apahabar.com
Petani jagung mengeluh kekeringan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PARINGIN – Musim kemarau membawa dampak besar. Begitu juga dengan sektor pertanian, tak terkecuali di Kabupaten Balangan. Dinas Pertanian Balangan sudah mengantongi laporan resmi dari petani.

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Rizkianor Fauzi mengatakan, sampai saat ini yang sudah melaporkan dari Kecamatan Lampihong 2 kelompok tani, Kecamatan Awayan 1 kelompok serta Kecamatan  Juai ada 1 kelompok.

“Yang jelas permasalahan yang dilaporkan para petani adalah kekeringan, kurangnya pasokan air untuk jenis tanaman jagung dan padi,” ujarnya Rizkianor.

“Secara umum di musim kemarau ini adalah masalah kekeringan dan kami melalui Dinas Pertanian membantu melalui pinjam pakai pompa bagi kelompok tani yang tanamannya kekeringan,” terangnya

Kemudian melalui program APBN juga percepatan tanam padi gora dengan bantuan biaya operasional traktor, biaya operasional pompa dan juga biaya pertemuan kelompok

“Kami mengimbau bagi para petani untuk menghadapi musim kemarau agar selalu menjaga sumber air bertani dengan menggunakan varietas yang memiliki adaptasi terhadap kemarau,” ujar Rizkianor mengingatkan.

“Kemudian apabila memang perlu segera mengairi pertaniannya jangan segan-segan untuk koordinasi ke BPP atau juga Dinas Pertanian. Karena tugas kami memang pelayanan untuk memberikan dukungan dan fasilitas,” pungkasnya.

Baca Juga: Sempat Anjlok, Harga Cabe di Marabahan Bergerak Naik

Baca Juga: Terbiasa Transaksi Syariah, FESyar KTI 2019 Digelar di Banjarmasin

Reporter:  Agus Suhadi.
Editor: Syarif