Bocoran Lima Kepala Dinas Pemkot Banjarmasin Terpilih Keluar, Simak Nama-Namanya Resmi, Mendagri Tunjuk Dua Pjs Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kotabaru Nomor 1 di Pilbup Tanah Bumbu, Cuncung Bakal Ulang Sukses Mardani H Maming Viral, Kisah Nelayan Kotabaru Terombang-ambing 6 Hari di Laut karena Perahu Karam Skandal Sabu IRT Kotabaru, Ditangkap Gegara 0,36 Gram

Titik Api Baru di Manarap  

- Apahabar.com Selasa, 24 September 2019 - 20:15 WIB

Titik Api Baru di Manarap   

Kobaran api membakar lahan persawahan muncul di Handil Tiga, Desa Manarap Baru, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Selasa (24/9). Foto- apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, KERTAK HANYAR – Kebakaran lahan kembali terjadi, kini titik api muncul di wilayah Handil Tiga, Desa Manarap Baru, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar. Titik api ini baru saja muncul di wilayah yang tergolong masih begitu luas lahan gambutnya.

“Yang terbakar itu lahan persawahan. Apinya muncul sejak tadi sore memasuki waktu magrib,” ungkap salah seorang warga bernama Ahmad Nawari, Selasa (24/9).

Tidak diketahui sebab pasti api muncul. Nawari menyebut api tiba-tiba membakar lahan sawah dengan melingkar seluas kurang lebih 300 meter, dirinya juga menyebut kalau ini titik api pertama yang muncul di tahun ini di wilayah Manarap.

“Saya pikir itu dibawa dari lahan yang terbakar sebelumnya di Gudang Hirang, tapi melihat bentuk api yang melingkar mengelilingi sawah luas, rasanya tidak mungkin dari api yang membakar di Gudang Hirang. Walaupun jaraknya dekat kurang lebih satu kilometer,” ucap Nawari.

Warga khawatir api yang sudah merembet luas ini membakar keseluruhan persawahan yang ada dan menimbulkan kabut asap pekat.

Selain itu jarak kebarakan lahan persawahan yang terbakar  tak jauh dari permukiman warga, apalagi asap yang ditimbulkan akan mengganggu aktivitas warga sekitar.

“Semoga cepat ditangani pemerintah. Kalau tidak, api akan semakin meluas. Ini saja kobaran api sangat besar dan meresahkan warga. Apalagi asap yang ditimbulkan bakal membuat permasalahan baru,” ujarnya.

Sementara bantuan datang dari pemadam kebakaran setempat seperti Malaba Manarap dan Satelit Pal 6 untuk memadamkan api. Namun luas dan besarnya kobaran api tak mampu membuat kedua BPK ini mengatasi situasi sehingga tak bisa berbuat banyak.

Baca Juga: Kebakaran di Saka Permai, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Baca Juga: Kebakaran di Saka Permai, Seorang Nenek Tewas Terkejut

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Momen Libur Lebaran, Pengunjung Wisata Susur Sungai di Banjarmasin Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Zona Merah, Gedung Karantina Lengang
apahabar.com

Kalsel

Siap Jadi Rumah Sakit Rujukan, RSUD Sultan Suriansyah Siapkan Alat Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Tertabrak Dump Truck, Kepala Khairin Remuk
apahabar.com

Kalsel

Galang Bantuan Swadaya Masyarakat, Pemkot Rehab Rumah ‘Ambruk’ Nenek Sabariah
apahabar.com

Kalsel

Pemusnahan 2,8 Kg Sabu Polda Kalsel: Intip Sosok Dua Tersangka Penyuplai Terbesar
apahabar.com

Kalsel

Panwaslu se Tabalong Serentak Surati PPK
apahabar.com

Kalsel

Satlinmas dan Petugas Ketertiban Dibekali Langkah Pengamanan di TPS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com