Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Wawali Ingin Perajin Sasirangan Banjarbaru Kian inovatif

- Apahabar.com Selasa, 24 September 2019 - 21:59 WIB

Wawali Ingin Perajin Sasirangan Banjarbaru Kian inovatif

Wakil Walikota Darmawan Jaya membuka pelatihan peningkatan kualitas produk sasirangan bagi pelaku usahanya. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan membuka Pelatihan Peningkatan Kualitas Produk Sasirangan bagi Pelaku Usaha Sasirangan se Kota Banjarbaru, di Aula Dinas Koperasi, UKM dan Naker, Selasa (24/9).

Kadis Koperasi, UMKM dan Naker Ir Muhammad Rustam MP mengatakan, pelatihan ini juga dalam rangka menjalin tali silaturrahmi sesama pengrajin sasirangan se Banjarbaru, disamping bertukar pendapat tentang pembuatan/pengolahan sasirangan.

”Sasirangan merupakan produk handmade. Untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan agar pengrajin dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pembuatannya yang baik, tahan lama serta tidak mudah pudar,” katanya.

Wawali Darmawan mengatakan, pelatihan ini sangat kita butuhkan, karena Banjarbaru memang lagi mengembangkan produksi ekonomi kreatif, yakni fashion, food dan fun. Fashion ini adalah sasirangan dan ini juga masuk dalam kerajinan.

”Kontribusi sasirangan bordir saat ini sangat besar, jadi harus terus kita kembangkan kualitas produknya,” tandasnya.

Bagaimana menghasilkan sasirangan bordir yang warnanya bisa bertahan lama, kemudian bordirnya bisa rapi. Ini agar keunggulan di sektor fashion terus terjaga dan lebih meningkat dari waktu ke waktu.

”Bila tidak meningkatkan mutu, bisa saja produksi handmade dari Banjarbaru kalah bersaing, ini jangan sampai terjadi pada pengrajin kita,” pesannya.

Melalui pelatihan ini, Wawali berharap pengrajin sasirangan Banjarbaru semakin terampil, kreatif, dan inovatif. Sehingga sasirangan banjarbaru tidak kalah bersaing dengan produk-produk serupa dari daerah lain di Kalsel. Ini bisa berpengaruh pada peningkatan ekonomi rumah tangga dari pengrajin itu sendiri.

”Disamping kian tinggi pula nilai jualnya. Karena itulah, ikutilah setiap materi yang diberikan dengan sungguh-sungguh,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Pemko Banjarbaru Dorong Pengembangan Kain Sasirangan
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

H-1 PSBB Banjarbaru-Banjar: Siap-Siap Sanksi dan Larangannya
Lipsus Harjad: Berikut Pencapaian yang Berhasil Ditorehkan Kota Banjarbaru

Pemko Banjarbaru

PSBB di Banjarbaru Diprediksi Mulai Mei, Wali Kota: Semua Siap
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Tak Ada Lomba Hari Kemerdekaan di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Swab Keluar, PDP Kabur di Banjarbaru Positif Covid-19
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Makna Peringatan Hari Ibu Bagi Ririen Nadjmi
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Hari Pertama Ajaran Baru, Nadjmi Kunjungi Sekolah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Ririen Nadjmi Apresiasi Dedikasi Organisasi Wanita Islam Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com