Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Ingat!!! Lewat Martapura Wajib Bawa KTP

- Apahabar.com Selasa, 10 September 2019 - 19:00 WIB

Ingat!!! Lewat Martapura Wajib Bawa KTP

Anggota Satpol PP bersama dengan aggota TNI dan Polri saat sedang melakukan kegiatan razia di depan Gedung Juang Martapura. Foto-apahabar.com/Muhammad Al Madani

apahabar.com, MARTAPURA – Jika pengendara mau melintas di Martapura bukan hanya wajib membawa kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK, Kartu Tanda Penduduk (KTP) pun jangan sampai ketinggalan.

Sebab bisa saja sewaktu-waktu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Banjar menggelar razia khusus KTP untuk pengendara yang melintas di Martapura.

Seperti yang berlangsung di Jalan A Yani Km 40, atau tepatnya depan Gedung Juang, Martapura, Kabupaten Banjar, Selasa (10/9/2019) pagi hingga siang, pengendara yang melintas dibuat bingung. Sebab mereka diarahkan ke Gedung Juang oleh Satpol PP Banjar.

Yang bikin mereka was-was, dalam razia itu ada juga anggota kepolisian dan TNI. Pengendara yang melintas dari arah Banjarbaru menuju ke Pasar Martapura dicegat petugas kemudian diarahkan ke halaman Gedung Juang Martapura.

Dalam operasi itu, belasan personel Satpol PP Banjar melakukan pemeriksaan KTP kepada warga. Sementara di tepi jalan A Yani, beberapa petugas  mengarahkan pengendara untuk masuk ke halaman Gedung Juang.

Untuk pengendara yang tidak bisa memperlihatkan KTP, diarahkan naik ke lantai 2 guna untuk menjalani pendataan dan sidang di tempat.

kegiatan dipimpin langsung Kepala Satpol PP Banjar, H Muhammad Ali Hanafiah.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kabupaten Banjar, Bahruddin mengatakan, untuk mereka yang tidak dapat menunjukan KTP menjalani sidang dengan hakim tunggal.

Dalam sidang, juga melibatkan jaksa dari Kejaksaan Negri Kabupaten Banjar. “Sidang ini paling lama berlangsung 5 menit,” ujar Bahruddin.

Bahruddin mengatakan untuk warga yang tidak bisa menunjukkan KTP akan dikenakan peraturan daerah (perda) nomer 3 tahun 2016 tentang perubahan ataas perda 2/2002 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan. Mereka yang terjaring, dikenakan denda Rp 50 ribu.

Kegiatan tersebut, kata Bahrudin kepada apahabar.com, dilakukan sebagai bagian dari pembinaan terhadap warga agar tertib administrasi kependudukan.

“Kepemilikan dan fungsi KTP itu sama halnya dengan SIM dan STNK. Kemana pun bepergian SIM harus dibawa karena merupakan identitas diri. Ini yang harus dipahami masyarakat.  Pada razia hari itu 44 orang yang terjaring,” tegas Bahruddin.

Dikemukakannya, mereka yang terjaring memberikan alasan beragam. Dari lupa membawa, bahkan adanya mengatakan jika sengaja meninggal KTP di rumah karena takut hilang atau rusak karena tergesek di dompet.

“Imbauan kami kepada masyarakat, bawa lah semua dokumen penting saat bepergian. Mulai dari surat menyurat kendaraan bermotor hingga KTP. Ini sangat penting. Misal jika  terjadi sesuatu yang tak diinginkan, dari identitas diri itulah masyarakat mudah melakukan pertolongan,” imbaunya.

Sementara Rahmat, seorang warga terjaring mengatakan, jika KTP kelamaan di dalam dompet bisa kabur tulisannya dan akan hilang.

“KTP saya masukkan dalam gantungan kunci mobil. Nah, tadi saya keluar cuman sebentar dan kebetulan menggunakan motor, jadi tak bisa memperlihatkan KTO,” ungkap Rahmat.

apahabar.com

Mereka yang tak bisa memperlihatkan KTP menjalani sidang di tempat. Foto-apahabar.com/Muhammad Al Madani

Baca Juga: Tempo 13 Hari, Polres Banjar Jaring 2000 Lebih Kendaraan Saat Operasi Patuh Intan

Baca Juga: Barabai Berkabut, BPJS Bagi-Bagi Masker

Reporter: AHC 15
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Jadi Percontohan, Desa Harus di Tabalong Kalsel Bangun Taman Edukasi
apahabar.com

Kalsel

Sandiaga Batal Ziarah ke Sekumpul Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Posko Pemenangan Diresmikan, Ibnu-Arifin Nomor Urut 2 Siap Menang di Pilwali Banjarmasin 2020
SMPLB YPLB

Banjarmasin

Gelapkan Iuran Siswa, Bendahara SMPLB YPLB Banjarmasin Ditangkap Polisi

Kalsel

Hasnuryadi Serahkan Bantuan Mesin Pengolah Bakso ke UMKM di Banjarbaru
apahabar.com

Bank Kalsel

Pemanggilan 12 Mahasiswa dan Direktur Walhi Kalsel Dinilai Janggal
apahabar.com

Kalsel

Uji Kesigapan Personel, Ada Pesawat Gagal Landing di Bandara Syamsuddin Noor
Markas Polisi di Amuntai Kebanjiran, 44 Tahan Diungsikan

Kalsel

Markas Polisi di Amuntai Kebanjiran, 44 Tahanan Diungsikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com