apahabar.com
Pelatih Barito Putera U-18 Ilham Romadhona (kiri) pada sesi jumpa pers usai menaklukkan Persela Lamongan U-18 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (08/09). Foto-apahabar.com/Fathurrahman.

apahabar.com,MARTAPURA – Barito Putera U-18 kembali menekuk tamunya Persela Lamongan U-18 dalam leg II Grup B Elite Pro Academy Liga 1 2019, di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (08/09).

Jika di pertandingan kemarin, di tempat yang sama, Laskar Antasari muda menang 1-0, kali ini tim asuhan Ilham Romadhona mampu unggul 2-1.

Sejak menit awal, Barito U-18 begitu bernafsu untuk memenangi laga. Sehingga gol cepat pun tercipta. Pada menit ke-3, M Rafly Ariyanto sukses menggetarkan jala Asri Fahrizal Husaini.

Rafly dengan mudah menyambut umpat Usman Fatahilla dari sayap kiri jadi gol. Tendangannya bersarang di ujung mistar gawang Persela U-18.

Namun, permainan Barito U-18 sempat mengendor. Sehingga tim tamu leluasa melakukan serangan. Menit ke-7, tim asuhan Andika Angga Pramana nyaris menyamakan kedudukan. Beruntung tendangan keras Didin Najmuddin masih melebar ke sisi kiri gawang Jhuan Rico Geraeldo.

Setelah itu, kedua tim nampak bermain dengan tempo sedang. Dan nyaris tak ada peluang berarti tercipta. Hingga skor 1-0 pun tak berubah di babak pertama.

Di awal babak kedua Persela U-18 langsung mendobrak. Pelanggaran pun harus dilakukan salah satu pemain Barito U-18 yang dikordinir sang kapten Mohammad Febrian di kotak terlarang, tiga menit waktu berjalan.

Misbakhul Chairi yang jadi eksekutor sukses mengelabui Jhuan Rico Geraeldo. Skor pun berubah 1-1 pada menit ke-43 itu.

Setelah gol itu kedua terus memperagakan serangan. Namun koordinasi permainan dan minimnya peluang yang diciptakan, kedua kubu nampak pasrah dengan hasil imbang.

Di saat seperti itu, terkecuali pelanggaran Persela U-18 di area pertahanan yang lahir saat memasuki menit ke-73. Pasalnya, lewat tendangan bebas itu, pemain Barito U-18 Pascal Anpasy ternyata mampu memanfaatkannya jadi gol. Laskar Antasari muda pun kembali unggul.

Rupanya gol itu melecut semangat Firman dan kolega untuk mempertahankannya. Sekali pun serangan tim tamu terus dilancarkan. Beruntung, hingga babak kedua usai keunggulan itu berhasil dipertahankan.

Dengan kemenangan ini, Barito kian kokoh di puncak klasemen Grup B dengan 32 poin. Berikutnya mereka akan menantang tuan rumah Persib Bandung U-18. Persib U-18 sejauh ini jadi rival utama merebut posisi puncak klasemen.

Sadar dengan itu, pelatih Barito U-18 Ilham Romadhona tak ingin berpuas diri dengan dua kali kemenangan atas Persela U-18. Ia terus melakukan evaluasi sebelum menghadapi laga berikutnya, pekan depan.

“Alhamdulillah pertandingan hari ini hasilnya baik. Namun tetap jadi evaluasi. Karena, pertama kita kalah penguasaan bola, karena mungkin kurang konsentrasi saat bertanding,” ungkap Ilham Ramadhona dalam sesi konferensi pers usai laga.

Ia akan menunjukkan kelemahan itu kepada pemain berupa rekaman hasil melawan Persela U-18. “Kita minggu depan akan menghadapi Persib. Saya akan mempertontonkan video anak-anak bertanding. Agar mereka tahu, apa saja kesalahan mereka buat saat bertanding,” pungkasnya.

Baca Juga: Bertahan di Liga 1, Barito Mesti Raih 40 Poin

Baca Juga: Gol Tunggal Pemain Kintap Bawa Barito U18 Kokoh di Puncak Klasemen Grup B

Reporter: Fathurrahman
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin