Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Tempo 1 Jam, Beberapa Hektar Lahan di Dua Lokasi Martapura Hangus Terbakar

- Apahabar.com Minggu, 8 September 2019 - 15:19 WIB

Tempo 1 Jam, Beberapa Hektar Lahan di Dua Lokasi Martapura Hangus Terbakar

Petugas gabungan berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Desa Indra Sari, Martapura, Minggu (08/09). Foto-apahabar.com/Muhammad Madani.

apahabar.com, MARTAPURA – Api kembali membakar lahan di Kabupaten Banjar. Bahkan, dalam tempo satu jam si jago merah telah menghanguskan sejumlah lokasi berbeda di kecamatan Martapura, Minggu (08/09) siang.

Kebakaran tersebut di antaranya kawasan Komplek Asabri di Kelurahan Sungai Sipai dan di belakang Stadion Demang Lehman, Martapura, Desa Indrasari

Untungnya, kedua titik kebakaran tersebut, api hanya berhasil melahap semak belukar saja, tidak pemukiman warga.

Pasalnya tim gabungan dari anggota TNI dan Polri beserta BPBD serta tim emergincy dengan sigap memadamkan api di lokasi kebakaran.

Di sisi lain, untungnya lokasi kebakaran masih bisa dijangkau oleh mereka.

Kapolsek Martapura Kota, AKP Boma melalui Bripka Sunar menyampaikan, luas kebakaran lahan yang terjadi di Keluarahan Sungai Sipai berkisar 2 hektar. Sedangkan di Desa Indrasari seluas 1 hektar.

“Saat kita mendatangi TKP dan kita lihat, untuk lahan yang berada di Kelurahan Sungai Sipai berhasil dilahap api sekitar 2 hektar. Dan untuk di Desa Indrasari hanya 1 hektar saja,” tuturnya.

Sementara itu, dari pantauan apahabar.com lahan terbakar di area Komplek Asabri tersebut milik Deddy Eko Wirianto yang ditumbuhi dahan dan ranting tanaman liar. Papan nama kemilikan tanah Deddy pun nyaris terbakar.

Sementara lahan yang terbakar di Desa Indrasari tidak diketahui siapa pemiliknya. Lantaran, tidak ada keterangan pemilik lahan yang ditengarai berasal dari luar daerah.

Meski demikian, api diketahui dekat sekali dengan salah satu rumah milik Sekda Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman.

Sunar mengatakan, saat melakukan pemadaman api di kedua titik tersebut tim gabungan sedikit terkendala suplay air.

“Namun kita dari Polri ada memiliki mobil pengangkut air, serta juga dari BPBD yang nenurunkan satu untuk mobil tangki. Dengan begitu proses pemadaman tidak begitu sulit lagi,” katanya.

Anggota Polsek Martapura Kota itu mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi Undang-undang yang telah berlaku. Yakni agar tidak melakukan pembakaran lahan.

“Dengan begitu, tidak ada lagi kebakaran lahan di Kabupaten Banjar. Baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Karena kebakaran hutan ini sangat berbahaya dampaknya,” pungkasnya.

apahabar.com

Anggota Polsek Martapura Kota bersama dengan TNI dan BPBD serta tim emergency berupaya pemadaman api yang membakar lahan di Desa Indrasari. Foto-apahabar.com/Muhammad Madani.

Baca Juga: Dampak Pipa PDAM Bandarmasih Bocor, Distribusi Air Bersih Diprediksi Lancar Rabu

Baca Juga: Hari Ini, Teror Kabut Asap Belum Usai

Reporter: AHC 15
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Polisi Imbau Pelajar Jauhi Narkoba
Birin

Kalsel

Absen di Mata Najwa, Ke Mana Paman Birin?

Kalsel

Warga Tapin Geger Suara Jeritan dari Gorong-Gorong Masjid Baiturrahmah
apahabar.com

Kalsel

Proyek Jalan di Banjarmasin Ada Penyesuaian
apajabar.com

Kalsel

Gali Soal Perhubungan ke Jateng
apahabar.com

Kalsel

Dituding Memperlambat Pemadaman, PT Wijaya Triutama Bertemu Dengan Warga UKA
apahabar.com

Kalsel

Pemkab HST Tergiur Tawaran Internet Fiber Optik via Jaringan Listrik
apahabar.com

Kalsel

Penyandang Disabilitas Meriahkan Pembukaan LBKN-HKSN di Tapin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com