UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Tandai Kerukunan Beragama, HKBP Borneo Persembahkan Ulos untuk Tokoh Kalsel

- Apahabar.com Senin, 30 September 2019 - 09:38 WIB

Tandai Kerukunan Beragama, HKBP Borneo Persembahkan Ulos untuk Tokoh Kalsel

Pemberian Ulos kepada tamu kehormatan. Dari kiri: Asisten I Bidang Pemerintah Pemprov Kalsel Siswansyah, Ketua sementara DPRD Kalsel periode 2019- 2024 Supian HK, Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir, Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Kolonel Inf Anggara Sitompul. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Indonesia terkenal akan ragam kebudayaan, suku dan agamanya. Karena itu, pemerintah tidak pilih kasih dalam menjaga kerukunan umat beragama untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami selaku pemerintah mengajak untuk memelihara kerukunan umat beragama dan tidak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah saja melainkan memerlukan keterlibatan para tokoh masyarakat, sesepuh dan semua yang ada di Banua,” kata Asisten I Bidang Pemerintah Pemprov Kalsel, Siswansyah di Gedung Wanita, Minggu (29/9/2019).

Mewakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, kedatangan Siswansyah sebagai tamu undangan dalam rangkaian acara Pesta Ulang Tahun ke-13 dan Pesta Pembangunan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Borneo Ressort Banjarmasin Distrik XXVI Borneo.

“Kami pemerintah sangat menghargai dan menghormati keberadaan HKBP yang ada di Kalsel, khususnya di Banjarmasin,” lanjutnya

Lebih lanjut, pemerintah sangat mengharapkan peran para tokoh agama dalam membangun moral masyarakat. Terlebih saat ini, bangsa kita ujarnya sedang diuji dengan berbagai persoalan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan.

“Mari kita sama-sama untuk memperbarahui semangat persaudaraan dan kasih sayang dalam kehidupan. Jadikan agama sebagai pedoman bagi kita untuk bersikap kritis dan positif,” pesannya.

Dalam kesempatan itu pula, HKBP Borneo mempersembahkan kain ulos kepada beberapa tamu kehormatan yang hadir. Selain Siswansyah, diantaranya adalah Ketua sementara DPRD Kalsel periode 2019-2024, Supian HK, Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Saut Nathan Samosir, dan juga Komandan Kodim 1007/Banjarmasin, Kolonel Inf Anggara Sitompul.

Pemberian ulos dalam adat batak merupakan sebuah penghargaan tertinggi. Pemberian juga diiringi doa dan harapan kepada Tuhan, agar kesuksesan selalu menyertai orang yang diberikan ulos tadi dalam melaksanakan tugas-tugasnya dan juga demi menjaga kemaslahatan umat.

Acara kali ini juga sekaligus untuk penggalangan dana dalam rangka memperbesar bangunan gereja HKBP di Banjarmasin. Kolonel Inf Anggara Sitompul menyampaikan, Kodim siap memberikan dukungan sepenuhnya baik perlindungan maupun bantuan lainnya yang bisa diberikan.

“Kehadiran HKBP Borneo memang sudah lama, ini dalam rangka memperbesar bangunan. Ke depan seluruh umat HKBP dapat bersinergitas dengan pemerintah daerah setempat dan kita akan mendukung apa yang bisa kita berikan,” kata dia kepada apahabar.com

Dia juga berharap kehadiran HKBP Borneo dapat memberikan warna untuk kerukunan umat beragama di Banjarmasin.

Baca Juga: Unsur Pimpinan DPRD Kalsel Segera Disumpah, Begini Penjelasan Sekwan

Baca Juga: Dukung Mahasiswa, Nenek Rohana Ikut Aksi Lilin di Gedung DPRD Kalsel

Reporter : Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Aksi 3 Pilar Tapin Utara, Ajak Budayakan Pakai Masker
apahabar.com

Kalsel

Kaji Dasar Hukum Penyelenggaraan Perkim
apahabar.com

Kalsel

Membangun Sinergitas, ‘Nette Boy’ Buka Puasa Bersama Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Rudy Resnawan Malu-Malu Mau untuk Kalsel1
apahabar.com

Kalsel

Pemukiman Belakang Pasar Hanyar Terbakar, BPK Terpaksa Gunakan Air Selokan
apahabar.com

Kalsel

Bapemperda Segera Menyusun Program Raperda
apahabar.com

Kalsel

Dibikin Bingung, KPU Tagih Hasil Tes Covid-19 Bapaslon di Pilwali Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pungutan Bimbel SMPN 2 Banjarbaru Bergejolak, Kepsek Angkat Bicara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com