alkaf/apahabar.com

apahabar.com, MARABAHAN – Beroperasi sejak 2017 di Alalak, Alpin tidak lagi sendiri. Program perpustakaan keliling ini memiliki kembaran di Marabahan.

Alpin yang merupakan kependekan dari Alalak Pintar, dikembangkan Polsek Berangas untuk memenuhi kebutuhan buku bacaan siswa SD, SMP hingga SMA.

Menggunakan satu mobil operasional Polsek Berangas, Alpin berkeliling ke berbagai sekolah di Kecamatan Alalak, terutama kawasan yang jauh dari pusat kota.

Sekarang Alpin tidak lagi sendiri, karena program tersebut dikembangkan ulang Polres Barito Kuala. Imbasnya cakupan Alpin tidak cuma berlevel kecamatan, melainkan sudah kabupaten.

Kehadiran Alpin di Polres Batola ditandai serah terima satu unit mobil bantuan dari BRI Wilayah Banjarmasin, Rabu (18/9). Di dalam mobil berjenis Suzuki APV tersebut, tersedia dua rak besar untuk menaruh buku.

“Ide awal Alpin adalah pembuatan perpustakaan keliling dan Alalak sebagai proyek percontohan. Ternyata respon dari masyarakat cukup bagus, sehingga kami berencana menarik Alpin ke Polres,” jelas Kapolres Batola AKBP Mugi Sekar Jaya.

“Namun kalau ditarik, muncul kekhawatiran kegiatan Alpin berkurang di Alalak. Lantas kami berkomunikasi dengan BRI, terkait Corporate Social Responsibility (CSR),” imbuhnya.

Kendati BRI menyambut positif, tidak mudah mendapatkan CSR tersebut. Dibutuhkan waktu setahun lebih, sebelum BRI secara resmi menyediakan mobil bantuan.

“Dengan demikian, ruang lingkup Alpin lebih luas lagi. Tidak cuma Alalak, tetapi seluruh Batola,” beber Mugi.

Untuk mengisi mobil Alpin dengan berbagai buku, Polres Batola segera bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Perpustakaan Daerah.

“Teknisnya kami mengunjungi sekolah dan mengeluarkan buku selama jam istirahat. Dalam kesempatan pertama, kami mengunjungi sekolah-sekolah di Marabahan,” timpal AKP Agus Jatmiko, Kasat Binmas Polres Batola.

“Melalui program ini, kami berusaha menimbulkan lagi minat membaca. Sekarang dengan handphone, niat membaca anak-anak menurun,” tandasnya.

Baca Juga: Penjagal Bocah SD di Limpasu HST Pernah Bunuh Kakak Kandung!

Baca Juga: Pengurusan PWI Sudah Ada di Balangan

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Eratkan Hubungan Kemitraan, Kapolres HSU Silaturahmi ke Kejaksaan Negeri HSU
apahabar.com

Kalsel

Polda Kalsel Terapkan Prokes, Batasi 50 Persen Anggota di Ruangan
apahabar.com

Kalsel

Pejuang Medis Batola Digoyang Isu Insentif Rp5 Juta

Kalsel

Korban Tabrakan di Tabalong Diamputasi, Keluarga Bingung Biaya Operasi
apahabar.com

Kalsel

Ajak ke Haul Guru Sekumpul, Wali Kota Banjarmasin juga Minta CCTV Terminal Pal 6 Dipasang
apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Pelayanan, Berry Kunjungi RSUD H Damanhuri dan Dinas Pendidikan HST
apahabar.com

Kalsel

Kisah Guru Honorer Pulau Sembilan Kangen Murid Saat Pandemi Covid-19
banjarbaru

Kalsel

Malam 21 Ramadan di Banjarbaru Dirayakan dengan Festival Lampion
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com