Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan Kronologis OTT KPK di Amuntai HSU, Beranjak dari Laporan Masyarakat OTT KPK di Amuntai, Pegawai Kaget Ruang Kerja Bupati HSU Sudah Disegel OTT KPK di Amuntai HSU, Satgas Pinjam Ruang Polres Kopi Liberika Diminati Mancanegara, SPI Kalsel Sebut Mutiara Hitam Gambut

Karhutla Terkendala Alat, Pemko Banjarbaru Uji Coba Alat Baru

- Apahabar.com     Kamis, 17 Oktober 2019 - 13:57 WITA

Karhutla Terkendala Alat, Pemko Banjarbaru Uji Coba Alat Baru

Wakil Walikota, Darmawan Jaya mencoba Alat Pemadaman Api Medium (APAM) untuk menangani Karhutla dan pemukiman di kota Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Peralatan pemadaman api menjadi kendala dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan kebakaran pemukiman di Banjarbaru.

Hal ini membuat Pemkot Banjarbaru bersama BPBD kota Banjarbaru mencari inovasi berupa alat pemadaman yang mudah dan dapat diterapkan oleh masyarakat peduli api di tiap kelurahan.

“Jadi hari ini kegiatan utamanya memang demo alat pemadaman api medium kalau di singkat APAM,” ujar Wakil Walikota Banjarbaru, Darmawan Jaya kepada apahabar.com saat ditemui seusai kegiatan simulasi penanggulangan bencana se-kota Banjarbaru, di belakang GOR Rudy Resnawan, Banjarbaru, Kamis (17/10).

Menurut Darmawan, APAM sendiri adalah inovasi bisnis dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Habibie Festival di Jakarta pada 2018 lalu.

“Setelah kami dapat info ini, kami ke Jakarta kemudian membawa alat ini beserta yang menciptakannya, Adit, untuk demo dan praktek penggunaan alat ini,” ujarnya lagi.

Hal yang menjadi daya tarik oleh alat ini dikatakannya adalah pada penggunaan penggerakan alatnya yang tidak menggunakan mesin melainkan roda atau ban.

“Karena alat ini dapat menggunakan mesin sepeda motor yang penting motornya itu bisa manual bisa matic, ada standarnya dengan putaran ban untuk menggerakkan alat itu kemudian tadi kita lihat semprotan airnya cukup kencang sekitar 25 meter,” jelasnya.

Meski begitu, akan diadakan evaluasi terhadap alat yang didemokan tersebut sehingga tidak asal beli.

“Jadi kami minta kepala BPBD Banjarbaru setelah ini melakukan evaluasi terhadap alat ini kemudian bagaimana apakah bisa kita gunakan atau tidak, kalaupun di gunakan mungkin ada modifikasi atau pun peralatan pendukung yang harus kita siapkan,” paparnya.

Karena APAM ini di produksi pada 2018 dan termasuk sangat baru, maka Pemko Banjarbaru melalui BPBD diberikan harga khusus yang relatif murah dibanding alat pemadaman lainnya.

“Kita di berikan harga khusus ya 4 juta, menurut saya ini relatif terjangkau,” kata Dermawan.

“Kalau memang cocok dan diperlukan serta efektif kita akan melakukan pengadaan yang nanti jumlahnya sesuai dengan keuangan yang ada khususnya di Pemko Banjarbaru yang ada di BPBD,” sambungnya.

Senada dengan Darmawan, Kepala Pelaksana BPBD kota Banjarbaru, Suriannoor Akhmad mengatakan simulasi penanggulangan bencana ini bertujuan untuk memberikan penambahan wawasan tentang kebencanaan terutama penanggulangan masalah api.

“Kami bersama masyarakat peduli api melakukan penekanan di situ, kita sosialisasi dan pelatihan simulasi rutin dan ini mungkin akan ditindak-lanjuti pada 25 November di apel besar mengenai kebencanaan di lapangan Murjani khusus kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Baca Juga: ACT dan PANDI Sapa 6 Desa Terdampak Karhutla Kalsel

Baca Juga: Waspada, Karhutla Masih Ancam Kalsel Hari Ini

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjir

Kalsel

Kalsel Banjir, Banjarmasin Bebas Zona Merah Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Sejarah Kampung Basirih; Asal Nama Hingga Suku Pertama yang Menghuni Wilayah Itu
Haul

Kalsel

Update Haul Guru Sekumpul: Jemaah Larut dalam Lantunan Zikir Nasyid

Kalsel

Puluhan Ribu Jemaah Salat Id Tumpah Ruah di Masjid Sabilal Muhtadin
apahabar.com

Kalsel

Penyuluhan Edukasi Bahaya Narkoba Online Serentak, Kapolda Kalsel Diganjar Penghargaan LEPRID
apahabar.com

Kalsel

21 Narapidana di Banjarmasin Hirup Udara Bebas
apahabar.com

Kalsel

Rumah Warga Banjarmasin Diteror Reptil, BPBD Amankan 9 Hewan Melata
apahabar.com

Kalsel

Miliki Dua Alat Swab, Tanbu Siap Backup Kabupaten Lain
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com