apahabar.com
Dispersip Tanah Bumbu bersama tim saat mengunjungi anggota legiun veteran. Foto-Dispersip Tanah Bumbu for apahabar.com

apahabar.com, BATULICIN – Untuk memperkaya khazanah arsip daerah dan informasi sejarah perjuangan kemerdekaan RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu mengunjungi salah satu rumah anggota legiun veteran.

Melalui Tim Bidang Kearsipan bersama Kantor Administrasi Veteran dan Cadangan (Kanminvetcad) Kotabaru-Tanah Bumbu dan Anggota Pemuda Panca Marga, mereka menyambangi rumah H. Hasan Akhmad di Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat.

“H. Hasan Akhmad adalah salah satu veteran kita yang mendapatkan lencana bintang gerilya, yang saat ini usia beliau sudah mencapai 108 tahun,” sebut Kepada Dispersip Tanah Bumbu, H Ambo Sakka melalui Kabid Kearsipan, M. Arif Rahman Hakim, Rabu (30/10).

Dengan kegiatan telusur arsip yang dilakukan Dispersip Tanah Bumbu, diharapkan khazanah arsip daerah di Bumi Bersujud akan semakin banyak bertambah.

“Adanya arsip itu dapat kita olah menjadi sebuah cerita sejarah yang dapat diwariskan kepada generasi muda dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme,” tuturnya.

Saat ini, ada 21 orang anggota legiun veteran kemerdekaan yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, dan Dispersip dalam waktu dekat berencana akan menyambangi ke 21 orang anggota legiun veteran tersebut.

“Selain datang untuk mengumpulkan arsip dan menggali cerita sejarah kemerdekaan yang pernah mereka alami, kami juga ingin bersilaturahmi dengan mereka yang berjasa,” tandas Arif.

Baca Juga: Anggarkan 39 Miliar, Dispersip Kalsel Upayakan Peningkatan Kualitas Baca Masyarakat

Baca Juga: Dorong Gemar Membaca, Dispersip Kalsel Gelar Sosialisasi di MAN 2 Model Banjarmasin

Reporter : Ahc21
Editor: Muhammad Bulkini