apahabar.com
Bakal Calon Wali Kota Banjarmasin, H. Muhaimin mengambil formulir pendaftaran di kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Banjarmasin, Selasa pagi. Foto-apahabar.com/Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Bakal Calon Wali Kota Banjarmasin, H. Muhaimin mengambil formulir pendaftaran di kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Banjarmasin.

“Ini sesuai dengan persyaratan dari PDI Perjuangan, apabila yang ingin mencalonkan diri, baik sebagai wali kota maupun wakil wali kota harus mengambil formulir pendaftaran terlebih dahulu,” ucap Muhaimin kepada apahabar.com, Selasa (10/09) pagi.

Paling lambat pada 20 September 2019 nanti, dirinya berencana mengembalikan formulir pendaftaran.

“Kalau hari ini saya secara resmi mengambil formulir pendaftaran sebagai Bakal Calon Wali Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Ia pun akan menunggu berkas yang diajukan DPD kepada DPP PDI Perjuangan. Selanjutnya, akan dihelat fit and proper test terhadap bakal calon.

“Maksimal dua orang bakal calon yang dipilih untuk dilaksanakan fit and proper test,” beber ketua DPC PDI Perjuangan Banjarmasin ini.

Bekas Wakil Ketua DPRD Kalsel ini mengklaim telah menjalin komunikasi politik dengan tokoh dan partai lain terkait Pilwali Banjarmasin 2020 nanti.

“Insyaallah, sudah ada beberapa partai politik yang siap bersama-sama untuk pencalonan di Pilwali ini,” ungkapnya.

Ia optimistis mampu meraih dukungan lebih dari 9 kursi DPRD Banjarmasin di Pilwali 2020 mendatang. Dirinya juga telah menyampaikan garis besar keinginan untuk maju sebagai wali kota Banjarmasin.

Bahkan, secara internal, ia telah berbicara langsung dengan Ketua DPD PDI Perjuangan Kalsel, Mardani H Maming terkait pencalonan di Pilwali 2020 mendatang.

“Selanjutnya, akan kita laksanakan sesuai dengan ketentuan partai. Kita harus mendaftar sebagai bakal calon. Hasilkan akan kita serahkan sepenuhnya kepada DPP PDIP,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Banjarmasin, Tugiatno mengatakan H. Muhaimin merupakan orang ketiga yang mengambil formulir di DPC PDIP Banjarmasin.

Yakni setelah, Wakil Wali Kota Banjarmasin, Hermansyah dan salah seorang warga, Eddy Kurniawan.

“Kita akan terus membuka kesempatan bagi seluruh lapisan masyarakat yang memiliki potensi. Yang menentukan nanti DPP PDI Perjuangan, bukan dari kami,” pungkasnya.

Baca Juga: Pertama Ambil Blangko PDIP, Hermansyah Siap Maju Pilwali Banjarmasin

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, M Yamin Galau Maju Pilwali

Baca Juga: Pilwali Banjarbaru, Ovi dan Jaya Menunggu Restu DPP PPP

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah