Puluhan Personel Polda Kalsel Amankan Distribusi Vaksin ke Setiap Daerah Kadinkes Banjarmasin Covid-19, Sekretaris Gantikan Lurah Pemurus BREAKING NEWS! Calon Wakil Wali Kota Balikpapan Terpilih Meninggal Terpapar Covid-19 Akhirnya, 2BHD Beber Pelanggaran TSM Pilbup Kotabaru dalam Sidang MK Di Tengah Kondisi Banjir, Pemprov Kalsel Tak Tunda Vaksinasi Tahap 2

Harga Ayam Broiler Belum Stabil, Ini Upaya Pemprov Kalsel

- Apahabar.com Jumat, 4 Oktober 2019 - 09:30 WIB

Harga Ayam Broiler Belum Stabil, Ini Upaya Pemprov Kalsel

Kadis Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi saat ditemui di sela kegiatan pertemuan supply demand dan tata niaga ternak dan hasil peternakan di ruang H. Maksid Setdaprov Kalsel, Kamis (3/10). Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Harga ayam broiler di Kalsel masih belum stabil meski sudah dilakukan operasi pasar.

Untuk itu, kali ini Dinas Peternakan dan Perkebunan Kalsel mengajak Kementerian dan Peternakan untuk ikut mencari solusi guna menstabilkan harga ayam broiler.

Menurut Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris, untuk mengatasi persoalan-persoalan supplay dan demand, tidak bisa hanya sekali. Harus ada pertemuan rapat dan tindakan nyata lainnya.

“Mungkin secara berkelanjutan harus ada dilakukan pertemuan atau rapat atau tindakan nyata lainnya, hari ini Dinas Peternakan dan Perkebunan melakukan upaya itu dengan melakukan pertemuan dengan mendatangkan narasumber dari kementerian,” ujarnya saat ditemui di sela kegiatan di Ruang Rapat H Maksid, Setdaprov Kalsel, Kamis (3/10).

“Untuk mengatasi masalah itu, apakah itu nanti regulasi atau payung hukum atau ada tim dan sebagainya itu nanti yang akan dibahas,” sambung Sekdaprov.

Kendati demikian, menurutnya untuk persoalan teknis mengenai peternak sudah bukan persoalan.

“Yang dipersoalkan sekarang adalah tata niaga suplai dan demand bagaimana menekan itu, karena ayam menjadi sumber inflasi bagi Kalsel ini juga persoalan lain,” jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, yang terpenting adalah solusi permanen tentang menstabilkan harga ayam broiler.

“Saya kira di pertemuan ini kita harapkan ada solusi yang sifatnya permanen untuk mengatasi ini,” harapnya.

Sementara itu, Kadis Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih mencari solusi untuk mempercepat peningkatan harga ayam broiler karena kondisinya sampai ini harga masih rendah, yaitu di bawah harga pokok penjualan (HPP).

“Harga bervariasi ada masih 10 ribu ada 16 ribu tapi rata-rata harga masih di bawah Hpp, sedangkan Hpp kan 18,5 ribu sampai 19 ribu (rupiah), saat ini masih di bawah itu,” kata Suparmi.

Untuk bisa menstabilkan harga ayam broiler, lanjutnya, Pemprov Kalsel bersama sejumlah pihak terkait, sudah melakukan berbagai upaya.

Di antaranya dengan cara penundaan penetasan DOC, hingga mengurangi stok ayam melalui operasi pasar, namun itu belum cukup untuk menstabilkan harga ayam broiler.

Saat ini pihaknya tengah menghitung kebutuhan Kalsel mulai dari DOC dan broilernya.

“Berapa DOC nya, broiler nya dan ketersediaan juga kebutuhannya, sehingga tahun-tahun berikutnya akan terjadi kestabilan berkesinambungan adanya industri ayam broiler yang berkelanjutan,” paparnya.

“Tujuan penting rapat ini terciptanya suplai demand untuk doc dan ayam broiler di Kalsel. Karena dengan harga ayam yang seperti ini peternak merugi,” tutupnya

Sehingga, ia berharap tidak ada lagi over suplai, masyarakat konsumen bisa dapat harga yang wajar dan peternak juga untung.

Baca Juga: Harga Ayam Ras Anjlok, Pemprov Kalsel Siapkan 5 Langkah

Baca Juga: Peternak Ayam Ras Kalsel Menjerit, Harga Jadi Pemicunya

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Geger Kakek Pemilik Intan di Martapura Tewas Dirampok
Banjir

Kalsel

Sepekan Landasan Ulin Selatan Diterpa Banjir, Ratusan Jiwa Terdampak
apahabar.com

Kalsel

55 Anggota Relawan Demokrasi KPU HSS ikuti Bimtek
apahabar.com

Kalsel

Naik ke Peringkat 4 SGIE, Wapres Optimis Pertumbuhan Ekonomi Islam di Indonesia
apahabar.com

Kalsel

Lawan Covid-19, TMP Kalsel Gotong-royong Salurkan Bantuan
apahabar.com

Kalsel

Pastikan Kamtibmas Aman Kondusif, Polres HSU Gelar Pengamanan Salat Idul Adha
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lebat Disertai Petir Masih Hantui Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Masih Banyak yang Menikah Tanpa Perhitungan Ekonomi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com