Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan

Jejangkit Dikelilingi Api, PMI Batola Bagi Ratusan Masker

- Apahabar.com Selasa, 3 September 2019 - 17:57 WIB

Jejangkit Dikelilingi Api, PMI Batola Bagi Ratusan Masker

Anggota PMI Barito Kuala membagikan masker kepada warga yang berlalu-lalang di dekat lahan terbakar di Jalan Tarutan Marabahan. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Berusaha meminimalisir dampak negatif asap, Palang Merah Indonesia (PMI) Barito Kuala berbagi ratusan masker di sekitar kawasan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Titik api di Batola sebenarnya sempat berkurang hingga bahkan menghilang, menyusul hujan yang cukup deras di akhir Agustus 2019.

Namun dalam sepekan terakhir, titik-titik api tersebut kembali membara. Terutama di Jalan Tarutan dan Kompleks Galam Raya di Kecamatan Marabahan, serta Desa Jejangkit Barat dan Jejangkit Timur di Kecamatan Jejangkit, Senin (02/09).

Berbarengan dengan usaha Tim Penanggulangan Karhutla memadamkan api, PMI juga turun tangan. Bukan ikut menyiramkan air, melainkan membagi ratusan masker kepada masyarakat sekitar.

“Kami mengambil ranah kesehatan dengan pembagian masker. Tak kurang 600 masker dibagikan kepada warga di sekitar lahan yang terbakar di Marabahan, termasuk petugas dari Tim Penanggulangan Karhutla,” papar Kepala Markas PMI Batola, Budi Arif, Selasa (3/9).

“Sementara di Jejangkit yang sampai sekarang masih dikelilingi api, kami menyerahkan 500 masker,” imbuhnya.

Karhutla di Jejangkit sendiri sudah berlangsung dalam beberapa pekan terakhir. Tercatat sudah 20 warga dirawat di Puskemas Jejangkit, karena mengidap Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).

“Agar jumlah korban tidak bertambah, PMI Batola juga mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah,” jelas Budi.

“Andai situasi semakin parah, PMI Batola sudah memiliki rencana mengoperasikan mobil klinik keliling,” tegasnya.

Belum diketahui luasan lahan yang terbakar di Jejangkit. Namun kebakaran melanda mulai Handil 8 hingga 15 di Jejangkit Barat dan Jejangkit Timur.

“Sampai sekarang masih terdapat sisa-sisa api. Namun semua masih dapat dikendalikan Tim Penanggulangan Karhutla,” jelas M Mujiburrahman, Camat Jejangkit.

“Kami disokong Tim Penanggulangan Karhutla yang terdiri dari Polsek dan Koramil Jejangkit, Manggala Agni Kemenhut Regional Kalimantan Selatan, BPBD Kalsel dan Batola, serta Masyarakat Peduli Api Jejangkit,” tambahnya.

Mengingat cuaca panas yang diprediksi masih berlangsung hingga pekan-pekan selanjutnya, masyarakat sekitar pun diminta mengantisipasi penyebab kebakaran lahan.

“Kami terus mengimbau agar warga tidak membakar lahan, atau merokok di areal lahan yang mudah terbakar,” beber Mujiburrahman.

“Seandainya menemukan titik api, warga diminta segera menghubungi Tim Penanggulangan Karhutla yang bermarkas di Polsek Jejangkit,” tandasnya.

apahabar.com

Seorang warga melintasi lahan yang baru saja dilalap api di Kecamatan Jejangkit. Foto-Istimewa

Baca Juga: Sambut Pemindahan Ibu Kota, Ratusan Tukang di Batola Disertifikasi

Baca Juga: Panjat Pohon Alpukat, Kakek di Banjarbaru Tewas Misterius

Baca Juga: Penurunan Debit Air Baku PDAM Tala

Baca Juga:  Meriah, Ribuan Siswa Rayakan HUT ke-54 Smada Tanpa Kantong Plastik

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dandim 1007/Banjarmasin Kunjungi Guru Zuhdi
apahabar.com

Kalsel

Tanbu Perpanjang Masa Belajar Siswa di Rumah
apahabar.com

Kalsel

Jemaah Travellindo Bisa Berangkat, Asal Bayar Puluhan Juta Lagi
apahabar.com

Kalsel

Apa Jasa Pelukis Ini Hingga Satu Komplek Pemakaman dengan Abdi Negara?
apahabar.com

Kalsel

Polsek Anjir Pasar Polres Batola Kampanye Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan
apahabar.com

Kalsel

Meriahkan HUT ke-47, KNPI Kalsel Tunjukan Aksi Kepedulian
apahabar.com

Kalsel

Harsiarnas ke 86, Gubernur Kalsel: Tingkatkan Pengawasan Media Mainstream
apahabar.com

Kalsel

Peduli Diananta, Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers Galang Donasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com