Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu

Pemindahan Ibu Kota Negara, Inkindo Imbau Pemerintah Tekan Biaya

- Apahabar.com Senin, 2 September 2019 - 06:30 WIB

Pemindahan Ibu Kota Negara, Inkindo Imbau Pemerintah Tekan Biaya

Ibu Kota Negara (IKN) yang baru memvisualkan; Simbol Identitas Negara dilengkapi Monumen Pancasila. Foto - Bahan Paparan Menteri PUPR

apahabar.com, JAKARTA – Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) diminta pemerintah menekan pembiayaan yang akan dikeluarkan dalam pemindahan ibu kota negara.

“Caranya bisa dikreasi mengombinasikan pembiayaan APBN dengan pembiayaan BUMN maupun swasta,” kata Ketua Umum Inkindo, Peter Frans di Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu (01/09).

Menurut Peter, skema kerja sama dapat dikreasi dan diinisiasi melalui platform optimalisasi dan bukan minimisasi atau bahkan maksimalisasi.

“Bagaimanapun, minimalisasi pembiayaan oleh APBN di satu sisi memang banyak membawa manfaat bagi publik, namun dalam pelaksanaannya akan banyak kekurangan,” katanya.

Demikian juga kalau maksimalisasi pembiayaan oleh nonpemerintah akan berpotensi menimbulkan peningkatan komersialisasi di setiap komponen kota secara signifikan.

Menurut Peter, bila platformnya berbasis ekonomi dan industrialisasi, maka dapat menggeser fungsi ibu kota negara yang awalnya di desain sebagai kota pemerintah, pada akhirnya menjadi kota bisnis.

Pada gilirannya akan membawa dampak terulangnya masalah seperti Jakarta (fenomena Jakartanisasi).

“Penciptaan komposisi pembiayaan pembangunan ibu kota negara yang ideal adalah pekerjaan rumah yang harus dipikirkan oleh pemerintah,” ujar Peter.

Peter juga berpendapat pemindahan ibu kota negara sebaiknya tidak dikaitkan dengan agenda untuk mengatasi ketidakseimbangan antara barat dan timur Indonesia, baik dari perspektif ekonomi atau sering dikatakan sebagai skenario pemerataan pembangunan nasional.

“Hal ini karena untuk kebutuhan pemerataan pembangunan melalui pertumbuhan ekonomi diperlukan mobilisasi sumber-sumber daya ekonomi, yang tidak mungkin dilakukan secara bersamaan dengan skenario pemindahan ibu kota negara,” ujarnya.

Peter menjelaskan, target utama pemindahan ibu kota negara sebaiknya terfokus pada pemilihan atau penentuan kawasan terpilih, pembangunan kota baru serta pengembangan kegiatan pemerintahan termasuk kegiatan-kegiatan penopangnya.

Peter juga menjelaskan pentingnya pengendalian dan pengaturan yang ketat tata ruang di ibu kota negara nantinya. Berarti semua kegiatan bisnis komersial harus benar-benar dirancang untuk melayani pusat pemerintah dan pendukungnya.

Pemindahan ibu kota negara juga harus memasukkan kriteria kota modern yang smart, green dan forestry berikut sarana dan prasarana pendukungnya serta harus menjadi ikon Indonesia baru yang beragam dari Aceh sampai Papua.

“Memindahkan ibu kota negara juga memindahkan peradaban termasuk dengan segala aspek ikutannya. Ini semua harus dimasukkan ke dalam biaya,” ujar Peter.

Baca Juga: Kaltim Jadi Ibu Kota, Tabalong dan Kotabaru Disapkan Jadi Pusat Industri

Baca Juga: Tujuh Perusahaan Swasta yang Kelola Lahan Negara di Penajam

Baca Juga: Jadi Ibu Kota, Wagub Harap Uang dari Pusat Banyak Masuk ke Kaltim

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dalam Sehari Tercatat 10.633 Kasus Baru Covid-19 di Rusia
apahabar.com

Nasional

5 Syarat Peserta CPNS
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Tetapkan Tambahan 4 Hari libur Cuti Bersama 2020
apahabar.com

Nasional

Tradisi Rutin Jelang Ramadan, Megawati Ziarah Makam Bung Karno
apahabar.com

Nasional

KKP Tangkap 3 Kapal Vietnam Pencuri Ikan di Natuna
apahabar.com

Nasional

Tsunami di Selat Sunda Fenomena Langka
apahabar.com

Nasional

Alasan Polisi Masih Tahan Lucinta Luna di Sel Khusus
apahabar.com

Nasional

Viral, Deretan Poster Satire Banjiri Demo Depan DPRD Kalsel!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com