Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir Banjir, Ancaman Kelaparan Mengintai Warga Pejambuan Sungai Tabuk Bertambah 9.994, Positif Covid-19 Indonesia Dekati 1 Juta Kasus

Hujan Lebat, Waspada Pohon Tumbang di Banjarmasin

- Apahabar.com Kamis, 3 Oktober 2019 - 16:13 WIB

Hujan Lebat, Waspada Pohon Tumbang di Banjarmasin

Dahan pohon Angsana di Jl Veteran Banjarmasin patah akibat hujan lebat dan angin kencang mengakibatkan kemacetan, Kamis (03/10) sore. Foto-apahabar.com/Riyad.

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan lebat disertai angin kencang di Banjarmasin membuat dahan salah satu pohon di Jalan Veteran patah dan jatuh ke jalan. Meski tak ada korban dalam kejadian ini, namun sempat membuat arus lalulintas macet.

Seperti diketahui, Banjarmasin dan sejumlah daerah lainnya diguyur hujan lebat. Bahkan kecepatan angin jika menilik data BMKG mencapai 19 km/jam.

Kondisi ini rawan bagi pengguna jalan. Apalagi disekitar jalan kerap ada pohon-pohon besar yang usianya sudah puluhan tahun.

Dahan pohon yang jatuh di ruas Jl Veteran usianya sudah tua. Bahkan dahannya saja sudah besar. Diketahui jenis pohon Angsana.

Lokasinya memang persis di bahu jalan. Persis di depan Jalan Manggis, Kota Banjarmasin. Akibat hujan dan angin kencang, akibatnya dahan yang rapuh dengan mudah patah.

Patahan dahan pohon tersebut jatuh menjorok ke badan jalan dan membuat lalu lintas di kawasan itu menjadi macet.

Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Tarianto bersama warga sekitar pun dengan lekas bergotong royong membersihkan dahan patah tersebut.

Tarianto mengatakan patahnya dahan pohon itu disebabkan batang yang lapuk dari dalam.

“Sebenarnya pohon angsana ini sudah kita perkirakan dan kita tata bebannya. Mungkin karena dahan yang membusuk dari dalam menyebabkan rapuh yang tidak kami ketahui,” katanya di lokasi kejadian.

Sejumlah petugas juga terlihat memotong satu pohon besar di Jl Sutoyo S. Nampak pohon besar berada di sisi sungai itu, miring dan nyaris menimpa kabel listrik.

Jika menilik data BMKG, Jumat (04/10) besok, Banjarmasin diprakirakan kembali diguyur hujan lebat disertai petir. Bahkan hujan yang diprediksi terjadi pada siang/sore itu akan diikuti pula oleh angin kencang. Angin diperkirakan bertiup hingga 19 km/jam. Warga pun diminta untuk waspada.

Sementara itu Trianto menambahkan, ke depan pihaknya akan menjadwalkan untuk memangkas dahan dan merapikan pohon-pohon di kawasan yang rawan dilewati warga. Agar kejadian serupa tidak terulang.

Terpisah, salah satu warga Jl Veteran, Nauvie berharap petugas juga secepatnya merapikan dahan dan ranting pohon yang mengakibatkan penerang jalan tertutup. “Pohon menutupi lampu jalan, karena terlalu rimbun,” harapnya.

Baca Juga: Menuju Peralihan Musim, BMKG: Waspada Angin Puting Beliung

Baca Juga: Ibnu Sina Jawab Kritikan Video Pariwisata Banjarmasin

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Personel Polres Batola Bahu-membahu Disiplinkan Warga Terkait Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Sukamta Bicara Dampak Pemindahan Ibu Kota Baru Bagi Tala

Kalsel

Tekan Kerumunan, Begini Trik Gereja Katedral Banjarmasin Laksanakan Misa Natal
apahabar.com

Kalsel

Baru Ratusan Ribu di Kalsel, Pengisian Sensus Penduduk Online Berakhir Hari ini
apahabar.com

Kalsel

Dugaan Penggelembungan Suara, KPU Banjar Jemput Petugas PPK Karang Intan
apahabar.com

Kalsel

Menengok Kelenteng Sutji Nurani Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Imbas Gedung Baru Duta Mall, Warga Mengeluh ke DPRD hingga Paman Birin
apahabar.com

Kalsel

Simak Alasan Kepala RSUD H Hasan Basry Kandangan Tutup IGD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com