Pemerintah Tetapkan 1,3 Juta Formasi CPNS 2021 Pandemi Covid-19, Wakil Rakyat Banjarmasin Malah Minta Mobil Baru Gegara Bakar Sarang Tawon, Rumah di Balikpapan Baru Nyaris Ludes Patroli Gabungan di Tabalong, Petugas Sita Puluhan Elpiji 3 Kg! Catat! Lansia di Banjarmasin Bisa Batal Divaksin Covid-19, Berikut Alasannya

Dua Kementrian ‘Suntik’ Program Pembangunan di Tala

- Apahabar.com Minggu, 6 Oktober 2019 - 13:17 WIB

Dua Kementrian ‘Suntik’ Program Pembangunan di Tala

Bupati Tala H Sukamta saat memberikan cindramata kepada PPK Rumah Swadaya Kementerian PUPR, Yusuf Muskiono. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Kementerian Pertanian memberikan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya dan Rumah Tangga Miskin Pertanian di Desa Guntung Besar, Kabupaten Tanah Laut.

Kepastian penyaluran bantuan itu terungkap dalam kegiatan Manunggal Tuntung Pandang ke-27 yang dilaksanakan pada Jumat (04/10).

PPK Rumah Swadaya Kementerian PUPR, Yusuf Muskiono, mengungkapkan bantuan yang ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah itu dibiayai oleh APBN murni.

Ia mengatakan kriteria penerima bantuan harus memiliki tenaga sendiri dari nilai total Rp 17.500.000. “Yang membeli material juga masyarakat sendiri. Jadi, kami hanya memberi uang berupa buku tabungan,” jelasnya.

Terkait dengan program ke depan, Kementrian PUPR akan mengembalikan usulan program kepada kabupaten atau kota sebagai pihak yang paling tahu terkait kebutuhan masyarakat. Karenanya, SKPD dan kepala daerah diminta lebih aktif agar Kementerian PUPR lebih mudah berkomunikasi dengan pemerintah daerah.

“Insya Allah kalau kabupaten kotanya kooperatif, maka akan lebih mendapatkan manfaat program ini,” imbuhnya.

Sementara Direktur Pakan Dirjen dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Sri Widayati, menyampaikan pihaknya ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang masuk kategori miskin dalam hal pendapatan.

Kementerian Pertanian juga akan mengidentifikasi masyarakat miskin dari kelompok petani. Dari identifikasi yang dilakukan itu akan diperoleh data Rumah Tangga Miskin Pertanian.

Masyarakat yang masuk kategori Rumah Tangga Miskin Pertanian akan diberi fasilitas untuk melakukan budidaya ternak, umumnya ayam. Namun, untuk Kalsel pemerintah menilai masyarakat lebih cocok untuk membudidayakan itik.

“Setiap Rumah Tangga Miskin Pertanian diberi 50 ekor itik. Kemudian juga diberikan bantuan pakan, obat- obatan, dan kandang. Namun, untuk kandang sifatnya stimulasi. Jadi, kami memberi Rp 500 ribu yang masuk dalam rekening mereka untuk kemudian dibuatkan kandang,” jelasnya.

Pemberian bantuan tersebut dinilai sangat menguntungkan masyarakat Desa Gunung Besar. Bupati Tala, Sukamta, menyampaikan apresiasinya kepada dua kementrian yang telah peduli dan membantu masyarakat melalui program “Bekerja”.

Menurutnya, sejak dulu ikon Tanah Laut adalah peternakan, terutama peternakan sapi. Bahkan, saat ini Pemkab Tala akan bekerjasama dengan perusahaan pasca-tambang terkait dengan pengembangan ternak sapi tersebut.

Baca Juga: Ribuan Anak TK se-Pelaihari Ikut Gebyar Manasik Haji

Baca Juga: Sukamta Bakal Kembangkan Lahan Reklamasi sebagai Ekowisata

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Covid-19

Kab. Tanah Laut

Pelaihari Kembali Zona Merah Covid-19, Masyarakat Diimbau Perketat Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Datangi Rumah Warga, Sukamta Bagikan 100 Tas Berisi Sembako
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Ingatkan ASN Tidak Minta Uang pada Investor
Tasya Bersyukur Ada Pelayanan Kependudukan di Program Manunggal Tuntung Pandang

Kab. Tanah Laut

Tasya Bersyukur Ada Pelayanan Kependudukan di Program Manunggal Tuntung Pandang
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Peringati Milad, Desa Warga Bukit Mulya Kintap Gelar Pengajian Umum

Kab. Tanah Laut

Sungai Tabanio Tala Mulai Surut, Banjir di Desa Kunyit dan Panjaratan Menurun
Banjir

Kab. Tanah Laut

Bantu Korban Banjir, Bhayangkari Polres Tala Bagikan Bapok dan Nasi Bungkus
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sulaiman Umar Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Tala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com