Apa Kabar Megaproyek Kereta Api Tabalong-Banjarmasin? Booming Bersepeda, Pemkot Banjarmasin Bikin Jalur Khusus Siapkan Poros Ketiga, Rosehan Gandeng Putra Eks Gubernur Kalsel Kena Provokasi, Warga Pekapuran Raya Tolak Tes Covid-19! Terbanyak! Nyaris Seratus Pasien Covid-19 Kalsel Sembuh Hari Ini




Home ACT

Sabtu, 12 Oktober 2019 - 15:08 WIB

ACT bersama Klub Sepakbola Jepang Hibur Ratusan Penyintas Gempa Palu-Donggala

Redaksi - Apahabar.com

Go Shibuya dan Ryo Kusakabe usai berswafoto bersama usai menghibur pengungsi korban bencana di Desa Sumari, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Foto – ACT for apahabar.com

Go Shibuya dan Ryo Kusakabe usai berswafoto bersama usai menghibur pengungsi korban bencana di Desa Sumari, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Foto – ACT for apahabar.com

apahabar.com, DONGGALA – Klub sepak bola divisi utama Jepang atau J1-League, Japan, Shonan Bellmare bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) menghibur ratusan pengungsi korban bencana di kawasan Integrated Community Shelter (ICS) di Desa Sumari, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala.

Pemain sepak bola klub di Negeri Sakura itu, Go Shibuya dan Ryo Kusakabe menghibur ratusan pengungsi dengan menggelar coaching clinic dan pertandingan amal dengan para pengungsi di lapangan huntara tersebut.

“Kedatangan kami ke sini untuk menyerahkan bantuan berupa alat tulis, jersey klub kami, bola dan bantuan lainnya kepada para pengungsi. Kami bekerja sama dengan Peace Winds Japan (PWJ) untuk menyalurkan bantuan ini,” kata mereka di hadapan para pengungsi yang tampak antusias menyambut kehadiran mereka.

Kedua pemain itu menghibur ratusan warga dengan cara menggelar pertandingan eksibisi di lapangan bola mini yang berlokasi di halaman ICS Sumari. Ryo Kusakabe mengungkapkan warga di Kota Palu maupun di Desa Sumari sangat ramah dan mudah tersenyum meskipun dilanda gempa bumi dan tsunami sera likuefaksi.

“Masyarakat Palu ramah dan mudah tersenyum meskipun dalam kondisi bencana,” kata Ryo khusakabe.

Ratusan warga Sumari sangat antusias menyaksikan jalanya pertadingan. Sesekali warga berdecak kagum melihat ketrampilan pemain Jepang itu ketika memasukan bola ke gawang lawan. Setelah pertandingan selesai kedua pemain ini menjadi incaran warga untuk berswafoto.

Shonan Bellmare, lanjutnya, yang juga mewakili PWJ dalam sambutannya, sudah menjalin kerja sama dengan PWJ sejak 2013 dalam setiap kegiatan kemanusiaan. Bantuan kemanusiaan kali ini merupakan kerja sama antara PWJ dan Shonan Bellmare atas dukungan dan bantuan ACT.

“Kami ke sini ingin memberi kebahagiaan. Bantuan yang kami bawa merupakan donasi dari fans kami dan pemain klub. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat memicu pengungsi dan warga untuk mencetak bibit pesepak bola profesional di sini,” katanya dengan sumringah.

Sementara itu Kepala Cabang ACT Sulawesi Tengah, Nurmarjani Loulembah dalam kesempatan itu mengaku sangat bersyukur klub sepak bola Shonan Bellmare dapat menghibur dan memberikan semangat kepada para pengungsi yang menghuni ICS bantuan ACT di Desa Sumari.

“Insya Allah kegiatan ini bisa memicu semangat masyarakat Desa sumari agar terus bangkit pascabencana. Kami juga mengimbau warga Sumari untuk menggunakan sebaik mungkin sekaligus merawat fasilitas-fasilitas umum yang ada di ICS,” katanya menyemangati.

Ia juga berharap melalui momen tersebut, muncul bibit-bibit unggul yang dapat menjadi pemain sepak bola pada masa depan yang dapat mengharumkan nama daerah bahkan negara. Pertandingan amal antara Shonan Bellmare dengan para pengungsi berlangsung cukup sengit. Para pengungsi dapat memberikan perlawanan berarti kepada tim Shonan Bellmare, meski di akhir pertandingan para pengungsi kalah.

Pengungsi dan warga yang menyaksikan jalannya pertandingan pun sangat antusias dan tidak meninggalkan lokasi pertandingan hingga pluit akhir babak ke dua berbunyi. Usai pertandingan, manajeman Shonan Bellmare membagikan jersey dan bola kepada anak-anak penyintas di sana dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Di kompleks ICS ini terdapat 96 unit shelter yang ditempati 96 Kepala Keluarga (KK). Sejumlah fasilitas umum dibangun di hunian ini seperti: Masjid, Mandi Cuci Kakus (MCK), kebutuhan air bersih, sekolah serta sejumlah fasilitas lainnya.

apahabar.com

Go Shibuya dan Ryo Kusakabe bermain sepak bola menghibur pengungsi korban bencana di Desa Sumari, Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala. Foto – ACT for apahabar.com

Baca Juga: Sumur Wakaf Jadi Solusi Krisis Air di Desa Kintap

Baca Juga: Aksi Pemulihan Dampak Asap ACT Disambut Bahagia Warga Banjarbaru

Sumber: ACT
Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Kurangi Resiko ISPA, ACT Ajarkan Cuci Hidung untuk Warga Sampit
apahabar.com

ACT

ACT Berikan Bantuan ke Ratusan Kepala Keluarga Korban Gempa Maluku Utara  
apahabar.com

ACT

ACT Distribusikan 55 Ton Beras untuk Pesantren Prasejahtera
apahabar.com

ACT

Melawan Keterbatasan, ACT Biayai Para Murid Alor Bersekolah di Pulau Jawa
apahabar.com

ACT

Banjir Terjang Kotabaru, ACT Kerahkan Relawan
apahabar.com

ACT

ACT-MRI Bersama RM Ramania Berbagi Makan Siang Gratis
apahabar.com

ACT

Awal Tahun Jabodetabek Dikepung Banjir, ACT Terjunkan Tim Rescue
apahabar.com

ACT

Anak-anak Nelayan Desa Rampa Bergembira Bersama Karin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com