apahabar.com
Mobil yang mengangkut jenazah BJ Habibie. Foto-Detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Jenazah Presiden ke-3 RI BJ Habibie akhirnya diserahkan keluarga ke pemerintah untuk dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Penyerahan dilangsungkan di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/09).

Di sisi lain, sejumlah warga telah menanti proses pemakaman Bapak Dirgantara Indonesia itu di TMP Kalibata. Panas terik matahari di sana tak menyurutkan niatan mereka.

Pantauan Antara, warga tampak memadati area TMPNU Kalibata. Mereka berjejal menunggu di luar area pemakaman, sampai pinggir jalan dan titik-titik lainnya.

Sebagian besar dari mereka datang dari Bekasi, Tanggerang, dan Bogor.

Untuk menghindari panas, sebagian warga memilih berlindung di bawah pohon di sepanjang. Ada yang memakai topi dan payung. Sebagian lainnya memilih berada di Pos Pengamanan.

apahabar.com
Warga berpayung menyaksikan persiapan pemakaman presiden ketiga RI B.J. Habibie di TMPNU Kalibata, Jakarta Selatan. Foto-Antara

“Panas-panas,” kata salah seorang warga yang tiba di TMPNU Kalibata mencari tempat berteduh di pos keamanan.

Rina (45) warga Pasar Minggu yang rela bolos masuk kerja demi menyaksikan pemakaman Habibie. Dia juga tidak mempermasalahkan panasnya hari ini.

Hingga berita ini diturunkan pukul 12.24 WIB, pantauan udara melalui aplikasi android menunjukkan suhu udara di wilayah Kalibata mencapai 32 derajat Celsius.w

Baca Juga: BJ Habibie Pergi, Wali Kota Banjarmasin Ikut Berduka

Baca Juga: BJ Habibie Wafat, Bupati HST Serukan Pengibaran Bendera Setengah Tiang

Baca Juga: BJ Habibie Wafat, Mensesneg Nyatakan Berkabung Nasional 3 Hari

Editor: Fariz Fadhillah