Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Kabut Asap, Garuda Batalkan 15 Penerbangan Domestik

- Apahabar.com Rabu, 18 September 2019 - 16:28 WIB

Kabut Asap, Garuda Batalkan 15 Penerbangan Domestik

Penerbangan pesawat. Foto-Shutterstock

apahabar.com, BANJARMASIN – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang memicu kabut asap mempengaruhi penerbangan. Garuda Indonesia pun dengan terpaksa membatalkan 15 penerbangan domestik 16-19 September 2019.

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) memberikan alasan pembatalan penerbangan tersebut.

Dikatakan Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan, keputusan itu sejalan dengan komitmen pihaknya mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama penerbangan.

Langkah dilakukan dengan pertimbangan jarak pandang penerbangan terbatas yang berisiko terhadap keberlangsungan operasional penerbangan.

“Pembatalan penerbangan karena mempertimbangkan perkembangan situasi terkini atas dampak dari intensitas kabut asap. Untuk itu kami mengimbau penumpang untuk melakukan pengecekan secara berkala jadwal penerbangan,” jelas Ikhsan.

“Selain pembatalan penerbangan tersebut, Garuda Indonesia juga turut melakukan penyesuaian schedule ke sejumlah penerbangan yang terdampak kabut asap,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ikhsan menjelaskan, dampak kabut asap terhadap kondisi operasional penerbangan tersebut juga telah diantisipasi melalui upaya mitigasi penanganan penerbangan yang terdampak termasuk penanganan penumpang,” katanya.

“Berbagai antisipasi terhadap dampak kabut asap tersebut turut berdampak terhadap sejumlah rotasi penerbangan sehingga berpotensi terhadap keterlambatan penerbangan yang sekiranya dapat diantisipasi lebih lanjut oleh para penumpang,” papar Ikhsan.

Selain melakukan pembatalan penerbangan pada 16 September 2019, Garuda Indonesia juga turut mengalihkan penerbangan pada nomor penerbangan GA 580 dan GA 582 Rute Jakarta – Samarinda yang dialihkan ke Balikpapan.

Dengan situasi ini, seluruh penumpang Garuda Indonesia yang terdampak pembatalan jadwal penerbangan Garuda Indonesia diberikan pilihan untuk mengubah jadwal penerbangan (reschedule).

Selain itu, penumpang juga diberikan pilihan untuk melakukan reroute atau melakukan refund sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Garuda Indonesia juga akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan intensitas dampak kabut asap tersebut, khususnya yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan.

Baca Juga: Kado Manis di Ultah ke-38, Mardani H Maming Diamanahi Ketum BPP Hipmi

Baca Juga: Dikepung Asap, Rute Sementara Lion Air Dialihkan

Baca Juga: Revisi UU KPK Disahkan, Fraksi PKS Sampaikan Catatan Soal Dewas

Baca Juga: Sebelum Tinjau Karhutla di Riau, Presiden Jokowi Salat Minta Hujan

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

wakaf uang

Nasional

Kembangkan Ekonomi Syariah, Jokowi dan Ma’ruf Amin Luncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang
apahabar.com

Nasional

Kerugian Indonesia Akibat Covid-19 Bisa Tembus Rp 320 Triliun

Nasional

Waspada! BMKG Prediksi Kalsel Dilanda Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan
apahabar.com

Nasional

PWI Aceh Gelar Doa Bersama Korban Tsunami
apahabar.com

Nasional

Kopassus Bentangkan Kain Merah Putih Raksasa di Telaga Saat Bogor
apahabar.com

Nasional

KPK Panggil Tiga Saksi Kasus DPRD Kalteng
apahabar.com

Nasional

Cuaca Ekstrem Siap Terjang Indonesia, Begini Strategi BNPB
apahabar.com

Nasional

Pejuang Demokrasi Meninggal Usai Merekapitulasi Surat Suara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com