Bupati Anang Resmikan SAMTA, Sekolah Alam Perdana di Tabalong Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas!

Kabut Asap di Barut Makin Tebal, Sekolah Diliburkan

- Apahabar.com Sabtu, 14 September 2019 - 17:43 WIB

Kabut Asap di Barut Makin Tebal, Sekolah Diliburkan

Ilustrasi kabut asap. Foto - wartaekonomi.co.id

apahabar.com, MUARA TEWEH – Ketebalan kabut asap di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah sudah sangat mengkhawatirkan, karenanya Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama setempat mengeluarkan imbauan agar seluruh sekolah diliburkan untuk sementara.

Sekolah yang berada di wilayah Dinas Pendidikan Barut sejak Sabtu (14/09) sudah terlebih dahulu meliburkan sekolah dari tingkat Tk, SD, SMP hingga SMU.

Sementara untuk sekolah yang berada di lingkungan Kementerian Agama seperti, Tk Quran, MIN, hingga MA meliburkan anak didiknya dimulai Senin (16/09).

Kepala kantor Kementerian Agama Barut, H. Tuani menerangkan, berdasarkan hasil konsultasi dan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyikapi situasi dan kondisi udara akibat kabut asap yang melanda kota Muara Teweh dan sekitarnya saat ini, serta demi menjaga kesehatan peserta didik, maka pihaknya sepakat, bahwa terhitung mulai 16 hingga 18 September 2019 untuk meliburkan proses belajar mengajar di sekolah

“Namun, selama sekolah diliburkan, agar para guru diminta memberikan tugas pelajaran di rumah kepada peserta didik dan mengimbau kepada peserta didik untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah selama kondisi udara tidak sehat,” tuturnya.

Dia juga mengimbau kepada peserta didik dan juga tenaga pendidik agar selalu menggunakan masker selama kondisi kabut asap masih mencemari udara di Barut. Dan apabila kondisi kabut asap sudah menghilang, maka proses belajar mengajar kembali seperti semula.

“Instruksi ini berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan akan diperbaharui sesuai dengan perkembangan kondisi berikutnya,” kata Tuani.

Sementara terkait  diliburkannya sekolah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Barut, Syahmiludin, sudah menerima imbauan dari Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, agar sekolah untuk sementara diliburkan bagi daerah yang kualitas udaranya sudah membahayakan kesehatan.

“Memperhatikan kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan juga memperhatikan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) serta dalam rangka memberikan perlindungan keselamatan anak didik di Kalimantan Tengah,” demikian imbauan dari Gubernur Kalteng yang diterima Dinas Pendidikan Barut.

Dalam imbauannya juga Gubernur menegaskan, agar Wali Kota/Bupatl se-Kalimantan Tengah dan Kakanwil Kementerian Agama Kalimantan Tengah dan Kepala Kantor Kementerian Agama kota/kabupaten se-Kalimantan Tengah untuk meliburkan anak-anak sekolah.

Syahmiludin memaparkan, imbauan Gubernur juga, agar melakukan langkah-Iangkah perlindungan keselamatan para peserta didik sehubungan dengan kondisi kabut asap yang sangat tidak sehat atau berbahaya akibat karhutla dengan menetapkan libur sekolah.

“Penetapan libur sekolah disesuaikan dengan kondisi kabut asap akibat karhutla di wilayah kota/kabupaten masing-masing.  Namun apabila kondisi kabut asap dan kualitas udara di wilayahnya masing-masing sudah dalam keadaan kondisi normal, maka proses belajar mengajar diaktifkan kembali sebagaimana biasanya,” tandasnya.

Baca Juga: Koordinasikan Karhutla, Dandim 1013 Muara Teweh Kunjungi Markas BPBD 

Baca Juga: Kabut Asap Makin Pekat, Pemko Palangkaraya Liburkan Sekolah

Reporter: Ahc17
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Rencana New Normal di Palangka Raya Dikritik Dewan
apahabar.com

Kalteng

Cegah Pencurian Hewan Kurban, Polres Palangka Raya Patroli Malam
apahabar.com

Kalteng

Sudah Tiga Kali Pasar Pujon Terbakar, Warga Desak Pemkab Kapuas Sediakan Mobil Damkar

Kalteng

Beri Rompi Pers untuk Wartawan, Simak Ungkapan Kapolresta
apahabar.com

Kalteng

Sempat ke Banjarmasin, Pasien Reaktif di Teweh Tutup Usia
apahabar.com

Kalteng

Pasien Covid-19 Meninggal di Muara Teweh Bertambah
apahabar.com

Kalteng

Resahkan Warga, Pengedar Sabu di Jingah Diringkus Polisi
apahabar.com

Kalteng

Nahkoda Polsek Banteng Berganti, Iptu Waris Dapat Promosi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com