apahabar.com
Audensi warga Alalak di anggota DPRD Banjarmasin, Kamis soe. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Belum sebulan, dua kebakaran hebat melanda kawasan Alalak, Banjarmasin Utara.

Kebakaran pertama terjadi pada Selasa, 10 September, dini hari di dua RT berbeda. Yakni, RT 05 dan RT 04.

Meski tak ada korban jiwa, 65 rumah milik 222 jiwa dari 75 kepala keluarga ludes terbakar.

Sementara, kebakaran kedua terjadi pada Rabu, 21 September, sore di dua RT berbeda. Yakni Gang Setuju RT 05 dan Gang Mufakat RT 06.

Meski juga tak ada korban jiwa, 21 rumah milik 101 jiwa dari 30 kepala keluarga ludes terbakar.

Nah, karenanya, puluhan korban kebakaran tadi tergerak untuk mengadu ke kantor DPRD Kota Banjarmasin, Kamis (12/09).

Perwakilan warga H Maulana mengatakan kedatangan mereka untuk mengajak para wakil rakyat untuk mengunjungi korban kebakaran tidak hanya di sekitaran Alalak namun di seluruh titik Kota Banjarmasin.

“Setelah pertemuan tadi anggota dewan belum bisa untuk kembali mendatangi warga, sesuai notulensi rencananya Sabtu ini bersama instansi terkait,” urai H Imau, sapaan Maulana.

Ia menyebut kehadiran anggota DPRD di lokasi kebakaran penting untuk merasakan nasib warga yang terkena musibah kebakaran.

“Sepengetahuan saya, kejadian kebakaran amat jarang ada anggota DPRD yang mengunjungi warga. Nah kedatangan kami mencoba untuk menggugah agar turut peduli terhadap nasib warga,” kata dia.

Ia menuturkan warga yang terdampak kebakaran meminta wakil rakyat untuk peduli dan lebih proaktif untuk penanggulangan pasca-kebakaran.

“Bisa juga menaikkan anggaran di APBD kita atau secara internal setiap ada musibah kebakaran, DPRD mengunjungi korban walaupun dananya secara swadaya disumbangkan,” ucap H Imau.

Ia mengakui anggaran untuk penanggulangan pasca-musibah kebakaran terbatas. Oleh karena itu diharapkan ada kepedulian dari wakil rakyat untuk mengurangi beban masyarakat yang sedang dirundung musibah.

Sementara, Wakil Ketua Definitif DPRD Kota Banjarmasin H Muhammad Yamin mengungkapkan pihaknya menyambut baik kedatangan warga korban kebakaran.

“Kami mengapresiasi warga yang menyampaikan aspirasinya langsung, baik terkait bantuan sembako, dan bahan bangunan, intinya mereka mengajak seluruh anggota DPRD Banjarmasin datang melihat bagaimana merasakan warga yang terkena musibah,” jelas ketua DPC Partai Gerindra Kota Banjarmasin ini.

Ia memastikan anggota DPRD Kota Banjarmasin bakal mengagendakan untuk mengunjungi lokasi kebakaran.

“Sebenarnya beberapa hari yang lalu sudah ada meninjau bersama Ketua DPRD Harry Wijaya. Sebelumnya juga ada anggota dewan datang kesana dan memberikan bantuan,” terang Yamin.

Ia memastikan Pemkot Banjarmasin memang menganggarkan dana bantuan untuk terkena musibah. Namun karena terbentur administrasi belum bisa dicairkan.

“Dari penuturan warga memang yang dibutuhkan saat ini adalah dana tunai untuk membangun kembali rumah yang terbakar, besar harapan kami dari Pemkot Banjarmasin untuk memikirkan nasib Warga,” tandas Yamin.

Baca Juga: Dewan Sebut Pentingnya Menambah Hydran di Titik Rawan Kebakaran

Baca Juga: Para Istri Wartawan Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran Alalak

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah