Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin Menengok Kondisi Pengungsi Banjar di Kota Idaman Banjarbaru

Selama Uji Lab, PT Talenta Diminta Benahi Pengendalian Debu

- Apahabar.com Selasa, 17 September 2019 - 17:12 WIB

Selama Uji Lab, PT Talenta Diminta Benahi Pengendalian Debu

Dermaga stockpile batu bara PT Talenta Bumi yang beroperasi sejak 2013 di Kecamatan Bakumpai. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Terlepas dari apapun hasil pengujian udara, LSM Pusat Pengkajian Pembangunan Daerah menginginkan PT Talenta Bumi tetap melakukan usaha pencegahan penyebaran debu.

Pengujian udara dari dugaan pencemaran yang disebabkan debu dermaga stockpile batu bara Talenta sudah memasuki hari terakhir, Selasa (17/9).

Selanjutnya hasil pengujian yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Selatan itu dianalisis di laboratorium. Diperkirakan analisis data membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua bulan, sebelum kemudian dipaparkan melalui forum terbuka.

Namun selama proses analisis, bukan berarti PT Talenta juga menunggu. Mereka diharapkan tetap melakukan perbaikan-perbaikan penanganan debu.

“Waktu satu atau dua bulan tidak sebentar. Kami berharap kesempatan itu digunakan PT Talenta melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk meminimalisir penyebaran debu,” tegas Ketua LSM LSM Pusat Pengkajian Pembangunan Daerah, H Mahali SH MIP, Selasa (17/9).

“Kami tetap menghormati hak perusahaan untuk dapat beroperasi. Namun di sisi lain, masyarakat juga layak mendapatkan jaminan keamanan dari pengaruh penyebaran debu,” imbuhnya.

Pengujian udara dilakukan di lima titik berbeda di Kecamatan Marabahan. Jarak kelima titik tersebut bervariasi, tetapi hanya berbatasan dengan Sungai Barito.

Adapun titik pengujian diambil dari Desa Rumpiang, Bagus, Baliuk dan Penghulu, serta warga RT 8 hingga RT 13 Kelurahan Marabahan Kota.

“Apapun hasil yang diperoleh dari analisis laboratorium sama-sama harus dihormati. Terlebih mereka yang bekerja mendapatkan data merupakan profesional di bidang itu,” beber Mahali.

Sebelumnya General Operations PT Talenta Bumi, Budi Suhartono, menjanjikan meneruskan teknis penanganan debu yang sudah dilakukan.

“Kemudian kalau terdapat inovasi-inovasi baru yang bisa memaksimalkan penekanan debu, tentunya kami tidak berdiam diri,” tandasnya.

Baca Juga: Terkait Debu PT Talenta, Pengujian Udara Sudah Dilakukan

Baca Juga: Terkait Imbas Debu, PT Talenta Tanggung Biaya Uji Udara

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemenang Lomba Keluarga Sejahtera Diberi Penghargaan
apahabar.com

Kalsel

Warga Kuin Cerucuk Banjarmasin Dibuat Geger, Mayat Berbusana Minim Ditemukan Mengapung
apahabar.com

Kalsel

Wajib Masker di Banjarmasin, Nikah Pakai Syarat Khusus
apahabar.com

Kalsel

Disbunak Gelar Pasar Murah Ayam Potong, Catat Tanggalnya!

Kalsel

Pilwali Banjarmasin, Mahasiswa Sepakat Tolak Politik Uang
apahabar.com

Kalsel

Liputan Demo Anti-Omnibus Law Banjarmasin, Wartawan Kecopetan
apahabar.com

Kalsel

Nobar TKD Kalsel Suguhkan Musik Modern
apahabar.com

Kalsel

Warga Tanah Laut Perhatikan Peringatan BMKG Hari Ini!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com