PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus Jelang Piala AFF 2021, Evan Dimas Tetap Kapten Timnas Indonesia

Pemkab HSS Kejar Target Capaian Imunisasi

- Apahabar.com     Selasa, 10 September 2019 - 13:19 WITA

Pemkab HSS Kejar Target Capaian Imunisasi

Dinas Kesehatan HSS menggelar Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Lanjutan Booster, Selasa (10/9/2019). Foto-istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Advokasi dan Sosialisasi Imunisasi Dasar Lengkap serta Imunisasi Lanjutan Booster. Kegiatan itu dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan HSS, Selasa (10/9/2019).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Hj. Hanti Wahyuningsih, dalam laporannya mengungkapkan pertemuan itu merupakan upaya pemerintah daerah bersama masyarakat untuk meningkatkan capaian imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan di Kabupaten HSS.

Kegiatan itu juga dilatarbelakangi karena capaian pemberian imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan di Kabupaten HSS masih di bawah target yang ditentukan Kementerian Kesehatan RI.

“Demikian juga untuk cakupan desa yang imunisasi dasarnya lebih dari 80%, belum menyeluruh. Di lain pihak, penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi masih menjadi masalah kesehatan masyarakat,” katanya.

Kepala Bidang Farmasi dan SDK Dinas Kesehatan Kalsel, Drs. H. Ahmad Yani, menjelaskan imunisasi merupakan upaya untuk mencegah penularan berbagai penyakit. Hingga saat ini, berbagai komitmen telah dijalankan pemerintah kabupaten/kota dalam menggalakkan program imunisasi.

“Apapun program yang dijalankan hendaknya didukung dengan sumber daya tenaga kesehatan yang memadai agar target dapat tercapai,” katanya.

Bupati HSS, Drs. H. Achmad Fikry, sesaat sebelum membuka kegiatan tersebut menyatakan program imunisasi harus dikawal sejak dini. Meskipun imunisasi bukan hal yang baru, tetapi pemerintah harus terus memberikan pemahaman tentang imunisasi kepada masyarakat.

“Insya Allah di HSS dukungan stakeholder cukup tinggi terhadap imunisasi,” ujarnya.

H. Achmad Fikry menilai ujung tombak kesehatan dasar masyarakat ada di posyandu. Karenanya, ia meminta peran posyandu dapat ditingkatkan untuk imunisasi dasar.

Bupati juga mengapresiasi kegiatan di beberapa posyandu yang mendatangi ke rumah-rumah warga untuk melakukan kegiatan imunisasi. Setelah pertemuan advokasi dan sosialisasi imunisasi dasar lengkap dan imunisasi lanjutan booster ini, ia mengharapkan ada input tentang imunisasi di HSS.

“Hasil pertemuan ini bisa jadi input bagi kami sebagai penentu kebijakan daerah,” ujar Bupati.

Hadir dalam kegiatan tersebut, peserta sosialisasi yang terdiri dari SKPD terkait, perwakilan TP PKK, perwakilan MUI Kabupaten HSS, para camat se Kabupaten HSS, Kepala Puskesmas, Koordinator Imunisasi Puskesmas, dan Lintas Program Dinas Kesehatan.

Baca Juga: Dukungan MUI Diakui Meningkatkan Pelaksanaan Imunisasi Vaksin MR di HSS

Baca Juga: Imunisasi MR Dilanjutkan, Kalsel Sudah Capai 60 Persen

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Safari Rajab Bupati HSS
apahabar.com

HSS

Khataman Al Quran ASN Kecamatan Simpur, Tradisi Baca Ayat Suci Sebelum Bekerja Minimal 5 Menit di HSS

HSS

Kebakaran Dini Hari Tadi, 3 Rumah di Longawang HSS Ludes
Kandangan

HSS

PPKM III Diperpanjang, Satgas Covid-19 HSS Merancang PTM Kembali
apahabar.com

HSS

Gelar Rakor Bulan September, Pemkab HSS Bahas Banyak Isu
H Achmad Fikry Serahkan Bantuan Ambulan Masjid Assa'adah Taniran Kubah

HSS

H Achmad Fikry Serahkan Bantuan Ambulan Masjid Assa’adah Taniran Kubah
apahabar.com

HSS

Tingkatkan Pelayanan Dinas PMPTSP Sediakan Fasilitas Ruang Bermain Anak
HSS

HSS

TP PKK Beri Ratusan Sembako Warga Terdampak Banjir di 2 Kecamatan HSS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com