Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara Cerita Penggali Makam Jenazah Covid-19 di Tabalong: Semangat Kemanusiaan Kalahkan Ketakutan Ramai-Ramai Vaksinasi Massal, HSS Kekurangan Stok Varian Delta Terdeteksi di Kalsel, Pemicu Lonjakan Kasus Juli

PMI Banjar Siagakan Personel Waspadai Karhutla Meluas

- Apahabar.com     Rabu, 11 September 2019 - 06:15 WITA

PMI Banjar Siagakan Personel Waspadai Karhutla Meluas

PMI Banjar terus siaga menghalau meluasnya karhutla. Foto-Antara

apahabar.com, MARTAPURA – Takut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) meluas, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar menyiagakan personelnya.

“Ada beberapa titik yang kami waspadai. Maka dari itu, personel yang kami siagakan ini untuk mempercepat sekaligus membantu tim pemadam lainnya dalam penanggulangan kebakaran ini,” kata Wakil Sekretaris PMI Kabupaten Banjar M Jazuli Rahman.

Selain menyiagakan personel, pihaknya juga menyiapkan truk tangki air, ambulance dan peralatan lainnya.

Tingginya angka kasus karhutla ini karena dalam beberapa bulan terakhir ini wilayah Kabupaten Banjar tidak turun hujan. Sehingga banyak rumput, pepohonan, ranting dan daun kering yang bisa menjadi penyebab membesarnya kebakaran.

Bahkan, saat ini karhutla sudah melebar ke daerah perbatasan sehingga penanganannya harus cepat. Apalagi seperti beberapa waktu lalu, setelah pihaknya dan petugas gabungan lainnya memadamkan karhutla di perbatasan ternyata muncul titik api yang baru sehingga personelnya kembali diterjunkan untuk memadamkan.

“Tidak tertutup kemungkinan ada titik api baru di beberapa lokasi, untuk itu kami imbau personel yang diturunkan untuk melakukan pemadaman agar selalu waspada dan berhati-hati serta saling mengawasi untuk antisipasi adanya relawan yang terluka maupun sesak nafas saat bertugas,” katanya.

Jazuli mengatakan dalam penanganan karhutla ini pihaknya berkoordinasi dengan tim lainnya seperti Team Emergency Banjar Response, Tim Karhutla Polres Banjar, BPBD Kota Banjarbaru, TNI, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Damkar Kota Banjarbaru dan beberapa instansi lainnya.

Tidak hanya itu, secara rutin PMI pun mengimbau kepada warga agar tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan terjadinya karhutla seperti membakar lahan kering, membuang puntung rokok yang baranya masih menyala dan lainnya.

Kepada warga yang ingin bepergian, diimbau agar menggunakan masker dan pihaknya juga telah menyiagakan petugas medis untuk membantu masyarakat seperti sesak nafas maupun harus dievakuasi ke klinik maupun rumah sakit.

Baca Juga: Fraksi PDIP Belum Respon Keinginan Saut Nathan Samosir 

Baca Juga: TRGD Kalsel Deteksi Titik Api di Kesatuan Hidrologis Gambut HSS

Sumber: Antara
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Menjelang Sertijab, Kapolres HST Terima Penghargaan
apahabar.com

Kalsel

Ikan Keramba di Banua Anyar Kena Imbas Intrusi Air Laut, Kerugian Rp 34 Juta
apahabar.com

Kalsel

Sudian Noor Ingin Tanbu Punya Satu Portal Data Akurat

Banjarbaru

Pembalap Liar Bawa Sajam dan Mabuk, Wali Kota Banjarbaru: Tindak Tegas!
HUT Bhayangkara

Kalsel

Peringatan HUT Bhayangkara di Kalsel, Mahasiswa ‘Hadiahi’ Polisi Kartu Merah

Kalsel

Kabar Gembira! Kalsel Peringkat 5 Terendah Kasus Covid-19 di Indonesia
apahabar.com

Kalsel

Ketimbang ‘Dibuang’ ke Pulau Sembilan, Dr Zainal Ngotot Resign
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel Pagi ini: ODP dan PDP Melonjak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com