Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya Cobain Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series

Api Masih Membara, NU dan MUI ‘Martapura’ Gelar Shalat Istisqa dan Istighotsah untuk Bangsa

- Apahabar.com Kamis, 3 Oktober 2019 - 12:23 WIB

Api Masih Membara, NU dan MUI ‘Martapura’ Gelar Shalat Istisqa dan Istighotsah untuk Bangsa

Ketua MUI Kabupaten Banjar, Tuan Guru H Muhammad Fadhlan Asy’ari yang akan didaulat menjadi khatib dalam shalat istisqa, Minggu (6/10). Foto- dok apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan dengan intensitas sedang memang sudah turun di sebagian wilayah Kalimantan, namun belum cukup untuk memadamkan api di lahan rawa yang terkenal sulit dipadamkan.

Untuk itulah, GP Ansor-Nahdlatul Ulama dan MUI di Kabupaten Banjar akan menggelar shalat istisqa dan istighotsah di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun Ratu Zaleha, Martapura pada Minggu (6/10/2019) pukul 07.00 Wita.

Informasi kegiatan shalat istisqa sekaligus istighotsah yang tersebar di media sosial tersebut dibenarkan Ketua Panitia penyelenggara, Ustadz Khairullah Zain.

“Rencananya shalat istisqa akan diimami Ketua Nadzir Masjid Agung Al Karomah Martapura, Tuan Guru H Hasanuddin Badruddin dan sebagai Khatib, Ketua MUI Kabupaten Banjar, Tuan Guru H Muhammad Fadhlan Asy’ari,” ujarnya, Kamis (3/10).

Shalat istisqa dan istighotsah penting dilakukan mengingat masih mengancamnya bahaya kebakaran di lahan dan hutan di Kalimantan. Terutama di lahan gambut, yang sangat sulit dipadamkan.

“Kita tahu kerja relawan pemadam Karhutla di lapangan. Betapa sulitnya memadamkan api di lahan gambut. Karena satu siraman air hanya bisa membasahi permukaan, tapi tidak memadamkan api yang di dalam. Untuk itulah NU dan MUI di kabupaten Banjar akan melaksanakan shalat istisqa dan istighotsah, semoga hujan yang deras dapat memadamkan api yang masih tersisa,” jelas Ustadz yang dikenal dengan Abu Zein Fardany ini.

Meminjam data Dinas Kehutanan Kalsel, titik panas di lahan gambut bisa mencapai kedalaman 3 meter. Karena itu, hujan deras sangat diperlukan untuk membantu memadamkan titik panas yang berada di dalam tanah.

Saat ini Tim pemadam Karhutla bersusah payah dengan melakukan teknik alat suntik gambut, yakni dengan menancapkan alat (suntik) ke dalam tanah untuk membasahi bagian dalam tanah.

Teknik ini kerap terkendala dengan minimnya air yang tersedia di dekat area kebakaran.

Kegiatan ini, menurut Ustadz Khairullah selain mendinginkan tanah gersang akibat kemarau, tapi juga untuk mendinginkan suhu politik yang terlanjur panas pasca pilpres kemarin.

“Jadi dua yang diharapkan dan diminta: hujan secara fisik (hujan air), dan hujan secara maknawi (hujan rahmat dan kedamaian). Mudah-mudahan acara berjalan dengan lancar, dan apa yang diharapkan terkabul,” harap Ustadz jebolan Ma’had Aly Darussalam itu.

Senada dengan Ustadz Khairullah, Ketua GP Ansor Banjar, Muhammad Syafi’i Rifqi pun menyikapi hal yang sama. Menurutnya kegiatan tersebut juga menyisipkan doa untuk Bangsa Indonesia yang kini sedang dilanda musibah ancaman perpecahan. Untuk itulah pihaknya menetapkan tema acara ini dengan “Istighotsah dan shalat Istisqa untuk kesalamatan dan keutuhan NKRI”.

“Jadi tidak hanya soal api yang membakar hutan, tapi juga soal api yang membakar hati-hati kita yang mudah mengobarkan kebencian. Semoga, Karhutla berakhir dan bangsa ini kembali kokoh dalam persatuan,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya mengundang seluruh warga Kabupaten Banjar untuk ikut terlibat dalam istisqa dan istighotsah tersebut.

“Sampai saat ini hanya sedikit orang yang terlibat dalam aksi peduli pemadaman kebakaran. Nah sebagai bentuk dukungan kita, mari bantu dengan doa di acara istighotasah ini. Bagi warga yang mau hadir, harap membawa sajadah masing-masing,” pungkas Syafi’i.

Baca Juga: Hadapi Karhutla, Dishut Kalsel Gelar Salat Istigasah bersama Anak Yatim

Baca Juga: KH. Fadli Muis Jadi Imam Salat Istisqa di Tanbu

Baca Juga: Minta Hujan, Polres Tala Gelar Salat Istisqa

Baca Juga: Usai Shalat Istisqa, Anggota Polres Banjar Terjun Padamkan Api

Baca Juga: Sering Kebakaran, Ribuan Warga Banjarmasin Gelar Salat dan Istigosah

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sempat Kejar-kejaran, Enam Anjal di Banjarmasin Dijaring Pol PP
apahabar.com

Kalsel

Terkait Label Halal, DPRD Kota Banjarmasin Siap Lakukan Koordinasi

Kalsel

Pemuda Tanah Bumbu Berprestasi di Event Nasional, Dewi Kasih SHM Sampaikan Apresiasi
apahabar.com

Kalsel

Lima Orang Penamba Sempat Periksa Salasiah Korban Gigitan Ular Cobra
apahabar.com

Kalsel

Razia Masker di Banjarmasin: Pelanggar Prokes Capai Puluhan, Dominan Kecamatan Tengah
apahabar.com

Kalsel

Perpusling Dispersip Kalsel, Kunjungi Sekolah Hingga Lapas Anak
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Penerapan Denda Masker di Banjarmasin Dimulai!
apahabar.com

Kalsel

Ramai Dikunjungi di Hari Libur, Riam Bajandik ‘Dikawal’ Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com