7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Dinkes Banjarmasin Bentuk Tim UPP untuk Tampung Pengaduan Masyarakat

- Apahabar.com Kamis, 26 September 2019 - 20:12 WIB

Dinkes Banjarmasin Bentuk Tim UPP untuk Tampung Pengaduan Masyarakat

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Mempermudah pengaduan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan. Dinas Kesehatan Banjarmasin menggelar bimbingan teknis dan pengukuhan tim unit pengelola pengaduan (UPP), Kamis (26/09) siang.

“Ini sebagai komitmen dari dinas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Diawali dengan menyediakan dan mengolah sebuah sistem pengaduan masyarakat dengan baik dan benar,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi di sela kegiatan.

Menggandeng Ombudsman dan Bandung Trust Advisory Group (B_Trust), kegiatan ini diikuti seluruh unsur Unit Pengelola Pengaduan di Dinkes dan Puskesmas se-Banjarmasin.

“Ada 26 puskesmas yang kita libatkan dalam pembentukan tim ini. Lalu Rumah Sakit Sultan Suriansyah, UPT laboratorium dan UPT instalasi Farmasi. Jadi semuanya ada 29 UPT yang mengikuti kegiatan ini,” sebut Machli.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mengelola pengaduan secara profesional. Apabila sebelumnya sudah ada E-Lapor, kali ini keluhan masyarakat dapat disampaikan secara langsung sebab Dinkes akan menyediakan satu ruangan khusus untuk pengaduan.

“Jadi masyarakat bisa mengadu secara langsung baik yang berkaitan dengan pelayanan di Puskesmas maupun rumah sakit,” kata dia.

Selama ini terdata hanya 6 pengaduan yang diterima melalui E-Lapor dari periode Januari hingga Juni. Lewat tim pengaduan yang baru saja dibentuk ini, dirinya berharap dapat menjadi jembatan bagi masyarakat yang ingin menyuarakan keluhan mereka terhadap fasilitas pelayanan kesehatan.

“Kita ingin menunjukkan bahwa ini keseriusan kami terhadap masyarakat dan juga sebagai bentuk kontrol sosial kepada masyarakat apa yang harus kita dengarkan,” tuturnya.

Melalui program ini, B_Trust bersama Dinas Kesehatan telah merumuskan pengembangan kelembagaan, Standar Operasional Prosedur, Standar Pelayanan, Kode Etik bagi seluruh pengelola pengaduan dan peningkatan kapasitas pengelola pengaduan.

Hasilnya, saat ini penanganan pengaduan di Dinas Kesehatan dan Seluruh Puskesmas dilakukan secara terpadu, dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan.

Masyarakat pun kini dapat menyampaikan permintaan informasi, saran, dan keluhan ke Puskesmas atau ke Dinas Kesehatan, cukup dengan mengirimkan SMS dengan format: Banjarmasin (spasi) ISI PENGADUAN dikirim ke 1708 atau melalui www.lapor.go.id.

Selain itu masyarakat juga bisa menyampaikan pengaduan melalui kotak saran, telepon dan email yang disediakan di setiap Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

Baca Juga: VIDEO: Karhutla Kalsel Jadi Atensi Penuh Mabes Polri

Baca Juga: Viral Poster Nyeleneh, 6 Mahasiswi Banjarmasin Minta Maaf

Reporter: Musnita Sari

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Perubahan Raperda Pajak dan Retribusi Umum Diharap Dapat Meningkatkan PAD Banjar
apahabar.com

Kalsel

Patroli Antisipasi Kejahatan Jalan Ditingkatkan
apahabar.com

Kalsel

Masuk Bursa Calon Wawali Banjarmasin, Intip Respon Kepala Bappeda Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Disnakertrans Bentuk Tim Selesaikan Tuntutan FSPMI
apahabar.com

Kalsel

Duta Mall Salurkan Bantuan ke Pemkot Banjarmasin
apahabar.co.

Kalsel

Polda Kalsel Gelar Tes Psikologi Tahap II Penerimaan Tamtama Polri 2020
apahabar.com

Kalsel

Jengah, Ratusan Driver Online Geruduk Kantor Grab Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pasca-ditutup, Wisata Riam Batu Ampar Tabalong Mendadak Sepi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com