Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Pecinta Lingkungan Ajak Perusahaan Besar Hijaukan Hutan

- Apahabar.com Kamis, 5 September 2019 - 06:30 WIB

Pecinta Lingkungan Ajak Perusahaan Besar Hijaukan Hutan

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menanam 10.000 bibit pohon lokal dan berbagai pohon buah-buahan lokal di area seluas 20 ha di Desa Teluk Rimba, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau. Foto-Liputan6.com

apahabar.com, JAKARTA – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berkolaborasi dengan beberapa komunitas pecinta lingkungan seperti International Tropical Timber Organization (ITTO) dan Belantara Foundation.

Mereka menanam 10.000 bibit pohon lokal di Kabupaten Siak, Riau. Itu dilakukan untuk mendukung perlindungan dan restorasi hutan di Indonesia.

Seorang pecinta lingkungan asal Jepang yang juga Direktur Eksekutif Great Forest Wall Project Makoto Nikkawa mengatakan, dirinya telah banyak mengajak komunitas lokal di Negeri Matahari Terbit untuk melakukan penghijauan.

“Dari situ belajarnya melibatkan local community itu musti kerja sama. Jadi komoditas lokal juga merasa ini berguna dan sama-sama bisa menikmati hasilnya,” ujar dia.

Guna mempermudah proses pelestarian alam, ia juga banyak mengajak perusahaan-perusahaan besar untuk ikut membantu. Dia menyebutkan, ada beberapa korporasi besar asal Jepang yang telah berpartisipasi, seperti Mitsubishi Motor dan Mitsukoshi Departement Store.

“Jadi perusahaan-perusahaan besar itu harus punya nilai yang sama. Jadi jangan lihat sebagai komersial, harus punya tujuan yang sama jadi kerjasama ini bisa dikembangkan,” imbuhnya.

Tak hanya hanya korporasi besar, media Jepang The Nikkei hingga perusahaan Indonesia seperti APP Sinar Mas dan Garuda Indonesia juga turut ikut serta menjadi relawan.

“Kalau di sini karena APP inisiatif, jadi kita kerjasamanya dengan pemerintah lokal, masyarakat lokal sini. Lalu volunteer-nya ada dari macam-macam background, seperti media besar asal Jepang Nikkei,” tuturnya.

“Garuda Indonesia juga ikut serta, karena kita ke Tokyo pakai Garuda. Mungkin di masa depan akan lebih banyak lagi (yang berpartisipasi dalam penghijauan hutan),” dia menandaskan.

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas kembali berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia, International Tropical Timber Organization (ITTO), Belantara Foundation, perwakilan bisnis dari Jepang dan Indonesia, dan masyarakat setempat untuk menanam 10.000 bibit pohon lokal dan berbagai pohon buah-buahan lokal di area seluas 20 ha di Desa Teluk Rimba, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau.

Inisiatif penanaman pohon tahunan yang telah berjalan untuk keenam kalinya ini merupakan salah satu wujud komitmen APP Sinar Mas untuk mendukung perlindungan dan restorasi hutan di Indonesia.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, Teluk Balikpapan Kian Terancam

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan Veronica Tersangka Hoaks Asrama Mahasiswa Papua

Sumber: Liputan6.com
Editor Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

2.000 Atlet Ikuti Kejurnas Pencak Silat JSOC 2019
apahabar.com

Nasional

Kominfo Luncurkan Prangko Seri Jokowi dan Ma’ruf Amin
apahabar.com

Nasional

Jalan Rusak di Kabupaten OKU yang Viral Mulai Diperbaiki
apahabar.com

Nasional

Soal CVR Lion Air, KNKT: Ada Kepanikan tapi Tak Ada Teriakan Allahu Akbar
apahabar.com

Nasional

Dokumen Tak Lengkap, 8 Mobil Mewah Disita Polisi
apahabar.com

Nasional

Kawal Pelantikan Jokowi, Petugas Keamanan MPR Dibayar Berapa?
apahabar.com

Nasional

Baku Tembak dengan Polisi, Seorang Bandar Narkoba Akhirnya Tewas
apahabar.com

Nasional

Virus Cacar Monyet Bikin Geger Singapura, Berikut Gejalanya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com