Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel

Esemka Banyak Gunakan Komponen Lokal, Ini Profil Pemasoknya

- Apahabar.com Minggu, 8 September 2019 - 05:45 WIB

Esemka Banyak Gunakan Komponen Lokal, Ini Profil Pemasoknya

Ratusan unit mobil Esemka dalam proses produksi saat peresmian pabrik PT Manufaktur Kreasi (Esemka) oleh Presiden Joko Widodo, di Desa Demangan Kecamata Sambi Kabupaten Boyolali, Jateng, Jumat (06/09). Foto - Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Menanggapi komentar bahwa mobilnya buatan pabrikan China, produsen mobil Indonesia PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) melalui presiden direkturnya Eddy Wirajaya sudah mengkonfirmasi bahwa itu tidak benar dan menegaskan mobil Esemka benar-benar karya anak bangsa.

Dilansir apahabar.com dari Antara, bahkan, kepada media, Eddy membeberkan bahwa sebagian besar komponen mobil Esemka dipasok oleh pemasok lokal, seperti di antaranya PT Cikarang Perkasa Manufacturing, PT Usra Tampi, dan PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna.

Berikut profil singkat sejumlah pemasok komponen mobil Esemka, yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (07/09):

PT Cikarang Perkasa Manufacturing

Perusahaan yang bermarkas di Delta Silicon 2, Lippo Cikarang, Jawa Barat yang bergerak dalam spesialisasi produk die cast aluminium ini merupakan pemasok komponen blok mesin dan blok transmisi untuk mobil Esemka, khususnya pikap Bima.

Cikarang Perkasa Manufacturing (di sejumlah media disebut Cikarang Persada Manufacturing) didirikan pada 1996 dan selama ini telah memasok komponen otomotif Original Equipment Manufacturer (OEM) untuk Suzuki, Isuzu, Mitsubishi, juga General Motors.

Dari pabriknya, Cikarang Perkasa juga memproduksi suku cadang presisi tinggi untuk ASMO (Toyota), Keihin (Honda), Mikuni dan Meiwa (Yamaha). Dengan sederet mitra kerja sama yang merupakan pemain besar dalam pasar otomotif, jelas kemampuan dan reputasi Cikarang Perkasa tidak perlu diragukan.

PT Usra Tampi

Usra Tampi merupakan perusahaan penghasil cetakan injeksi plastik (plastic injection moulding) yang selama ini memproduksi komponen body (badan) mobil, juga panel-panel plastik untuk dashboard, lampu, hingga roda kemudi.

Untuk Esemka, Usra Tampi disebut sebagai pemasok komponen dashboard dan roda kemudi (stir), yang jelas ini merupakan salah satu keahlian perusahaan ini.

Berdasarkan penelusuran ANTARA, Usra Tampi memiliki reputasi yang sangat baik dalam penyediaan komponen otomotif. Perusahaan ini telah memasok sejumlah komponen body dan trim pilar untuk Mitsubishi Outlander Sport.

Kemudian komponen panel plastik untuk body Isuzu N-Series, juga beberapa komponen untuk MPV Mitsubishi Xpander, termasuk emblem Xpander dan nama variannya. Usra Tampi bahkan memasok banyak komponen untuk kendaraan niaga Mitsubishi New Carter, termasuk roda kemudinya.

Selain banyak membuat komponen untuk kendaraan Mitsubishi, juga Colt L 300, Usra Tampi yang mengoperasikan pabrik di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jabar ini juga memproduksi penutup atas accu (baterai) otomotif Furukawa Battery B20.

PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna

Perusahaan pemasok radiator untuk Esemka ini merupakan perusahaan patungan antara Tokyo Radiator, Jepang dengan PT Selamat Sempurna Tbk yang bergerak dalam bidang solusi suku cadang otomotif, termasuk komponen OEM purna jual yang sudah berpengalaman lebih dari 40 tahun.

Tokyo Radiator Selamat Sempurna menjalankan operasinya di Kompleks Industri ADR, Kadu Jaya, Curug, Tangerang, Banten.

PT Armada Indah Agung Glass

Armada Indah Agung Glass merupakan perusahaan pemasok Esemka untuk produk kaca mobil. Perusahaan ini beralamat di Jalan Magelang-Purworejo 11, Magelang, Jawa Tengah.

Tidak banyak informasi mengenai perusahaan penyedia kaca otomotif ini, selain mengenai produk-produknya yang sudah banyak digunakan pada armada-armada bus milik perusahaan otobus angkutan penumpang.

PT Pasindo

Perusahaan yang beralamat di Balikpapan, Kalimantan Timur ini merupakan pemasok komponen rem untuk Esemka. Pasindo selama ini dikenal sebagai pemasok suku cadang alat berat, termasuk Caterpillar, Komatsu, Hitachi, dan Daewoo.

Pasindo juga memasok suku cadang untuk truk Hino, Isuzu, juga Scania.

PT Indospring Tbk

Perusahaan yang beralamat di Gresik, Jawa Timur, ini merupakan pemasok komponen komponen shockbreaker untuk Esemka. Indospring memiliki reputasi yang tidak diragukan lagi karena selama ini mamasok pegas untuk kendaraan bermotor, baik pegas daun maupun pegas keong (ulir).

Indospring selama ini memasok komponen pegas perangkat supsensi untuk Astra Honda Motor, Daewoo, Daihatsu, General Motors, Hino, Hyundai, Isuzu, Kawasaki, Kia Motors, KYB, Nissan, Suzuki, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, bahkan kendaraan berat seperti MAN dan UD Trucks.

PT INKA

BUMN kereta api ini sudah sangat dikenal di Indonesia dan sudah banyak memasok dan membangun armada kereta untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI). Perusahaan yang beroperasi dan berkantor pusat di Madiun, Jawa Timur ini memasok komponen tangki bahan bakar dan sasis untuk mobil Esemka.

INKA (Persero) yang didirikan pada 18 Mei 1981 ini merupakan produsen kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara. Produk utama INKA antara lain kereta kelas eksekutif stainles steel, light rail transit (LRT), kereta rel listrik (KRL), dan lokomotif diesel hidrolik.

Perusahaan ini juga memproduksi gerbong barang, kereta khusus, dan produk pengembangan lainnya.

Baca Juga: Ini Prediksi Harga Mobil Esemka Garuda 1 dan Bima

Baca Juga: Mampukah Mobil Esemka Tembus Pasar Ekspor?

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Alasan Febri Mundur dari KPK: Kondisi Politik dan Hukum Telah Berubah bagi KPK
apahabar.com

Nasional

Mendikbud Sebut tak Ada Sanksi Pelajar Ikut Demo
apahabar.com

Nasional

Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban Longsor Sukabumi
apahabar.com

Nasional

Dandim Kendari yang Baru Sudah Ingatkan Istri Soal Aktivitas di Medsos
apahabar.com

Nasional

Wali Kota Duga Ada Kesalahan Input Data Anggaran Lem Aibon Rp82,8 Miliar
apahabar.com

Nasional

Diduga Hina NU, Begini Detik-detik Ditangkapnya Gus Nur
apahabar.com

Nasional

Jokowi Akui Angka Kematian Covid-19 di Indonesia Lampaui Rata-Rata Dunia
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Bansos Covid Sinergi dengan Penanggulangan Stunting
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com