Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan

DPR Segera Gelar Uji Kelayakan Calon Kapolri Idham Azis

- Apahabar.com     Senin, 28 Oktober 2019 - 14:23 WITA

DPR Segera Gelar Uji Kelayakan Calon Kapolri Idham Azis

Komisaris Jenderal Pol Idham Azis. Foto – Indopos.co.id

apahabar.com, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Pol Idham Aziz segera dilakukan pada pekan ini.

Menurut Puan, uji kelayakan dan kepatutan akan dilakukan setelah pembentukan komisi-komisi termasuk pengisian anggota Komisi III DPR.

“Insyaallah (pekan ini uji kelayakan calon Kapolri), targetnya pekan ini urusan komisi dan lain-lain itu sudah bisa kita lakukan dan selesaikan,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (28/10).

Dia mengatakan mekanisme yang akan dilakukan DPR adalah pembentukan komisi dan pengisian anggota komisi lalu pelantikan pimpinan serta para anggota komisi.

Setelah itu, menurut dia dilakukan Rapat Pimpinan (Rapim) DPR RI dan Rapat Konsultasi dengan Pimpinan DPR untuk membahas surat masuk untuk komisi-komisi salah satunya terkait uji kelayakan calon Kapolri.

“Setelah semua mekanisme itu dilakukan, insyaallah nama yang diusulkan menjabat sebagai Kapolri yang akan datang akan bisa segera dilantik,” ujarnya.

Puan menargetkan pekan ini urusan komisi-komisi sudah bisa diselesaikan bersama mitra-mitra kerja dari kementerian/lembaga yang baru dilantik.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Pimpinan DPR pada Senin akan menggelar Rapat Pimpinan untuk membahas Surat Presiden (Surpres) tentang penunjukan calon Kapolri dan sore hari menggelar Rapat Badan Musyawarah (Bamus).

Setelah itu, menurut dia pada Selasa (29/10) DPR akan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda menugaskan Komisi III DPR untuK melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

“Kita akan lihat hasil Rapim dan Bamus pada hari ini. Insyaallah proses yang diharapkan bisa dapat berjalan tidak terlalu lama,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajukan Idham Azis Jadi Kapolri

Baca Juga: Melihat Sepak Terjang Idham Azis yang Ditunjuk Jadi Kapolri

Baca Juga: Jokowi Minta Kapolri Pengganti Tito Selesaikan Kasus Novel

Sumber: Antara
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pikap Esemka Bima Jadi Kendaraan Operasional TNI Angkatan Udara
apahabar.com

Nasional

Ratusan Ribu Warganet Saksikan Siaran Langsung HUT RI Ke-75 Melalui Youtube
apahabar.com

Nasional

Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber di Lampung Diduga 4 Tahun Alami Gangguan Jiwa
apahabar.com

Nasional

Selasa Pagi, Ibu Kota Negara Peringkat Kedua Udara Terkotor Dunia
apahabar.com

Nasional

Viral Bayi Jokowi Amin, Sempat Lemah Setelah Lahir 

Nasional

RKUHP Kebiri Kebebasan Pers? Ini Pendapat PWI
apahabar.com

Nasional

Selama Covid-19, Mentan Upayakan Ketersediaan 11 Komoditas Pangan
apahabar.com

Nasional

1.524.104 Siswa SMK Ikuti Ujian Nasional Hari Pertama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com