apahabar.com
Beragam varian kopi dengan harga yang terjangkau disajikan oleh barista atau peracik handal. Mulai dari Ekspresso, Ristreto, Lungo, Macchiato, Affogato, Kopi Pandal, Paren, dan Kopi Janis. Foto-apahabar.com/Wahyu

apahabar.com, BANJARMASIN – Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, wadah kaum muda untuk kongkow bermanfaat dan berekspresi, akhirnya resmi diluncurkan.

Peluncuran ditandai dengan syukuran yang berlangsung sederhana, Rabu (18/09) siang.

Rumah The Panasdalam Banjarmasin berlokasi di kawasan Teluk Dalam Banjarmasin. Tepatnya di Jalan Mayjend Sutoyo S RT 08 Nomor 29 Banjarmasin.

Cafe ini akan buka mulai dari jam 4 sore hingga 12 malam. Lokasinya cukup mudah dijangkau. Cukup 5 menit dari kawasan Siring, pusat Kota Banjarmasin.

Beragam varian kopi dengan harga yang terjangkau disajikan barista atau peracik handal. Mulai dari Ekspresso, Ristreto, Lungo, Macchiato, Affogato, Kopi Pandal, Paren, dan Kopi Janis.

Kalau mau makan, cafe ini juga menyajikan beragam menu. Ada nasi goreng, singkong goreng, chicken wings, roti bakar, kentang sosis, bakso bakar, martabak mie, hingga bakwan jagung udang.

Menariknya, Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin juga hadir sebagai media penyaluran minat dan bakat. Sekaligus pembinaan para komunitas dan anak muda di industri kreatif Kalsel.

apahabar.com
Owner Cafe Rumah The Panasdalam Banjarmasin, Budi Ismanto saat membuka syukuran, Rabu siang tadi. Foto-apahabar.com/Wahyu

“Jadi Rumah The Panasdalam Banjarmasin bukan sekadar bisnis, ada aspek lainnya antara lain wadah berkreasi para komunitas dan anak muda Kalsel,” tutur Owner Rumah Cafe The Panasdalam Banjarmasin Budi Ismanto.

Budi, pria yang juga produser ‘Koboy Kampus’ itu berharap kehadiran Rumah The Panasdalam Banjarmasin dapat memberi arti positif.

“Rumah The Panasdalam ini nanti akan sering mengadakan workshop. Dari perfilman, fotografi, koreografi, sinematografi, musik, tempat diskusi, wadah penulis novel, cerpen, dan komunitas lainnya,” tutur Budi.

Selain wadah diskusi, Cafe ini juga menyediakan panggung untuk mereka yang ingin berekspresi.

“Secara berkala kami juga akan mengundang komunitas stand-up comedy, tokoh publik, pejabat, dan masyarakat yang ingin berekspresi,” jelas Budi.

Nama Cafe The Panasdalam Banjarmasin sendiri terinspirasi dari sebuah grup band The Panasdalam yang didirikan Pidi Baiq pada 1995.

Sejumlah soundtrack band legendaris itu kemudian ikut dimainkan dalam Koboy Kampus, film nostaglia kehidupan kampus era 90-an itu.

Banjarmasin juga menjadi salah satu lokasi pengambilan film yang dibintangi oleh Ricky Harun, David John Schaap, Bisma Karisma, Vienny JKT48, Ria Irawan, Chica koeswoyo, Danilla Riyadi, Steffi Zamora, Miqdad Addausy, Christina Colondam, dan Anfa Safitri.

apahabar.com
Rumah The Panasdalam Banjarmasin berlokasi di kawasan Teluk Dalam Banjarmasin. Tepatnya di Jalan Mayjend Sutoyo S RT 08 Nomor 29 Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Wahyu

Baca Juga: Gelar Lomba Menggambar, Apahabar.com Sisipkan Pesan Indahnya Keberagaman Indonesia

Baca Juga: Film Koboy Kampus Lebih dari Sekadar Hiburan

Editor: Fariz Fadhillah