Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan

Kemendagri Gelar Pertemuan Raja dan Sultan Lewat Dialog Kebudayaan

- Apahabar.com Kamis, 19 September 2019 - 19:26 WIB

Kemendagri Gelar Pertemuan Raja dan Sultan Lewat Dialog Kebudayaan

Foto bersama acara gelar seni budaya nusantara dan dialog kebudayaan. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintah Umum menggelar seni budaya nusantara dan dialog kebudayaan, di Hotel Royal Jelita, Kamis (19/09).

Mengambil tema “Merawat kebhinekaan, Merawat Indonesia, Menuju Indonesia unggul” kegiatan ini sekaligus mempertemukan para tokoh, yakni Raja, Sultan, Datu, Penglisir, Pemangku Adat Istiadat, Budayawan dan Ormas bidang kebudayaan di daerah.

“Forum ini adalah forum silaturahmi. Pemerintah sudah membuat regulator acuan untuk kemajuan pembudayaan melalui kearifan lokal,” ucap Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Didi Sudiana kepada awak media di sela kegiatan.

Forum ini dinilai memberikan arti penting dalam pemahaman dan kesadaran khazanah ke-lndonesiaan. Sama seperti wilayah lainnya di Indonesia, Kalimantan Selatan dengan Kesultanan Banjar-nya memiliki ragam budaya yang tinggi. Keharmonisan terbentuk berkat adanya toleransi yang kuat dalam seluruh stakeholder dengan sikap toleran dan penghormatan yang tulus.

“Mereka berpartisipasi dalam membangun dan mempererat kemajemukan ini melalui pelestarian budaya. Pemerintah dalam hal ini membantu memfasilitasi dengan kemampuan yang ada,” kata dia.

Pemerintah ujarnya terus berupaya menyatukan semua elemen komponen dari berbagai suku ras, agama budaya, dan bahasa, Peran masyarakat ikut meyakini untuk tetap bersatu mewujudkan cita-cita dan tujuan NKRI.

Sultan Khairul Saleh dalam sambutannya mengatakan momentum pertemuan ini dapat menjadi sinergi yang baik antara pemerintah dan Kesultanan Banjar. Oleh karena itu dirinya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kita sama sekali jauh dari kekuasaan, jadi para pemimpin kepala daerah jangan takut dengan para raja dan sultan. Ini hanya dalam ranah budaya saja,” pesannya.

Selain menguatkan kebhineka tunggal ikaan, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan aktualisasi nilai-nilai luhur, budi pekerti dan karakter bangsa dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya daerah dalam bingkai NKRI sehingga terciptanya ketahanan seni budaya nasional disegala aspek kehidupan berbangsa dan Bernegara. Masyarata juga dituntut berperan aktif menjaga pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya daerah sebagai penopang dan menentukan arah pembangunan.

Kegiatan ini diikuti peserta dari badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten/kota se-Kalsel. Dengan menghadirkan sejumlah narasumber yaitu Sujiwotejo (Budayawan), Taufik Arbain (Staf Khusus Gubernur Kalsel), DR Ir KRAy Nani Widayati Priyomarsono (Akademisi), Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya, serta Doddy Budiatman (Wakil Ketua Lembaga Sensor Film Indonesia).

apahabar.com

Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Didi Sudiana. Foto – apahabar.com/Musnita Sari

Baca Juga: Mendagri Resmikan PKN GNRM di Kalsel

Baca Juga: Gerakan Nasional Revolusi Mental di Kalsel, Ratusan Petugas Bersihkan Sungai Besok

Reporter: Musnita Sari
Editor: Aprianoor

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Diperiksa Polisi, Wartawan Banjarhits.id Dicecar Belasan Pertanyaan
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Dukung Pengangkatan Ratusan Guru Honorer
apahabar.com

Kalsel

Ketika Abdi Negara di Kotabaru Berharap Kekuatan Doa Anak Yatim
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Paket Sembako Dibagikan ke Warga Bantaran Sungai Barito
apahabar.com

Kalsel

Giliran Unsur Pimpinan DPRD Tala Dilantik
apahabar.com

Kalsel

Jalin Sinergitas, Kodim 1007/Banjarmasin Gelar Komsos dengan KBT
apahabar.com

Kalsel

Lenyap di Sungai Margasari Tapin, 2 ABK Dalam Pencarian
apahabar.com

Kalsel

Sumur Bor, Siasat Kebakaran Gambut di Banjarbaru Cuma PHP
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com