Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Takut Sial, Pedagang Lakukan Siraman Air Kembang di Lokasi Temuan Mayat

- Apahabar.com Kamis, 19 September 2019 - 16:43 WIB

Takut Sial, Pedagang Lakukan Siraman Air Kembang di Lokasi Temuan Mayat

Sejumlah pedagang melakukan siraman air kembang di atas lapak tempat jasad Rajudin Noor alias Amang Idup (55) pertama kali ditemukan. Foto - apahabar.com/Eddy Andriyanto

apahabar.com, BANJARMASIN – Beberapa pedagang di Pasar Sentra Antasari melakukan siraman air kembang di atas lapak tempat jasad Tajudin Noor alias Amang Idup (55) pertama kali ditemukan. Hal ini menurut mereka dilakukan untuk mengusir sial para pedagang.

Pantauan apahabar.com, sejumlah pedagang baik laki-laki maupun perempuan tanpa dikomando langung mempersiapkan ember berisi air.  Sementara yang lainnya membeli kembang tujuh warna yang biasa untuk ditaburi di pemakanan orang yang baru meninggal dunia.

Sambil mengucapkan sepatah dua kata permohonan untuk buang sial, air kembang tersebut mulai disiram ke atas lapak dagangan tersebut.  Tidak hanya itu, air kembang juga disiramkan ke atas barang dagangan mereka satu persatu.

“Ini sudah adat nenek moyang kita. Ketika ada orang meninggal di tempat kita berjualan. Ya harus disiram pakai air kembang. Agar kesialan tidak menghampiri kami dan juga agar barang dagangan kita tetap laku,” ujar Mardiana (40) pedagang sembako asal Kelayan A itu kepada apahabar.com.

Tidak hanya untuk membuang sial, air kembang tersebut untuk menghormati Amang Idup saat dia masih hidup. “Korban sering bermain ditempat kita. Dia biasanya ada di lantai atas bagian Kasbah. Air kembang ini juga untuk mengusir roh jahat yang ada di sekeliling kita,” ucap wanita asli madura itu.

Sebelumnya, Pengunjung pasar jagung komplek pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Kamis (19/09) siang sekira pukul 14.00 wita digegerkan dengan meninggalnya seorang pria yang belakangan diketahui bernama Tajudin Noor alias Amang Idup (55).

Informasi dihimpun apahabar. com, saat ditemukan, terdapat busa di mulut Amang Idup. Pria itu sebelumnya diketahui jatuh dari atas motor saat akan memasuki halaman parkir pasar jagung.

Korban yang beralamat di Gang Srikandi Jalan Kelayan A, Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan sudah dievakuasi ke kamar mayat RS Ulin Banjarmasin.

Baca Juga: Pasar Sentra Antasari Geger, Seorang Pria Ditemukan Tewas dengan Mulut Berbusa

Baca Juga: Kebakaran di Pelaihari, Kakek Lumpuh Tewas Terpanggang

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update Suasana Jelang Puncak Haul Guru Sekumpul
apahabar.com

Kalsel

Mengintip Mandin Minang, Destinasi Wisata Tersebunyi di Tahura Sultan Adam
apahabar.com

Kalsel

Sambut Kedatangan Panglima TNI dan Irwasum Polri, Kapolda Kalsel Bagikan 750 Paket Sembako
apahabar.com

Kalsel

Total 277 Kasus di Kalsel, 13 Pasien Positif Baru Covid-19 Kondisinya Stabil
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 19 Agustus: 7.363 Positif dan 4.750 sembuh
apahabar.com

Kalsel

Tinjau Pembangunan Asrama Senilai Rp3,8 Milyar, Chairansyah: Saya Minta Tepat Waktu
apahabar.com

Kalsel

Awalnya Iseng, Pasutri Amuntai Ketagihan Edarkan Upal
apahabar.com

Kalsel

Bond, Idola Misterius Warganet Kandangan Kalsel Suguhkan Cerpen Merakyat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com