apahabar.com
Bupati HSS, Drs. H. Achmad Fikry, saat menghadiri HUT ke-2 Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar se HSS tahun 2019, Kamis, (12/09). Foto- Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Achmad Fikry, terus melakukan upaya untuk memperjuangkan nasib guru honorer. Ia menilai guru honorer memiliki peran penting untuk memajukan dunia pendidikan di daerah.

“Saat ini guru honorer sudah bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan dikucurkannya kebijakan Bantuan Operasional Daerah,” kata Achmad Fikry pada HUT ke-2 Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar se HSS tahun 2019, Kamis, (12/09).

Ke depannya, untuk meringankan beban kerja tenaga honorer, Dinas Pendidikan bersama perwakilan Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan akan mencari format waktu kerja yang efektif untuk guru honorer.

Achmad Fikry berharap guru honorer juga membuka peluang usaha lain untuk menunjang perekonomian keluarga. Karenanya, pengaturan waktu kerja tersebut dirasa perlu dilakukan.

“Saya berharap masih ada waktu untuk bapak ibu membuka usaha yang lain. Jam pulang tidak harus pukul empat sore. Nanti kita atur,” harap H. Achmad Fikry.

Selain memperhatikan nasib dan efektivitas pekerjaan guru yang masih berstatus honorer, Bupati juga meminta guru honorer untuk selalu mempersiapkan diri mengikuti kompetisi dalam perekrutan tenaga pendidik. Menurut dia, status tenaga honorer tidak akan menjamin kelulusan, karena tes dilakukan dengan menggunakan komputer.

“Saat tes tidak ada kode untuk honorer. Statusnya sama dengan pelamar umum. Jadi, saya berpesan sesibuk apapun Bapak dan Ibu bekerja di sekolah, tetap harus menyiapkan waktu untuk belajar sampai ada rekrutmen CPNS,” katanya.

Karena peserta membludak, peringatan Hari Ulang Tahun ke-2 Forum Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar se Kabupaten HSS tahun 2019 dilaksanakan di dua tempat, yakni di Gedung Olahraga Daha Selatan dan di Pendopo.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi guru-guru honorer dan tenaga pendidik yang ada di HSS. Organisasi itu diharapkan dapat menyalurkan aspirasi guru honorer kepada pemerintah daerah untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten HSS.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua sementara DPRD HSS, H. Akhmad Fahmie, Kepala Bank Kalsel Cabang Kandangan, Andhy Andriawan‎, dan Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan, Umar Dhani, beserta jajaran.

Baca Juga: Pemkab HSS Kejar Target Capaian Imunisasi

Baca Juga: Pemkab HSS Pindahkan Pasar Kandangan, Sekda Ingatkan Hal Ini

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela