apahabar.com
Kasubdit Terminal Angkutan Jalan, Direktorat Prasarana-Transportasi, Ditjen Perhubungan Darat, Ahmadi ZB menyerahkan hadiah helm kepada peserta sosialisasi tata tertib dalam berkendara. Foto - istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam rangka kegiatan Gerakan Indonesia Tertib, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat dan Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) XV Kalsel, sosialisasikan tentang tata cara tertib dalam berkendara atau menjadi penumpang.

Kegiatan itu bertempat di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan, Kamis (19/09).

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menciptakan rasa sadar akan ketertiban di jalan raya ataupun terminal pada kalangan masyarakat di seluruh Indonesia khususnya Kalsel.

“Misalnya saat kita di terminal tidak boleh penumpang terlalu dekat dengan bus. Kemudian sosialisasi tentang adanya kawasan talkzone di terminal dimana bus tidak boleh menurunkan penumpang sembarangan, serta pengendara bus harus tau tempat parkir yang tepat,” kata Kasubdit Terminal Angkutan Jalan, Direktorat Prasarana-Transportasi, Ditjen Perhubungan Darat, Ahmadi ZB, Kamis sore.

“Agar tercipta ketertibannya ketertiban dan kelancaran,” lanjutnya.

Ahmadi mengatakan sebelumnya pihaknya juga pernah melakukan sosialisasi tentang tertib dijalan dan bekerja sama dengan Korlantas Polri.

Selain Kementrian Perhubungan Darat, kata Ahmadi, Gerakan Tertib Nasional itu juga mereka juga bekerjasama dengan Kementrian PUPR.

“Jadi di Bina Marga mereka membuat jembatan gantung untuk penyeberangan orang di desa ataupun kampung agar masyarakat tidak menyeberang sembarangan di sungai,” ujarnya.

Dirinya pun menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna transportasi umum terutama di terminal untuk selalu tertib ketika dimanapun berada.

Dalam kegiatan itu, Ditjen Perhubungan Darat, di standnya juga menyiapkan game swafoto yang berhadiah helm.

Baca Juga: Dewan Soroti Kinerja Pemko Soal Penanggulangan Kebakaran di Banjarmasin

Baca Juga: Alat Kelengkapan DPRD Banjarmasin Terganjal SK Gubernur

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Aprianoor