7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Cegah Karhutla, Pemkab Bartim Bentuk Tim Patroli

- Apahabar.com Kamis, 5 September 2019 - 05:15 WIB

Cegah Karhutla, Pemkab Bartim Bentuk Tim Patroli

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh melepas tim patroli karhuta di Tamiang Layang, Rabu (04/09). Foto – Antara/Habibullah

apahabar.com, TAMIYANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah, membentuk tim patroli terpadu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana kabut asap di wilayah setempat.

Dilansir Antara, dibentuknya tim patroli terpadu karhutla 2019 sebagai upaya melakukan pemantauan di sejumlah wilayah yang dianggap rawan terjadinya kebakaran, kata Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh di Tamiang Layang, Rabu (04/09).

“Sejauh ini ada enam desa yang tersebar di enam kecamatan rawan terjadi kebakaran saat musim kemarau. Jadi, tim itulah nantinya bertugas memantau dan melakukan pencegahan serta penanganan,” tambahnya.

Adapun sumber dana tim tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH-DR) tahun anggaran 2019 sebesar Rp200 juta, dengan landasan Surat Keputusan Bupati Bartim Nomor 359 Tentang Penetapan Lokasi Patroli Karhutla di Kabupaten Barito Timur 2019.

Saleh mengatakan untuk fokus patroli tim tersebut di Kelurahan Taniran Kecamatan Banua Lima, Desa Siong Kecamatan Paju Epat dan Desa Kandris Kecamatan Karusen Janang, Desa Simpang Bingkuang Kecamatan Paku, Desa Bambulung Kecamatan Pematang karau, dan Desa Unsum Kecamatan Raren Batuah.

“Tentunya tim itu juga tetap memantau di wilayah terdekat. Bukan hanya di desa yang ditentukan itu. Posko yang nantinya dibuat berada di dekat desa sekitar,” beber dia.

Kegiatan patroli karhutla ini dilaksanakan tim yang terdiri dari anggota TNI dan Polri, Manggala Agni dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Timur yang didukung seluruh instansi terkait, masyarakat, pemuda dan relawan serta pihak swasta.

Sinergitas kinerja tim sangat diharapkan agar upaya dalam meminimalisir dan mencegah terjadinya karhutla dapat tercapai dengan maksimal sehingga Kabupaten Barito Timur yang kita cintai ini bebas dari bahaya asap dan karhutla.

Walaupun di Kabupaten Bartim sangat minim data titik api (hot spot) dibandingkan dengan kabupaten lain di Kalteng, kinerja diharapkan tetap maksimal untuk menjaga dan mempertahankan daerah terhindar dan bebas dari karhutla.

Wakil Bupati Bartim itu mengaku telah meminta tim agar nantinya memperhatikan beberapa hal, yakni mengintensifkan upaya pencegahan dini kebakaran hutan dan Iahan di wilayah kerjanya masing-masing dengan melakukan sosialisasi dan penyuluhan.

“Tim juga perlu menghimbau kepada masyarakat, khususnya pemilik Iahan agar membersihkan dan memanfaatkan Iahan-lahan terlantar untuk usaha, serta tidak membakar Iahan secara sembarangan terutama pada musim kering atau kemarau saat,” kata Saleh.

Ia meminta tim pada masing-masing posko bertindak cepat merespon informasi yang diperoleh agar api tidak meluas yang akhirnya akan sulit untuk ditangani.

Dia pun berharap kepada tim untuk melakukan koordinasi dan berkolaborasi dengan perusahaan besar swasta (PBS) di wilayah kerjanya, khususnya yang bergerak di bidang perkebunan agar membantu serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla.

“Baik itu wilayah konsesi yang menjadi tanggung jawabnya maupun di desa-desa sekitarnya,” demikian Saleh.

Penegasan ini agar perusahaan besar swasta bidang perkebunan wajib memiliki tanggung jawab berupa sumber daya manusia, sarana dan prasarana pengendalian kebakaran serta melaksanakan pengendalian kebakaran Iahan sebagaimana Instruksi Presiden nomor 11 tahun 2015 tentang peningkatan dan pengendalian karhutla.

Baca Juga: Kualitas Udara Banjarmasin Relatif Aman dari Asap Kiriman Karthula

Baca Juga: Persiapan Pelantikan Anggota Baru DPRD Kalsel Mencapai 90 Persen

Sumber: Antara

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalteng

Polres Barut Tangkap 2 Sopir Pengangkut Kayu Ilegal
Kapuas

Kalteng

Tikam Korban hingga Usus Terburai, Warga Kalumpang Kapuas Diamankan Polisi
apahabar.com

Kalteng

Ketua RT Lindungi Bisnis Esek-Esek, Bupati Kobar Berang
apahabar.com

Kalteng

18 Nakes di RSUD Doris Sylvanus Positif Covid-19, Ini Sebabnya

Kalteng

Kalimantan Tengah Terima Penghargaan Proklim dari Kementerian KLHK
Apahabar.com

Kalteng

Satpolairud dan Polsek Selat Kapuas Terima Reward
apahabar.com

Kalteng

Update Covid-19 di Kapuas: Positif Corona Bertambah 27 Orang, Terbanyak di Kapuas Tengah
apahabar.com

Kalteng

340 KK di Desa Terusan Karya Kapuas Terima BLT APBD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com