Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Itwasum Mabes Polri Atensikan Pencegahan Karhutla di Kalsel

- Apahabar.com     Kamis, 26 September 2019 - 23:22 WITA

Itwasum Mabes Polri Atensikan Pencegahan Karhutla di Kalsel

Itwasum Mabes Polri, Komjen Pol Mochgiyarto bersama Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani berserta jajaran tinjau Karhutla di Banjarbaru, Kamis (26/9). Foto-apahabar.com/Riyad.

apahabar.com, BANJARMASIN – Dua hari di Kalimantan Selatan, Inspektur Pengawas Umum (Itwasum) Mabes Polri, Komjen Pol Moechgiyarto meninjau sejumlah lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dari pantauan apahabar.com, beranjak dari tempat penginapan, Kamis (26/9), Komjen Pol Moechgiyarto, terlebih dulu menuju Dit Reskrimsus Polda Kalsel untuk meninjau aplikasi Bekantan.

Dari sana, ia didampingi langsung oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani dan sejumlah pejabat utama di lingkup Polda Kalsel.

Setelah dipaparkan kegunaan aplikasi tersebut, lulusan terbaik Akpol tahun 1986 itu sangat mengapresiasi kegunaan dan manfaat dari aplikasi pendeteksi kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Hanya saja, kata dia, Polda Kalsel kedepannya harus lebih mengatensikan lagi upaya-upaya pencegahan daripada penanganannya.

“Dari aplikasi ini kan sudah bisa kita lihat titik-titik hotspot, jadi sebelum itu membesar, langsung saja kita kerahkan petugas untuk memadamkannya. Jangan menunggu sudah besar baru ditangani,” ujarnya.

Dikatakannya, setiap Sabhara juga harus lebih proaktif untuk patroli di setiap lahan yang rawan untuk dibakar guna mencegah adanya pembakaran lahan secara sengaja oleh warga atau masyarakat.

Selain Sabhara, Bhabinkamtibmas, kata dia, juga harus lebih giat mensosialisasikan ke setiap rumah warga tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Dirinya juga menghimbau kepada Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani, agar memberikan reward and punishment untuk setiap anggota yang giat atau rajin dalam mencegah ataupun menangani karhutla.

Kemudian, dari Dit Reskrimsus Polda Kalsel, jendral bintang tiga itu kembali melanjutkan perjalanan menuju kawasan Guntung Damar dan Embung.

Disana, ia kembali mengapresiasi kerja Satgas Gabungan dari Polri, TNI, BPBD yang berjibaku untuk memadamkan api yang membakar lahan di kawasan tersebut.

“Secara umum sudah baik tapi tentu harus ada yang perlu kita perbaiki kedepannya. Kami akan terus mengevaluasi kekurangan-kekurangan tersebut,” ucapnya.

Karena, kata dia, penanganan Karhutla memang diperlukan sinergitas yang solid antara Polri, TNI, BPBD, Pemerintah Daerah dan masyarakat sendiri.

“Kita harus bisa membangun komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang lebih baik,” tuturnya.

Setelah meninjau sejumlah lokasi, dari sana, Komjen Pol Moechgiyarto kemudian bertolak pulang menuju markas besarnya.

Baca Juga: VIDEO: Karhutla Kalsel Jadi Atensi Penuh Mabes Polri

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa dan Pelajar Nginap di Depan Gedung DPRD Kalsel

Reporter: Riyad
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

elpiji 3kg

Kalsel

Nekat Gelembungkan Harga, Pemilik Pangkalan Gas Melon di Banjarmasin Diringkus Polisi
apahabar.com

Kalsel

DPRD Kalsel Bicarakan RPPLH ke Kementerian LHK
Sopir Truk

Kalsel

Heboh! Sopir Truk di Jalan Gubernur Syarkawi Kabupaten Banjar Nyaris Dibegal Preman
apahabar.com

Kalsel

Hindari Sebaran Covid-19, Kapolres Batola Ajak Warga Pakai Masker

Kalsel

Kapolda Kalsel Pastikan PSU Banjarmasin Kondusif
apahabar.com

Kalsel

Perguruan Kuntau di HST Ini Toreh Prestasi Haornas
apahabar.com

Kalsel

Apa Kabar Nasrudin, Terdakwa Nabi Palsu di HST
apahabar.com

Kalsel

Akhirnya, Warga Terdampak Covid-19 di Banjarmasin Terima Bantuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com