Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Pemprov Kalteng Imbau Kepala Daerah Tak Bepergian Selama Kabut Asap

- Apahabar.com Kamis, 19 September 2019 - 06:30 WIB

Pemprov Kalteng Imbau Kepala Daerah Tak Bepergian Selama Kabut Asap

Warga berdoa seusai salat Istisqa di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Rabu (18/09). Salat yang dilakukan untuk meminta hujan itu diikuti berbagai kalangan masyarakat agar dapat mengurangi kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap. Foto–Antara/Hafidz Mubarak A

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah baru saja mengeluarkan surat imbauan pencegahan serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) termasuk larangan bagi para kepala daerah bepergian dan perjalanan ke luar daerah masing-masing.

Dalam surat itu, bupati maupun wali kota se-Kalteng serta kepala perangkat daerah di lingkup pemprov, diminta tidak melakukan perjalanan dinas ke luar daerah dan fokus dalam mengupayakan pencegahan serta penanggulangan karhutla.

“Ya surat imbauan itu telah kami terbitkan dan ditujukan bagi bupati, wali kota serta kepala perangkat daerah lingkup pemprov. Juga ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri RI, Ketua DPRD provinsi serta kabupaten dan kota,” kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Rabu (18/09).

Jika berkaitan dengan perjalanan dinas ke luar daerah yang sifatnya mendesak, setiap pejabat yang dimaksud, diminta untuk terlebih dulu meminta persetujuan kepada Gubernur Kalteng.

Surat imbauan itu juga pihaknya terbitkan, setelah memerhatikan keadaan dan kondisi cuaca yang semakin memburuk, maka diperlukan perhatian dan tindakan nyata dari semua pihak.

Dalam surat imbauan itu, juga disebutkan bahwa bupati dan wali kota di Kalteng bertindak sebagai penanggung jawab utama penanggulangan bencana yang terjadi di wilayahnya.

Juga memastikan agar tidak ada lagi terjadinya kebakaran maupun pembakaran hutan, lahan serta pekarangan di wilayahnya masing-masing.

Mereka juga diminta untuk mengeluarkan surat imbauan dan selebaran, bagi pengguna transportasi darat selama musim kemarau untuk tidak merokok saat mengendarai roda dua maupun roda empat atau lebih.

Seluruh pengendara roda dua maupun roda empat diingatkan, tidak merokok selama perjalanan saat musim kemarau. Terlebih membuang puntung rokok sembarangan karena dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran.

Hal ini sengaja ditekankan, sebab pemprov secara serius berupaya mencegah serta menanggulangi karhutla di Kalteng. Sehingga setiap hal atau masalah sekecil apa pun, akan pihaknya perhatikan.

Baca Juga: Buka Akses Transportasi ke Desa, Dishub Kobar Bakal Gandeng Damri

Baca Juga: Kapolres Kobar Pimpin Giat Patroli Malam Karhutla

Baca Juga: Polemik Jatah Solar Bersubsidi, Dewan Barut Janji Panggil Pemilik SPBU dan APMS

Baca Juga: DPRD Barut Usulkan Pimpinan Definitif ke Gubernur

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Kapolres Umumkan 12 Tersangka Penyebab Karhutla di Kobar
apahabar.com

Kalteng

KPU Kapuas Kalteng Sosialisasikan Pendidikan Pemilih
apahabar.com

Kalteng

Polwan Polres Kapuas Sambangi Warga
apahabar.com

Kalteng

Pimpinan Baznas Kalteng Dilantik, Inilah Pesan Gubernur Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Kunjungi Kalteng, Stafsus Kepresidenan Ingin Promosikan Obat Tradisional Lokal
apahabar.com

Kalteng

Angka Kesembuhan Covid-19 di Kalteng Semakin Menggembirakan
apahabar.com

Kalteng

19 Pengendara di Muara Teweh Terjaring Razia
apahabar.com

Kalteng

Klaster Temboro, Kasus Perdana Covid-19 di Sukamara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com