BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Kantor Imigrasi Batulicin Terus Pantau Keberadaan Orang Asing

- Apahabar.com Kamis, 17 Oktober 2019 - 13:39 WIB

Kantor Imigrasi Batulicin Terus Pantau Keberadaan Orang Asing

Rapat Penguatan Timpora Kabupaten Kotabaru dan Timpora kecamatan digelar hari ini.  Foto-apahabar.com/Ahc20

apahabar.com, KOTABARU – Pengawasan terhadap orang asing di Kotabaru dan Tanah Bumbu menjadi perhatian serius jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin yang juga membawahi wilayah Kotabaru.

Berbagai langkah pun dilakukan. Salah satunya dengan memperkuat sinergisitas Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) kabupaten maupun yang ada di seluruh kecamatan di Bumi Saijaan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Batulicin, G Nusa, mengatakan pihaknya bersama Instasi terkait dan Timpora di seluruh wilayah kecamatan di Kotabaru terus berkomitmen dan memperkuat pengawasan terhadap orang asing agar keberadaan mereka tidak menyalahi aturan hingga dapat merugikan daerah.

“Kami terus berbagi informasi dengan semua pihak untuk mengetahui berapa banyak orang asing yang tinggal sesuai dengan aturan. Tidak terkecuali yang ada di perusahaan ataupun yang tinggal sementara. Belum lama ini, satu warga negara Malaysia juga kami deportasi karena tidak memiliki kelengkapan keimigrasian,” tegasnya dalam Rapat Penguatan Timpora Kabupaten Kotabaru dan Timpora Kecamatan di Hotel Green Surya, Kamis (17/10).

Faktanya, jumlah orang asing di Indonesia, baik mereka yang menjadi tenaga kerja maupun wisatawan terus meningkat.

Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, melalui Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Muhammad Gustur Mudi, menyampaikan peningkatan itu setelah Pemerintah RI mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 tentang bebas visa Kunjungan dan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Oleh karena itu, peran pengawasan terhadap orang asing perlu terus ditingkatkan dan dioptimalkan,” ujarnya.

Ia menilai salah satu penyebab timbulnya permasalahan dalam pelaksanaan pengawasan dan penindakan serta penegakan hukum terhadap pelanggaran keimigrasian adalah karena kurangnya koordinasi antar intansi.

“Karenanya sangat dibutuhkan koordinasi yang baik antar instansi dan seluruh tim pengawasan orang asing, karena pengawasan tidak dapat dilakukan oleh Imigrasi sendiri,” tegasnya.

Kepada Timpora, dia berharap dapat saling bertukar informasi terkait permasalahan orang asing dan berupaya semaksimal mungkin menjaga keamanan di wilayah Kotabaru.

“Intinya, pengawasan juga memerlukan partisipasi masyarakat untuk ikut melaporkan orang asing yang diketahui atau diduga berada di wilayah Indonesia, tidak terkecuali di Kotabaru yang tidak sah atau melakukan penyalahgunaan perizinan di bidang keimigrasian,” tegasnya.

Mewakili Bupati, Sekda Said Akhmad, mengapresiasi langkah pihak Imigrasi Batulicin bersama Timpora yang terus berkomitmen melakukan pengawasan orang asing di Kotabaru.

“Saya berharap melalui pertemuan ini pengawasan orang asing di daerah kita semakin optimal. Intinya, kalau pun ada, tentu masih perlu ditinjau seberapa banyak manfaat keberadaannya untuk daerah kita,” ujar Said Akhmad.

Baca Juga: Mesum Pelajar Banjarmasin, Psikolog Harap Efek Jera Tak Kucilkan Pelaku

Baca Juga: Beragam Lomba PAI Warnai Pekan Muharram di HST

Reporter  Ahc20
Editor: Puja Mandela

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Termasuk di Banjarmasin, 7 Jenis Plat Nomor Ini Bakal Ditilang Polisi
Dikremasi

Kalsel

Jenazah Pria Terindikasi Covid-19 di Banjarmasin Akan Dikremasi
apahabar.com

Kalsel

Tekan Kemiskinan, HSS Andalkan Para Sarjana
apahabar.com

Kalsel

Gelar Seminar Internasional, Pemkot Jual Konsep Smart City
apahabar.com

Kalsel

Gugus Tugas Covid-19 Tabalong Sudah Rapid Test 252 Orang
apahabar.com

Kalsel

Tiga Perwira Polres Balangan Dirotasi
apahabar.com

Kalsel

Yayasan Haji Maming dan Geo Energy Group Kembali Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Duh, Sudah 24 Warga Kotabaru Meninggal karena Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com