Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Pemkab HSS Kejar Target Capaian Imunisasi

- Apahabar.com Selasa, 10 September 2019 - 13:19 WIB

Pemkab HSS Kejar Target Capaian Imunisasi

Dinas Kesehatan HSS menggelar Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Lanjutan Booster, Selasa (10/9/2019). Foto-istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Dasar Lengkap serta Imunisasi Lanjutan Booster. Kegiatan itu dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan HSS, Selasa (10/9/2019).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Hj. Hanti Wahyuningsih, dalam laporannya mengungkapkan pertemuan itu merupakan upaya pemerintah daerah bersama masyarakat untuk meningkatkan capaian imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan di Kabupaten HSS.

Kegiatan itu juga dilatarbelakangi karena capaian pemberian imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan di Kabupaten HSS masih di bawah target yang ditentukan Kementerian Kesehatan RI.

“Demikian juga untuk cakupan desa yang imunisasi dasarnya lebih dari 80%, belum menyeluruh. Di lain pihak, penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi masih menjadi masalah kesehatan masyarakat,” katanya.

Kepala Bidang Farmasi dan SDK Dinas Kesehatan Kalsel, Drs. H. Ahmad Yani, menjelaskan imunisasi merupakan upaya untuk mencegah penularan berbagai penyakit. Hingga saat ini, berbagai komitmen telah dijalankan pemerintah kabupaten/kota dalam menggalakkan program imunisasi.

“Apapun program yang dijalankan hendaknya didukung dengan sumber daya tenaga kesehatan yang memadai agar target dapat tercapai,” katanya.

Bupati HSS, Drs. H. Achmad Fikry, sesaat sebelum membuka kegiatan tersebut menyatakan program imunisasi harus dikawal sejak dini. Meskipun imunisasi bukan hal yang baru, tetapi pemerintah harus terus memberikan pemahaman tentang imunisasi kepada masyarakat.

“Insya Allah di HSS dukungan stakeholder cukup tinggi terhadap imunisasi,” ujarnya.

H. Achmad Fikry menilai ujung tombak kesehatan dasar masyarakat ada di posyandu. Karenanya, ia meminta peran posyandu dapat ditingkatkan untuk imunisasi dasar.

Bupati juga mengapresiasi kegiatan di beberapa posyandu yang mendatangi ke rumah-rumah warga untuk melakukan kegiatan imunisasi. Setelah pertemuan advokasi dan sosialisasi imunisasi dasar lengkap dan imunisasi lanjutan booster ini, ia mengharapkan ada input tentang imunisasi di HSS.

“Hasil pertemuan ini bisa jadi input bagi kami sebagai penentu kebijakan daerah,” ujar Bupati.

Hadir dalam kegiatan tersebut, peserta sosialisasi yang terdiri dari SKPD terkait, perwakilan TP PKK, perwakilan MUI Kabupaten HSS, para camat se Kabupaten HSS, Kepala Puskesmas, Koordinator Imunisasi Puskesmas, dan Lintas Program Dinas Kesehatan.

Baca Juga: Dukungan MUI Diakui Meningkatkan Pelaksanaan Imunisasi Vaksin MR di HSS

Baca Juga: Imunisasi MR Dilanjutkan, Kalsel Sudah Capai 60 Persen

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Pemerintah dan Masyarakat HSS Suplai Bantuan Ke Pulau Sebuku
apahabar.com

HSS

Kembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Muda Banua, Pemkab HSS Gelar Parade Live Music Akustik
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Bangun Tugu Longa Manis Ikon Desa Longawang
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gelar Bimtek Adipura Tahap 1
apahabar.com

HSS

Diminta Jaga PKP2B, PT AGM Komitmen Tertibkan Peti
apahabar.com

HSS

Peringatan Harjad Kalsel, HSS Tuan Rumah ‘Gubernur Menyapa’  
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Sediakan Lahan 5 Hektar untuk Rutan Baru
apahabar.com

HSS

Sempat Tertunda karena Ibadah Haji, Anggota DPRD HSS Terpilih Diambil Sumpah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com