Ribuan Vial Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Kapuas Sempat Tertunda karena Banjir, Akhirnya Vaksin Covid-19 Tiba di Tala Bertambah 13.094, Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta Kasus Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 10 Orang, Positif 8 H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel

Masyarakat Peduli Api PT JGB Amankan DAS dan IPPKH dari Karhutla

- Apahabar.com Jumat, 27 September 2019 - 05:45 WIB

Masyarakat Peduli Api PT JGB Amankan DAS dan IPPKH dari Karhutla

Masyarakat peduli api amankan tanaman di DAS dan Lokasi IPPKH. Foto - Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Di tengah maraknya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Tanah Laut, PT Jorong Barutama Grestone (JGB) turut ambil bagian melakukan pemadaman api melalui tim masyarakat peduli api (PMA).

Kepala Teknik Tambang PT JBG, I Gede Widiada mengatakan, tim PMA ini bertugas mengawasi tanaman yang pihaknya tanami di daerah aliran sungai (DAS) seluas 3.052 hektar dan di lokasi Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) seluas 2.585 hektar.

“Pengawasan itu sudah kita lakukan jauh sebelum bencana kebakaran ini. Namun baru kita tingkatkan pengawasannya saat ini seiring Karhutla meningkat di Tanah Laut ini,” ujar Gede, Kamis (26/09).

Dikatakannya, kerja tim kebakaran hutan ini dalam rangka mengantisipasi kebakaran. Di mana kerja team rehab sudah menyiapkan peralatan penanganan termasuk membuat tampungan air dari terpal di lokasi rawan bencana begitu juga dibuatkan jalan akses untuk patroli.

“Bukan itu saja peringatan bakar hutan dan lahan juga kita memasang spanduk di lokasi lahan, kerja sama dengan admin, security dan GA, operation team, dan safety membuat group khusus di WhatsApp untuk memantau lahan,” katanya.

Tak hanya itu pihaknya juga menyiapkan sekat bakar sembari meningkatkan pengawasan dan patroli rutin di lokasi rehab DAS oleh tim MPA. Dilengkali peralatan pemadam api manual berupa kopyok, jet sutter dan pompa mesin.

“Agar tidak kekurangan air kita maksimalkan sumber cadangan air berupa kolam endapan air, embung air di sekitar lokasi DAS,”ujar Gede lagi.

Koordinasi dengan pihak terkait, Muspika setempat dan pemangku wilayah seperti Tahura dan KPH terus dilakukan. “Komonikasi koordinasi dan patroli lintas masyarakat dijalankan,”katanya.

Pun demikian Satwa liar akibat Kebakaran hutan kita evakuasi ke hutan yang tidak terdampak kebakaran hutan dan lahan.

Agar safety dalam menjalankan tugas setiap anggota tim Karhutla difasilitasi alat komunikasi dan perlengkapan keselamatan petugas pemadam kebakaran.

Baca Juga: Dukung Mahasiswa, Nenek Rohana Ikut Aksi Lilin di Gedung DPRD Kalsel

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa dan Pelajar Nginap di Depan Gedung DPRD Kalsel

Reporter: Ahc14

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Nah, Baru Dilantik Anggota DPRD Kalsel Langsung Gadai SK
apahabar.com

Kalsel

Pengidap Covid-19 di Kotabaru Tembus 42 Orang, Bertambah 18!

Kalsel

Ketua DPRD Banjar Blak-blakan Ogah Tes Swab Massal
apahabar.com

Kalsel

Bendera RI Rasa Polandia di SKPD Kotabaru, Sore Hari Baru Diturunkan

Kalsel

2020 Ombudsman Kalsel Terima 546 Laporan, Didominasi Agraria dan Bansos Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Jumatan Perdana di Banjar, 4 Masjid Dijaga Ketat TNI-Polri
apahabar.com

Kalsel

Ada Sampah di Taman Edukasi, Misi Pendidikan yang Gagal
apahabar.com

Kalsel

Disnakertrans Bentuk Tim Selesaikan Tuntutan FSPMI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com