Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Kalsel Dukung Kaltim Jadi Ibu Kota Tanpa Impor Pangan

- Apahabar.com Senin, 2 September 2019 - 14:58 WIB

Kalsel Dukung Kaltim Jadi Ibu Kota Tanpa Impor Pangan

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 pada 2018 lalu di tengah lahan rawa yang dimanfaatkan sebagai lahan pertanian produktif di Kalimantan Selatan. Hal ini sekaligus meneguhkan komitmen Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangan melalui peningkatan produktivitas pertanian dan praktek pertanian berkelanjutan. Foto-Dok. kemendagri

apahabar.com, BANJARMASIN – Kalimantan Timur (Kaltim) telah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara. Sejumlah daerah tetangga bersiap untuk menopang ketahanan pangan Bumi Mulawarman- sebutan Kaltim.

“Kalsel sudah siap menjadi penyangga ibu kota negara baru di sektor pangan,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel Nurul Fajar Desira, kepada apahabar.com, Senin (2/9).

Bappeda, kata Fajar, juga akan menindaklanjuti hasil Hari Pangan Se-dunia tahun lalu. Kementerian Pertanian RI sebelumnya menyiapkan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI). Kalsel disiapkan sebagai lumbung padi nasional. “Khususnya hasil pertanian di lahan rawa,” tegasnya.

Pemprov Kalsel berencana mengembangkan hasil pertanian cabai dan bawang merah di sejumlah kabupaten. Di antaranya, Tanah Laut dan Tanah Bumbu. “Masing-masing 20 hektar untuk lahan cabai dan 10 hektar untuk bawang merah,” ungkapnya.

Kalsel juga siap mengembangkan tanaman padi seluas 750 hektar, dan jagung 1.750 hektar di dua kabupaten tersebut. “Tahun depan kita akan mulai kembangkan,” terang dia. Semua tanaman itu, sambung dia, akan dikelola langsung Dinas Pertanian Kalsel. Namun, tetap bekerja sama dengan pemerintah kabupaten terkait.

Kementerian Pertanian tengah menyiapkan sistem klaster pangan guna mendukung pembangunan ibu kota mandiri tanpa impor pangan. Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu melalui Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Robby Candra, menyatakan kesiapannya menjadi daerah penyangga pangan untuk Kaltim.

“Kalau kita siap saja. Apalagi kalau bendungan sudah ada. Yang tadinya satu atau dua kali panen per tahun, bisa tiga kali. Otomatis hasil pertanian akan meningkat,” kata Robby, kepada apahabar.com siang tadi.

Meminjam data Dinas Pertanian setempat, pada 2018 Kabupaten Tanbu berhasil memproduksi 123 ribu ton gabah dari 5 kecamatan penghasil seperti Kusan Hilir, Kusan Hulu, Batulicin, Satui, dan Simpang Empat.

Selain itu, juga ada wilayah penghasil lainnya yakni Kecamatan Mantewe. Tapi, jumlah produksinya masih sangat minim. “Wilayah penghasil terbesar itu di Kecamatan Kusan Hilir,” katanya.

Kementerian Pertanian memproyeksikan kebutuhan pangan di Kaltim dengan jumlah penduduk sebesar 3,5 juta jiwa untuk komoditas beras adalah sebesar 295.800 ton.

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Negara, Inkindo Imbau Pemerintah Tekan Biaya

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, ASN Penajam Berpotensi Bertambah

Baca Juga: Ketersediaan Energi Warga Ibu Kota Baru Dijamin Aman

Baca Juga: Tanah Bumbu Siap Jadi Penyangga Pangan Ibu Kota Negara

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Panggung Utama Kampanye Akbar Jokowi Hampir Rampung
apahabar.com

Kalsel

Warga Meratus HST Bangun Bendungan Air Bersih
obat terlarang

Kalsel

Kembangkan Kasus Obat Terlarang, Polisi Tabalong Gelandang 2 Warga Amuntai
apahabar.com

Kalsel

Surat Edaran Satpol PP Banjarmasin Diprotes, Ibnu Sina: Segera Kita Tarik
apahabar.com

Kalsel

Operasi Yustisi di HST, Ratusan Pelanggar Prokes Disanksi
Kalsel Hujan Lagi

Kalsel

Kalsel Hujan Lagi
apahabar.com

Kalsel

Ringankan Beban Warga Desa Pandan Sari, Polsek Karang Bintang Salurkan Sembako
apahabar.com

Kalsel

Lewat Command Center, Kalimantan Selatan Makin Kekinian
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com