Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Dosen ULM: Tingkat Literasi di Tanah Bumbu Mengkhawatirkan

- Apahabar.com Kamis, 26 September 2019 - 20:57 WIB

Dosen ULM: Tingkat Literasi di Tanah Bumbu Mengkhawatirkan

Dosen Bahasa dan Sastra ULM, Dr. Sainul Hermawan, saat menjadi narasumber pada kegiatan "Menulis Artikel, Mengembangkan Literasi". Foto - Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Dosen Bahasa dan Sastra Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Dr. Sainul Hermawan berhasil menyedot perhatian puluhan guru dan pegiat literasi pada kegiatan “Menulis Artikel, Mengembangkan Literasi” di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada awal pemaparannya, Sainul Hermawan sempat menguji tingkat literasi para peserta dengan menggunakan metode survei. Dari beberapa sampel yang ditanyakan, hasilnya menunjukkan tingkat literasi masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu berada pada level mengkhawatirkan.

“Kalau ada guru yang tak pernah membuat bahan ajar itu ‘kan mengkhawatirkan,” katanya, saat menjadi narasumber pada kegiatan “Menulis Artikel Mengembangkan Literasi di Balai Lokalitbang Tanah Bumbu, Kamis (26/09).

Berdasarkan fakta itu, Sainul meminta masyarakat terutama pegiat literasi di Kabupaten Tanah Bumbu untuk meningkatkan kemampuan literasi baca, tulis, dan digital.

Kemudian, saat menguji seberapa banyak jumlah artikel yang ditulis para guru dan pegiat literasi dalam satu tahun terakhir, hasilnya cukup memprihatinkan. Dari 30an peserta, kata Sainul, hanya 3 orang yang menulis lebih dari 3 artikel.

Meski begitu Sainul tetap memuji semangat dan antusiasme para guru dan pegiat literasi di Kabupaten Tanah Bumbu saat mengikuti pelatihan tersebut. Pada kesempatan itu, ia juga memberikan apresiasi kepada para peserta dengan menyerahkan buku kepada para peserta dalam sesi diskusi.

Seorang peserta, Arif Rahman, menyebut pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang cara menulis artikel yang benar. Apalagi narasumber yang dihadirkan adalah figur yang sudah sangat dikenal kompetensinya di bidang literasi.

“Alhamdulillah. Ini sangat bermanfaat. Teman-teman juga sangat antusias,” sebutnya.

Mewakili PWI Tanah Bumbu, Puja Mandela, menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bagian dari program PWI Tanah Bumbu di bidang pendidikan. Di samping itu, pihaknya juga ingin mengubah wajah profesi jurnalis yang masih dipandang negatif oleh sebagian masyarakat.

“Kami juga ingin menunjukkan bahwa kami peduli dengan perkembangan literasi,” katanya.

apahabar.com

Foto bersama pegiat literasi dan para guru di Kabupaten Tanah Bumbu. Foto – Istimewa

Baca Juga: Ridho Bawa Tanbu Juara Umum Kejurprov Balap Sepeda

Baca Juga: Pelajar SLBN Tanbu Wakili Kalsel di Event Nasional

Reporter: Puja Mandela

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ketua PMI Tanah Bumbu Serukan Donor Darah
Mantan Kapolres Banjar

Kalsel

Di Martapura, Mantan Kapolres Banjar Salurkan Bantuan Makanan dan Obat-obatan
apahabar.com

Kalsel

Tutup Tahun, Bandara Salurkan Bantuan Kemitraan dan Bina Lingkungan
apahabar.com

Kalsel

Dinas Kesehatan Tanbu Canangkan Pemberantasan Sarang Nyamuk
apahabar.com

Kalsel

Mencalon Bupati, Tuan Guru Masdar Minta Andin Niatkan Ibadah
apahabar.com

Kalsel

Sekda Pastikan dalam Waktu Dekat Dokter Spesialis Anak Ada di Kotabaru
vaksinasi covid-19

Kalsel

Dinkes Tanbu Siapkan 87 Pelaksana Vaksinasi
Pascabanjir HST

Kalsel

Pascabanjir HST, 2 Desa di Hantakan Masih Terisolir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com