Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Kapolres Barut Tinjau Posko Karhutla  

- Apahabar.com Minggu, 22 September 2019 - 18:33 WIB

Kapolres Barut Tinjau Posko Karhutla   

Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar SIK didampingi Wakil Bupati dan Sekda Barut, Jainal Abidin serta unsur FKPD dan SOPD saat meninjau posko Karhutla. Foto-Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH –  Kapolres Barito Utara (Barut), AKBP Dostan Matheus Siregar beserta Sekda Barut, Ir H Jainal Abidin, anggota DPRD, Unsur FKPD, dan Kepala Instansi terkait melakukan peninjauan posko siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ada di halaman Mapolres Barut.

Dalam peninjauan tersebut, Kapolres Barut memperlihatkan mengenai titik panas, serta arah angin dan kesiapsiagaan anggota dan sarana untuk penanggulangan Karhutla.

“Dengan kegiatan peninjauan posko yang dilakukan Polres Barito Utara, diharapkan pemerintah daerah dapat mendukung apa yang dilakukan oleh polres  dalam penanggulangan karhutla ini,” terangnya.

Dia menyampaikan, dalam satu minggu terakhir memantau jumlah titik api di Kabupaten Barito Utara sudah tidak signifikan. Per 24 jam jumlah titik api yang ada hanya satu.

Dia mengatakan bahwa, kabut asap yang terjadi merupakan kiriman dari kabupaten tetangga seperti Kapuas dan Barito Selatan. Karena arah angin berdasarkan aplikasi air visual dari selatan menuju ke Utara.

Dimana Barito Utara berbatasan dengan Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barsel. “Kita ketahui bersama titik api di Kapuas banyak dan Barsel juga ada, sehingga asap ‘dikirim’ ke Barito Utara,” terangnya.

Kapolres ini menegaskan, bahwa pihaknya akan tegas melakukan penindakan terhadap pelaku pembakaran hutan dan kita tidak pandang bulu dalam penindakan terhadap oknum pembakar hutan, baik jenis kelamin maupun umur.

AKBP Dostan Matheus Siregar SIK, mengatakan, melakukan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Kathutla) harus dilakukan secara sinergis.

“Penanggulangan Karhutla tidak dilakukan sendiri-sendiri, melainkan harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, Gubernur Kalimantan Tengah sudah menyatakan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah tahun 2019 melalui keputusan Gubernur Kalteng nomor 188.44/222/2019 sejak 27 Mei 2019.

Kemudian, lanjut dia, dijabarkan oleh Bupati Barito Utara dengan mengeluarkan surat keputusan nomor 188.45/289/2019 tentang penetapan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Utara tahun 2019.

Untuk itu, Kapolres mengimbau agar pemerintah daerah, TNI, Polri, swasta dan masyarakat agar lebih aktif secara bersama – sama melakukan kegiatan pencegahan dengan patroli dan  sosialisasi larangan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Selain itu juga melakukan pemadaman lahan yang terbakar, serta upaya-upaya produktif yang dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan.

“Mengingat sebagian besar kondisi lahan di daerah kita apabila musim kemarau rentan terjadi kebakaran yang cepat dan kabut asap,” ungkapnya.

Baca Juga: Kabut Asap Semakin Pekat, Pemkab Kotim Perpanjang Libur Sekolah

Baca Juga: Dampak Kabut Asap, 427 Warga Barito Utara Terserang ISPA

Reporter: AHC17
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Bertambah Dua, WNA di Palangka Raya Positif Corona
Pengukuhan Ketua RT dan RW di Kelurahan Selat Utara, Kabupaten Kapuas, Kalteng

Kalteng

Camat Selat Slamet Riyadi Kukuhkan Ketua RT dan RW di Kelurahan Selat Utara Kapuas Kalteng 
apahabar.com

Kalteng

Dampak Covid-19, PAD Kapuas Kalteng hingga Agustus Baru Terealisasi 49 Persen
covid-19 kapuas

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: 1 Positif, 5 Sembuh
apahabar.com

Kalteng

Alhamdulillah, 333 KK Kelurahan Panamas Kapuas Terima BST
apahabar.com

Kalteng

Satu Lagi, Warga Muara Teweh Dinyatakan Reaktif
apahabar.com

Kalteng

Usulan Pemekaran Provinsi Kotawaringin Raya Dapat Dukungan Komite I DPD RI
apahabar.com

Kalteng

Anggota Dewan Kalteng Tolak Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3 Dinaikkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com