Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Aksi Pemulihan Dampak Asap ACT Disambut Bahagia Warga Banjarbaru

- Apahabar.com Rabu, 9 Oktober 2019 - 14:50 WIB

Aksi Pemulihan Dampak Asap ACT Disambut Bahagia Warga Banjarbaru

Sebanyak 589 siswa dan guru menjadi penerima manfaat program kali ini. Selain cuci hidung gratis, ada juga pembagian masker dan susu gratis. Foto-Retno Sulisetiyani/ACT Kalsel

apahabar.com, BANJARBARU – Respon terhadap dampak asap dari kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan masih terus dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan. Kota Banjarbaru yang terdampak paling parah menjadi wilayah sasaran program.

Berdasarkan data Dinkes Kota Banjarbaru, gangguan pernafasan atau ISPA di Banjarbaru mencapai 14.179 kasus hingga Agustus yang lalu. Selasa (08/10) kemarin tim ACT-MRI Kalsel menyapa warga sekolah di SD – SMP Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru untuk memberikan sosialisasi cuci hidung.

Koordinator Program ACT Kalsel M Budi Rahman Wahid menerangkan bahwa kegiatan cuci hidung tersebut untuk mengurangi resiko dampak ISPA.

“Dengan mencuci hidung diharapkan bisa membersihkan, menyegarkan dan mencegah terjadinya infeksi saluran pernafasan akibat asap yang dihirup selama beberapa bulan terakhir,” ucapnya.

apahabar.com

Sebanyak 589 siswa dan guru menjadi penerima manfaat program kali ini. Selain cuci hidung gratis, ada juga pembagian masker dan susu gratis. Foto-Retno Sulisetiyani/ACT Kalsel

Aksi cuci hidung rupanya menjadi sesuatu yang baru bagi warga sekolah SD – SMP Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru. Awalnya, mereka menganggap bahwa hal tersebut menyakitkan. Akan tetapi setelah mendapatkan penjelasan dan praktek oleh relawan MRI-ACT Kalsel, mereka menjadi tidak sabar untuk mencobanya. Bahkan ada yang ingin terus-menerus mencuci hidungnya.

“Dingin, seger, ini pertama kalinya ikut cuci hidung,” ujar Balqis (12) siswi kelas 7 SMP Plus Citra Madinatul Ilmi.

Para siswa tampak berebut untuk merasakan cuci hidung. Arif Baitika Rahman (29) selaku Kepala Sekolah Citra Madinatul Ilmi mengapresiasi kegiatan tersebut. Beliau sangat menantikan kunjungan ACT, karena tidak pernah ada pembelajaran mengenai cuci hidung sebelumnya.

“Ini sangat bermanfaat karena sebagian dari kami tempat tinggalnya di Banjarbaru yang terkena kabut asap paling parah,” papar Arif.

Sebanyak 589 siswa dan guru menjadi penerima manfaat program kali ini. Selain cuci hidung gratis, ada juga pembagian masker dan susu gratis.

“Alhamdulillah kegiatan ini terlaksana karena dukungan dari Alifindo Mitra Bersama dan Frisian Flag Indonesia. Kami berterima kasih kepada para dermawan dan semoga membawa kebermanfaatan bagi semua pihak,” ungkap M Budi Rahman Wahid.

Sebelumnya, Senin (30/9) ACT Kalsel juga menyambangi SMP Negeri 15 Banjarbaru dengan aksi serupa. SMPN 15 Banjarbaru yang berlokasi di Jalan Tegal Arum, Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin merupakan sekolah yang paling sering terdampak kabut asap akibat kebakaran lahan. Bahkan pernah terjadi kebakaran lahan hanya berjarak sekitar 3 meter dari ruang kelas yang berada di bagian belakang sekolah.

Para siswa seringkali mengeluhkan kabut asap yang terjadi karena sangat menganggu aktivitas kegiatan belajar mereka di sekolah.

“Terkadang kalau asapnya sangat tebal hingga jarak pandang cuma sekitar 3 sampai 10 meter, sekolah langsung kami liburkan atau pulang lebih cepat,” tutur Faizah SPd selaku Kepala Sekolah SMPN 15 Banjarbaru.

“Saya sangat senang dengan adanya program seperti ini dari ACT. Karena kami sudah sering mengalami kabut asap dan baru kali ini mendapatkan perhatian yang begitu luar biasa. Kami mengharapkan program ini dapat berjalan setiap tahun,” imbuhnya.

Baca Juga: Kabut Asap Masih Tebal, Komunitas Sosial Turun ke Jalan Bagikan Masker

Baca Juga: Kabut Asap Hilang, Aktivitas Warga di Muara Teweh Kembali Normal

Sumber: ACT Kalsel
Editor: Aprianoor

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Kirimkan Ribuan Ton Bantuan Logistik, ACT Siap Layani Korban Kabut Asap
apahabar.com

ACT

Pascabanjir, Arutmin Gandeng ACT Ajak Warga Siaga Bencana
apahabar.com

ACT

Humanity Food Car, Wujud Konsistensi Kebaikan Dermawan
apahabar.com

ACT

Kapal Ramadan Hadirkan Tawa di Muara Sungai Kelayan
apahabar.com

ACT

Gaji Rendah Tak Surutkan Semangat Guru di Pelosok Daerah
apahabar.com

ACT

Arutmin Batulicin Lanjutkan Sinergi Bersama ACT Kalsel
apahabar.com

ACT

Paket Iftar ACT Bahagiakan Anak Petani Penghafal Alquran
apahabar.com

ACT

Lanjutkan Sinergi, MRI-ACT Bagi 190 Paket Pangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com