Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Operasi Pasar Pemprov Kalsel, 1 Ekor Ayam Dijual Rp 25 Ribu

- Apahabar.com Minggu, 1 September 2019 - 15:51 WIB

Operasi Pasar Pemprov Kalsel, 1 Ekor Ayam Dijual Rp 25 Ribu

Dinas Perdagangan Kalsel dan Dinas Perkebunan Peternakan Kalsel bekerja sama dengan Pinsar (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat) menggelar operasi pasar khusus ayam boiler. Foto- apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Menanggulangi permasalahan over produksi serta menekan angka kerugian tingkat peternak, pemerintah daerah melalui Dinas Perdagangan Kalsel dan Dinas Perkebunan Peternakan Kalsel bekerja sama dengan Pinsar (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat) menggelar operasi pasar khusus ayam boiler.

Ada beberapa titik lokasi pelaksanaan meliputi Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Tanah Laut. Kali ini, 6 ribu ekor ayam boiler siap dibawa pulang oleh warga sekitar Kelurahan Kertak Baru Ulu Kecamatan Banjarmasin Tengah.

“Hari ini kita targetkan 6 ribu ekor. Seharusnya dilakukan di Siring, tetapi karena ada kegiatan di sana jadi kita pindah ke sini. Alhamdulillah, masyarakat antusias dengan operasi pasar ini,” ucap Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Kalsel, Dina Aulia Mangkusari disela kegiatan, Minggu (1/9) siang.

apahabar.com


Kabid Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Kalsel, Dina Aulia Mangkusari. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Bermula dari keresahan para peternak akan overproduksi hasil ternak, kemudian pemerintah selaku pemangku jabatan lewat rapat koordinasi memutuskan untuk menggelar operasi pasar. Harga yang dipatok yaitu sebesar Rp 25 ribu per ekornya.

“Karena di pasaran harga memang tidak terjangkau, bisa sampai 40-45 ribu. Sekarang dengan harga yang murah bisa menjangkau seluruhnya,” paparnya

Tidak ada batasan dalam pembelian, namun untuk gelaran kali ini panitia telah membagikan kupon yang berlaku untuk pembelian 4 ekor ayam per orangnya. Ini dilakukan untuk mencegah kecurangan dan agar pembagian lebih merata.

“Kalau kemarin sempat miss communication. Jadi diatur supaya jumlah pengeluaran dan pendapatan bisa sesuai, makanya memakai kupon agar lebih tertib,” jelasnya.

Masyarakat ujarnya dapat mengambil keuntungan dalam operasi pasar kali ini. Khususnya para pedagang atau pelaku usaha makanan dapat menggunakan Ayam tadi untuk dijual kembali.

“Siapapun bisa membeli. Mereka akan diuntungkan karena bisa menjual banyak dengan harga yang lebih murah. Tapi kita berharap para pedagang bisa menyesuaikan kegiatan ini,” sebutnya

Tahapan pertama operasi pasar akan dilaksanakan sampai 3 September nanti. Namun apabila overproduksi masih terjadi, pihaknya akan menggelar kembali operasi pasar di wilayah lainnya.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Gerindra Berkoalisi dengan Pemerintah? DPD Gerindra Kalsel: Masih Menunggu
apahabar.com

Kalsel

Mamair di Martapura, Ribuan Pemancing Rebutkan Piala Paman Birin Cup
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Tanah Bumbu: Satu Pasien Sembuh asal Satui
apahabar.com

Kalsel

Bulan Depan, Gedung Baru UPT Instalasi Farmasi Banjar Resmi Beroperasi
apahabar.com

Kalsel

Dilanda Kabut Asap, Pemkab HST Imbau Warga Pakai Masker
apahabar.com

Kalsel

Sapa Sungai Dua, Program Kesehatan Gratis SHM-MAR Disambut Antusias Warga
apahabar.com

Kalsel

Booming Bersepeda, Pemkot Banjarmasin Bikin Jalur Khusus

Borneo

Jadi Kurir Sabu, Kakek Terancam Mendekam Lama di Penjara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com