Rumah Sakit TPT Banjarmasin Dihebohkan Si Jago Merah, Pasien Dilanda Kepanikan Waspada, Jaringan Narkotika Incar Pasar di IKN Nusantara & Daerah Penyangga 9 Bulan PDPB, KPUD Tabalong Temukan Ribuan Pemilih Ganda Guru Bakhiet Doakan Prabowo Presiden 2024, Gerindra Tangkis Tudingan Warganet Di Tengah Kekhawatiran Pasokan, Harga Minyak Dunia Kembali Naik

Mendikbud Sebut tak Ada Sanksi Pelajar Ikut Demo

- Apahabar.com     Sabtu, 28 September 2019 - 05:27 WITA

Mendikbud Sebut tak Ada Sanksi Pelajar Ikut Demo

Puluhan pelajar SMK asal Purwakarta, diamankan petugas saat menaiki kereta KRD di Stasiun Purwakarta, Jumat (27/9). Kuat dugaan, pelajar ini hendak bergabung mengikuti demo di Jakarta. Foto-Republika

apahabar.com, JAKARTA – Pelajar ikut demo tak luput dari perhatian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Ia menegaskan tidak akan memberikan sanksi pada pelajar yang ikut aksi unjuk rasa atau demo Rabu (25/9) lalu. Hal itu disampaikan saat menjenguk sejumlah korban kericuhan unjuk rasa yang masih berstatus siswa SMP dan SMK.

“Pendidikan tidak main sanksi, kalau pemberian sanksi namanya bukan pendidikan,” ujar Mendikbud usai menjenguk siswa korban unjuk rasa di RSAL Dr Mintohardjo.

Meski demikian, Mendikbud meminta para guru, kepala sekolah, dan orang tua untuk lebih waspada dan hati-hati. Ia tak ingin mereka sampai tidak tahu keberadaan anak-anak.

Mendikbud menanyakan pada siswa yang dirawat mengenai kondisi mereka dan kronologi mereka bisa ikut dalam aksi yang melibatkan siswa SMA/SMK se-Jabodetabek tersebut. Seorang siswa SMK Yapimda Jakarta, FA, mengatakan ikut demo karena adanya ajakan dari akun media sosial Instagram untuk datang ke gedung DPR dalam rangka deklarasi pelajar se-Jabodetabek.

FA mengatakan, ia dan teman-temannya berangkat ke DPR tanpa seizin dari guru. Ia berangkat dengan menggunakan transportasi umum untuk ikut aksi unjuk rasa.

Seorang siswa lainnya yang masih dirawat ialah pelajar SMPN 242 Jakarta, AB. Dia mengaku diajak teman untuk ikut aksi unjuk rasa tanpa mengetahui subtansi dari demo itu sendiri. AB mengaku hanya ikut-ikutan saja dalam mengikuti aksi unjuk rasa itu.

Baca Juga: Terkait Papua, Polisi Tetapkan Dandhy Tersangka UU ITE

Baca Juga: Selesai Diperiksa, Ananda Badudu Menangis Lihat Mahasiswa

Sumber: Republika
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

RUU IKN

Nasional

Rencana Pemindahan Berlanjut, Surpres Terkait RUU IKN Kini Sudah Sampai ke DPR
Syekh Ali Jaber

Nasional

Sebelum Meninggal, Syekh Ali Jaber Ingin Dimakamkan di Lombok
gempa

Nasional

Korban Tewas Gempa Sulbar Bertambah Jadi 90 Orang
Luhut Binsar Pandjaitan

Nasional

PPKM Darurat, Banyak Zona Hitam di Jatim dan Bali

Nasional

Ketua KPK RI akan Hadiri Pelantikan JMSI Aceh
apahabar.com

Nasional

Cegah Penyebaran Covid-19, Meja Tamu Jokowi Dipasang Pembatas Kaca
ASEAN-Jepang

Nasional

Presiden Jokowi Dorong Kerja Sama Infrastruktur ASEAN-Jepang Terus Berlanjut
apahabar.com

Nasional

Pencarian Dua Korban Tenggelam di Sungai Tapin Dihentikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com