Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Mati Suri, Ratusan Ormas Bakal Diverifikasi

- Apahabar.com Selasa, 3 September 2019 - 16:05 WIB

Mati Suri, Ratusan Ormas Bakal Diverifikasi

Sekretaris Badan Kesbangpol Barito Utara, Hotni Ida Nababan Didampingi Kabid saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto-apahabar.com/Nasution

apahabar.com, MUARA TEWEH – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Barito Utara, Kalimantan Tengah bergerak menyikapi banyaknya organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dinilai mati suri.

Rencananya Kesbangpol Barito Utara segera melakukan verifikasi. Kabarnya ada 251 ormas di Barito Utara yang terkesan mati suri.

Kepala Badan Kesbangpol Barito Utara Drs Umar Langkap melalui Sekretaris Kesbangpol Hotni Ida Nababan mengakui ada ratusan ormas di Barito Utara yang terkesan mati suri. Itu karena tidak ada laporan ormas pada akhir tahun ke Kesbangpol Barito Utara.

Padahal ormas perlu lapor ke Kesbangpol untuk mendapatkan surat keterangan terdaftar untuk membangun sistem tata organisasi yang baik, sehat, mandiri, profesional, transparan dan akuntabel sesuai prinsip demokrasi.

Kemudian pula dengan adanya pelaporan ke Kesbangpol maka ini sesuai dengan amar putusan Mahkamah  Konstitusi  nomor 82/PUU-XI/2013, Ormas yang tidak mendaftarkan diri pada instansi pemerintah yang berwenang tidak mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

Ida Nababan menambahkan,  manfaat lain yang didapatkan ormas yang melaporkan atau mendaftarkan dirinya ke Kesbangpol, dapat melakukan kerja sama dengan pemerintah dalam bentuk berbagai macam kegiatan. Berhak mendapatkan fasilitas anggaran kegiatan. Mendapatkan pembinaan dan dukungan kelancaran kegiatan sesuai dengan Permendagri nomor 58 tahun 2017.

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, maka tentunya ada tahapan yang harus dilakukan. Itu hanya bisa bisa ormas itu mendaftar diri ke instansi pemerintah.

“Atas dasar beberapa hal tersebut maka Kesbangpol akan segera memverifikasi sejumlah ormas yang ada di Kabupaten Barito Utara, ” kata Ida Nababan.

Disampaikannya, kedepan ormas harus membuat atau memperbaharui surat keterangan terdaftar melalui Kemendagri. Sementara daerah hanya bisa membantu memfasilitasi saja.

Memang tidak ada keharusan bagi ormas mendaftarkan diri ke pemerintah. Tentu kalau tak terdaftar tidak berhak mendapatkan fasilitas dan pembinaan dari pemerintah.

Baca Juga: Desa Sentra Pertanian di Barut Keluhkan Jalan Penghubung

Baca Juga: Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa di Barut, Ini Kata Inspektorat 

Baca Juga: Menunggak Pembayaran ke RSUD, DPRD Barut Akan Panggil BPJS

Baca Juga: Pengunjung Pameran Buku di Barut Didominasi Anak dan Remaja

Reporter:  AHC17
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalteng

Sugianto Sabran Dilaporkan, Sekretaris Tim 02 Angkat Bicara
apahabar.com

Kalteng

BNNP Kalteng Gulung Komplotan Narkotika Antar Provinsi 
apahabar.com

Kalteng

DPRD Barut Rekomendasikan Pilkades Muara Inu Ditunda

Kalteng

Disdik Palangka Raya Kalteng: Belum Pilih Opsi Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi
Murung

Kalteng

Wagub Kalteng Pantau Kesiapan Pilkada di Murung Raya
Pemkab Kapuas

Kalteng

Pemkab Kapuas Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Kalsel
apahabar.com

Kalteng

Belasan Ribu Warga Kapuas Kalteng Belum Lakukan Perekaman KTP Elektronik
apahabar.com

Kalteng

BLK Palangkaraya Beri Pelatihan Warga Binaan Pemasyarakatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com