apahabar.com
Ilustrasi. Foto-APKPure.com

apahabar.com, RANTAU – Dinas Perikanan Kabupaten Tapin berikan bantuan 7 kolam budidaya ikan Gabus untuk petani cabai Hiyung di Kecamatan Tapin Tengah.

Kepala Dinas Perikanan, Bastian mengatakan, tujuh kolam itu nantinya akan dilengkapi dengan pondok pertemuan. Untuk kolam ada 6, ukurannya 3×170 meter. Sedangkan 1 kolam lainnya berukuran 12×80 meter dan kedalaman 2 meter. Sementara pondoknya dibuat berukuran 6×6 meter.

Semua itu dibuat untuk fasilitas kegiatan para pemuda yang tergabung dalam karang taruna. Tujuannya tak lain agar mereka memiliki usaha tambahan. “Kami juga berharap mereka bisa mandiri dalam berusaha,” ucapnya.

Untuk pembuatan kolam sendiri sesuai kontrak yang ada mulai tanggal 7 Oktober tadi sampai 75 hari kedepan. Setelah kolam selesai akan dirawat.

“Memang ada perlakuan khusus untuk ikan Gabus di lahan cabai Hiyung. Karena kita ketahui di lahan tersebut airnya sedikit asam,” jelas Bastian, awal pekan tadi.

Petani cabai Hiyung di Desa Hiyung sangat menyambut baik pembuatan kolam ikan gabus di dekat lahan milik petani di sana.

“Sangat bagus, karena sambil bertani cabai Hiyung kita juga dapat berternak ikan gabus,” ujar salah seorang petani.

Baca Juga: DAK Pemko Banjarmasin Tak Maksimal, Herman Sebut Batola dan Tanbu Lebih Baik

Baca Juga: Ngopi Santai Malam Ini, Kupas Tuntas Video Promo Wisata Kota Banjarmasin

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin