Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Karhutla Marak ‘di Desa’, PMD Kalsel Agendakan Rakor untuk Penanganan

- Apahabar.com Senin, 7 Oktober 2019 - 13:28 WIB

Karhutla Marak ‘di Desa’, PMD Kalsel Agendakan Rakor untuk Penanganan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Kalsel, Zulkifli saat ditemui di Kantor PMD Kalsel, Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Maraknya Karhutla yang menghanguskan ribuan hektar lahan di Kalsel, mewajibkan setiap daerah termasuk desa untuk siap siaga menghadapi Karhutla.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Kalsel, Zulkifli mengatakan pihaknya akan segera mengadakan rapat koordinasi dengan mengundang seluruh PMD guna membahas Karhutla.

“14 Oktober ini kami ada rapat koordinasi, dan yang salah satunya dibahas tentang Karhutla, agar kepala desa nanti berjenjang dengan pemerintah kabupaten/kota membuat peraturannya,” ujarnya kepada apahabar.com saat ditemui di kantor PMD Kalsel, Banjarbaru, Senin (7/10/2019) siang.

Menurutnya setiap pemerintah daerah diwajibkan membuat semacam peraturan gubernur tentang kewenangan desa.

“Di dalam kewenangan desa itu bebas para kepala desa mencantumkan apa saja kewenangan desa yang dituangkan kedalam peraturan bupati termasuk Karhutla,” sambungnya.

Lalu, sambungnya, kalau kebakaran lahan dan hutan itu memiliki suatu yang krusial atau penting untuk dimasukkan ke dalam kewenangan desa, maka pemerintah daerah khususnya bupati bisa memasukkan daripada kewenangan desa.

“Kalau sudah dituangkan kedalam peraturan bupati Karhutla bagian dari kewenangan desa maka kepala desa bisa mengambil anggaran, tentu dengan perencanaan sebelumnya untuk penanggulangan Karhutla, anggaran dari dana desa,” jelasnya.

Namun, ia menegaskan tidak semua desa di Kalsel mengalami Karhutla. Oleh karena itu, ia berharap bupati se-Kalimantan Selatan dapat mengidentifikasi desa mana yang sering terjadi Karhutla dan membuat kewenangan Karhutla untuk desa tersebut.

“Setelah ada kewenangan desa, ada dasar hukum untuk mengambil anggaran di APBDes untuk anggaran penanggulangan Karhutla itu,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sampai saat ini hanya Kabupaten Tanah Laut yang desanya belum membuat peraturan tersebut.

“Tanah laut saja yang belum, semuanya sudah membuat peraturan bupati. Yang mana, ini amanah dari kementerian dalam negeri, maka setiap pekerjaan desa itu selalu mengacu pada peraturan bupati,” paparnya.

“Kita berharap para bupati dapat memberikan payung hukum agar dapat disisihkan dana desa itu untuk menanggulangi Karhutla,” harapnya.

Untuk diketahui, menurut data BPBD Kalsel, hingga (6/10/2019) Tanah Laut menjadi kabupaten yang mengalami kebakaran lahan terluas yaitu 1068,2 hektar.

Baca Juga: Hujan Mulai Turun, BPBD: Jangan Lengah, Karhutla Masih Mengancam

Baca Juga: Hujan Turun, Karhutla Masih Bayangi Kalsel

Baca Juga: Waspada Potensi Karhutla di Kalsel Hari Ini

Baca Juga: Silaturahmi ke Tungkaran, Kapolsek Puji Kesigapan Kades Bantu Padamkan Karhutla

Baca Juga: Tak Hanya Karhutla, KPH Balangan Fokus Kriminalitas Sektor Kehutanan

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kontak Erat dengan Mahasiswa Positif Covid-19, Tiga Staf FISIP ULM Isolasi Mandiri
Benawa HST

HST

Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Tersenyum Saat Dipindah ke Rutan Barabai
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran di Kuin Cerucuk, HMY Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Pacu Konservasi Energi, ESDM Kalsel Gelar Bimtek
apahabar.com

Kalsel

Pengusaha Travel Haji dan Umrah Kalsel Ancam Boikot Garuda
apahabar.com

Kalsel

Pesona Wisata Hutan Mangrove Lanal Kotabaru Mulai Dilirik
apahabar.com

Kalsel

RSUD Ulin Banjarmasin Pastikan Tak Ada Perampasan Hp Jurnalis

Kalsel

Polisi Limpahkan Berkas Penipuan Bupati Balangan, Jaksa: Ansharuddin Tidak Ditahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com