Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB

Lomba Menghias “Tanggui” Meriahkan Hari Jadi Banjarmasin

- Apahabar.com Sabtu, 21 September 2019 - 13:11 WIB

Lomba Menghias “Tanggui” Meriahkan Hari Jadi Banjarmasin

Ibu-ibu mengikuti lomba menghias "tanggui" yang digelar Pemko Banjarmasin di Siring Sungai Kerokan, Sabtu (21/09). Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Siapa yang tidak mengenal tanggui? Produk kerajinan tangan turun temurun tersebut sudah sangat familiar bagi masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Para pedagang pasar terapung kerap menggunakan tanggui untuk mengurangi paparan sinar matahari dan hujan. Tak hanya pedagang, tanggui juga biasa dikenakan petani dan nelayan. Namun, umumnya tanggui digunakan oleh perempuan.

Berlatar ide kreatif melestarikan produk andalan itulah, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar lomba melukis tanggui di Siring Sungai Kerokan, Sabtu (21/09). Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493.

Dikreasikan dengan cat warna-warni, ada pula yang melapisnya dengan beledru dan payet. Oleh panitia, peserta hanya diberikan waktu 2 jam dengan membawa alat dengan harga maksimal Rp 25 Ribu.

Camat Banjarmasin Barat, Karlina, menjelaskan spirit dari perlombaan tersebut adalah untuk melestarikan budaya daerah sekaligus menyalurkan bakat seni masyarakat.

“Pesan kami, budaya jangan sampai hilang, karena ini sudah turun temurun. Karena dihias, tampilannya akan jauh lebih cantik dan nilai ekonominya meningkat,” tuturnya.

Ia berharap event tersebut menjadi momentum Pemko Banjarmasin untuk mempromosikan tanggui sebagai budaya daerah. Selain dapat meningkatkan nilai tanggui dari sisi ekonomi, ia juga tak ingin keberadaan tanggui tergerus oleh perkembangan zaman.

“Ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kita dulu. Fungsinya mungkin boleh berubah, tapi jangan sampai tanggui hilang dan tidak dikenal oleh masyarakatnya sendiri,” tegasnya.

Salah satu peserta lomba, Noorlatifah, merasa optimistis dengan kreasinya menghiasi tanggui. Sebab hiasan tangguinya sangat khas dan jauh berbeda dari peserta lainnya.

Ia lebih memilih menggunakan pohon nipah bahan utama pembuatan tanggui. Daun nipah inilah yang disulap menjadi hiasan penutup kepala berbentuk bundar itu.

“Yang alami saja, karena awal mulanya tanggui dari pohon nipah. Saya yakin menang,” tegasnya.

Juri lomba menghias tanggui, Abdullah, menerangkan ada empat kriteria penilaian yang harus dipenuhi peserta untuk menang di antaranya inovasi, teknik, kreativitas dan harmonisasi.

Dengan memaksimalkan ke empat bagian tersebut, peserta akan mengubah fungsi dan kegunaan tanggui itu sendiri. Misalnya menjadi penghiasan dinding, tutup saji dan lainnya.

“Keinginan kami, begitu selesai dikerjakan tanggui akan berubah fungsi. Di sanalah kita melihat pemenangnya,” terangnya. (adv)

Baca Juga: Jalan Santai dan Bersih-bersih Lingkungan Meriahkan Harjad Banjarmasin ke-493

Baca Juga: Sambut Harjad Banjarmasin ke-493, DPRD Laksanakan Paripurna Istimewa

Baca Juga: Sambut Harjad Kota Banjarmasin, Ibnu Sina Ziarah ke Makam Sultan Suriansyah

Baca Juga: Menpora Sebut Harjad Banjarmasin Mencatat Sejarah  

Reporter : Bahaudin Qusairi
Editor : Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Capaian Pembangunan Fisik Ibnu-Herman di Banjarmasin: dari RSUD Sultan Suriansyah, RTH Kamboja hingga Depo Arsip
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Busana Daur Ulang Semarakkan Banjarmasin Nite Karnaval
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Banjarmasin Expo 2019 Dibuka, Hermansyah Bangga Produk Banua Dikenal Luas
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Pemilik Bangunan Areal RSUD Sultan Suriansyah Menunggu ‘Nasib’
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Jelang Puncak Harjad Banjarmasin, Restoran Terapung Selesai 95 Persen
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Jelang HUT ke-493 Banjarmasin, Pemkot Gelar Sayembara Pembuatan Logo Hari Jadi
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Pemko Bakal Gusur Rumah Warga Sekitar RS Sultan Suriansyah
apahabar.com

Harjad Banjarmasin

Bantu Warga Peroleh Dana CSR, Dinsos Banjarmasin Luncurkan Aplikasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com