apahabar.com
Salah satu even nasional yang sempat digelar di Kalsel, Haornas ke-36. Foto-dok.

apahabar.com, BANJARBARU – Kalimantan Selatan kembali dipercaya jadi tuan rumah even nasional. Kali ini berupa Pekan Kerja Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mentan (PKN GNRM).

Acara dihelat di Banjarmasin, mulai 19 hingga 21 September mendatang. “Acara puncak di pusat kan di kawasan perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru” ujar Kepala Bidang Bina Ideologi Kesbangpol Kalimantan Selatan, Riza kepada apahabar.com, Sabtu (14/09).

Namun, menurutnya untuk rangkaian kegiatan rembuk nasional sudah dipastikan akan ada di beberapa hotel.

Seperti Hotel rattan inn Banjarmasin (Kemendagri), Hotel g-sign (Kemenko Polhukam), Hotel Dafam Banjarbaru (Kemenpan), Novotel (Kemenko perekonomian)

“Rembuk nasional yang di selenggarakan oleh kementrian terkait di empat hotel. Serentak pada tanggal 20 September 2019,” ungkapnya.

Sementara puncak dan rangkaian kegiatan lainnya berupa pameran budaya dan gelar panggung seni budaya merah putih nusantara dilaksanakan di Banjarbaru. Tepatnya di area perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Selama 19 sampai 21 September ada pameran, gelar kesenian, kemudian penutupan pada tanggal 21 September ada karnaval budaya nusantara di kawasan perkantoran pemprov Kalsel di Banjarbaru” lanjutnya.

Di luar itu, Kementerian Dalam Negeri akan menggelar workshop media sosial, pemutaran film dan talkshow. Acara itu dihelat di gedung Idham Chalid, Kantor Gubernuran di Banjarmasin, 20 September.

Menariknya, workshop tersebut akan dimeriahkan pula oleh beberapa artis papan atas. “Kepastian artis yang di hadirkan saya belum konfirmasi. Tetapi berdasarkan TOR kegiatan yang disampaikan, pada kegiatan yang akan dihadiri para pelajar ini rencananya akan dihadirkan Adisty Zara (aktris) atau Yandy Laurens (sutradara)” ungkapnya.

Panitia PKN GNRM sendiri akan mengundang sejumlah menteri dan tokoh hebat. Seperti Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Seperti diketahui, sebelumnya perhelatan skala nasional sudah digelar di Kalsel. Seperti puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 2019. Festival Ekonomi Syariah Kawasan Indonesia Timur 2019 yang saat ini masih berlangsung. Sebelum itu, perhelatan Hari Keluarga Berencana Nasional (Harganas) 2019 juga di Kalsel.

Baca Juga: Puncak Haornas ke-36, Bukti Gerakan Olahraga Sudah Masif di Banjarmasin

Baca Juga: Haornas 2019: Tembus Kancah Internasional, Esport Kalsel Wajib Didukung

Baca Juga: Peringati Haornas, Ratusan Warga Tanbu Ikut Jalan Santai

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin