Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

Mati Suri, Ratusan Ormas Bakal Diverifikasi

- Apahabar.com     Selasa, 3 September 2019 - 16:05 WITA

Mati Suri, Ratusan Ormas Bakal Diverifikasi

Sekretaris Badan Kesbangpol Barito Utara, Hotni Ida Nababan Didampingi Kabid saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto-apahabar.com/Nasution

apahabar.com, MUARA TEWEH – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Barito Utara, Kalimantan Tengah bergerak menyikapi banyaknya organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dinilai mati suri.

Rencananya Kesbangpol Barito Utara segera melakukan verifikasi. Kabarnya ada 251 ormas di Barito Utara yang terkesan mati suri.

Kepala Badan Kesbangpol Barito Utara Drs Umar Langkap melalui Sekretaris Kesbangpol Hotni Ida Nababan mengakui ada ratusan ormas di Barito Utara yang terkesan mati suri. Itu karena tidak ada laporan ormas pada akhir tahun ke Kesbangpol Barito Utara.

Padahal ormas perlu lapor ke Kesbangpol untuk mendapatkan surat keterangan terdaftar untuk membangun sistem tata organisasi yang baik, sehat, mandiri, profesional, transparan dan akuntabel sesuai prinsip demokrasi.

Kemudian pula dengan adanya pelaporan ke Kesbangpol maka ini sesuai dengan amar putusan Mahkamah  Konstitusi  nomor 82/PUU-XI/2013, Ormas yang tidak mendaftarkan diri pada instansi pemerintah yang berwenang tidak mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

Ida Nababan menambahkan,  manfaat lain yang didapatkan ormas yang melaporkan atau mendaftarkan dirinya ke Kesbangpol, dapat melakukan kerja sama dengan pemerintah dalam bentuk berbagai macam kegiatan. Berhak mendapatkan fasilitas anggaran kegiatan. Mendapatkan pembinaan dan dukungan kelancaran kegiatan sesuai dengan Permendagri nomor 58 tahun 2017.

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, maka tentunya ada tahapan yang harus dilakukan. Itu hanya bisa bisa ormas itu mendaftar diri ke instansi pemerintah.

“Atas dasar beberapa hal tersebut maka Kesbangpol akan segera memverifikasi sejumlah ormas yang ada di Kabupaten Barito Utara, ” kata Ida Nababan.

Disampaikannya, kedepan ormas harus membuat atau memperbaharui surat keterangan terdaftar melalui Kemendagri. Sementara daerah hanya bisa membantu memfasilitasi saja.

Memang tidak ada keharusan bagi ormas mendaftarkan diri ke pemerintah. Tentu kalau tak terdaftar tidak berhak mendapatkan fasilitas dan pembinaan dari pemerintah.

Baca Juga: Desa Sentra Pertanian di Barut Keluhkan Jalan Penghubung

Baca Juga: Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa di Barut, Ini Kata Inspektorat 

Baca Juga: Menunggak Pembayaran ke RSUD, DPRD Barut Akan Panggil BPJS

Baca Juga: Pengunjung Pameran Buku di Barut Didominasi Anak dan Remaja

Reporter:  AHC17
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kabar Bahagia, Balita di Kalteng Sembuh Covid-19

Kalteng

Dinas Perikanan Kapuas Salurkan Belasan Ribu Benih Ikan Patin untuk Pembudidaya
Baksos Kejari Barut

Kalteng

Baksos Kejari Barut-Kodim 1013/Mtw, Bagi Sembako ke Masyarakat Terdampak Banjir
Kadishub Kapuas

Kalteng

Banyak Desa Usulkan Pembangunan PJU, Begini Tanggapan Kadishub Kapuas

Kalteng

Sejumlah Desa di Kapuas Barat Laksanakan Pemilihan BPD

Kalteng

Banjir Pulang Pisau: Lalu Lintas Lumpuh di Penda Barania-Bukit Rawi Capai 4 Kilometer
Bukit Rawi Kalteng

Kalteng

Banjir Gelombang Kedua di Bukit Rawi Kalteng, Lalu Lintas & Proyek Jembatan Terganggu
Operator Desa

Kalteng

Operator Desa di Kapuas Belajar System Informasi Kesejahteraan Sosial
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com